INCREASING THE STUDENT’S SPEAKING SKILL IN DESCRIBING THINGS BY USING YOUTUBE VIDEO AT THE ELEVENTH GRADE OF SMA NEGERI 3 MANDREHE UTARA IN 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1141Kata Kunci:
Bahasa InggrisAbstrak
Berbicara adalah cara untuk berkomunikasi dengan orang lain secara lisan. Pada kenyataannya, ada kesenjangan antar a harapan dan kenyataan. Para siswa tidak dapat berbicara mendeskripsikan sesuatu dengan menggunakan video YouTube. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam mendeskripsikan sesuatu dengan menggunakan video YouTube. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 3 Mandrehe Utara yang terdiri dari 20 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, evaluasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan keterampilan berbicara siswa dalam mendeskripsikan sesuatu. Pada Siklus I siswa gagal mencapai KKM dan rata-rata nilai siswa adalah 55, rata-rata nilai tingkat kefasihan pada siklus I adalah 2+. Namun pada Siklus II siswa berhasil mencapai KKM, rata-rata nilai siswa adalah 75, rata-rata nilai tingkat kefasihan pada siklus I adalah 3+. Karena nilai siswa pada siklus II lebih tinggi dari siklus I, maka peneliti menyimpulkan bahwa video YouTube dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam mendeskripsikan .sesuatu dikelas 11 SMA Negeri 3 Mandrehe Utara.
Unduhan
Referensi
Anggraini, A. (2021). Improving Student’s Speaking Skill Using Youtube Video as Media: An Action Research. Scope : Journal of English Language Teaching, 5(2), 57. https://doi.org/10.30998/scope.v5i2.8406
Fadhillah, A. R., & Rusmiati. (2022). Jurnal Dedikasi Pendidikan UTILIZING YOUTUBE VIDEO TO ENHANCE STUDE NT ’ S. 8848(1), 151–156.
Hadijah, S. (2016). Teaching by using video: Ways to make it more meaningful in EFL classrooms. Proceedings of the Fourth International Seminar on English Language and Teaching ISELT-4, October, 307–315.
Hikmah, D. (2019). Media For Language Teaching and Learning in Digital Era. International Journal of English Education and Linguistics (IJoEEL), 1(2), 36–41. https://doi.org/10.33650/ijoeel.v1i2.963
Kbooha, R., & Elyas, T. (2018). No Title. The Effects of YouTube in Multimedia Instruction for Vocabulary Learning: Perceptions of EFL Students and Teachers, 2(II), 72–81.
Meinawati, E., Harmoko, D., Dewi, N., & Rahmah. (2020). Increasing English Speaking Skills Using Youtube. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 1(1).
Riswandi, D. (2016). Use of YouTube-Based Videos to Improve Students’ Speaking Skill. Proceeding of the International Conference on Teacher Training and Education, 2(1), 298–306. www.YouTube.com,
Saputra, R. (2020). Improving Students’ Reading Comprehension by Using Multipass Strategy on Narraritive Text at the Tenth Grade of SMK Start UP Dara Jingga. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 1(2), 220–231.
Susanti, D., Edri, Putra, A. S., Nurhayati, Zikriah, & Aisyah, N. (2022). Improving Students’ Speaking Skills Motivation Using YouTube Video and Role Play. Journal of Education and Language Reserach, 1(9), 2003–2005.
Syiyami, I., Haryanti, E., Nurwanti, D., & Kurniawati, N. (2020). The Use of Reading Aloud Method to Improve Students’ Speaking Ability: Indonesian Secondary School. Beltic 2018, 250–256. https://doi.org/10.5220/0008216502500256
Wijayanti, N. (2018). Improving Students Speaking Ability Through Information Gap Teaching Technique (A Classroom Action Research at The Second Grade Students of MTs Al-Muhajirin Pacitan). At-Ta’dib, 13(1), 37. https://doi.org/10.21111/at-tadib.v13i1.2309
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten