IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER PADA ELEMEN BERKEBHINEKAAN GLOBAL DI KELAS IV SDN 3 ABIANSEMAL
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1631Kata Kunci:
Karakter, Berkebhinekaan Global, Implementasi, Sekolah DasarAbstrak
Pemahaman siswa tentang kebinekaan global di SDN 3 Abiansemal sudah mulai berkembang, namun masih terbatas. Siswa cenderung masih ada berkelompok dengan teman yang serupa latar belakangnya, dan penerapan nilai-nilai kebinekaan lebih banyak disampaikan secara teoretis daripada praktis. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti ingin mengetahui penerapan program pendidikan karakter pada profil pancasila elemen berkebinekaan global di SD N 3 Abiansemal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi program pendidikan karakter pada elemen kebhinekaan global di kelas IV SDN 3 Abiansemal. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yang melibatkan observasi dan wawancara. Subyek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD N 3 Abiansemal. Proses analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dari informasi yang diperoleh selama observasi. Penelitian ini menggunakan sumber data primer sebagai bahan utama. Hasil menunjukkan bahwa Program pendidikan karakter di kelas IV SDN 3 Abiansemal berhasil meningkatkan pemahaman siswa tentang budaya lokal dan sikap toleransi. Kegiatan ekstrakurikuler, seperti tari tradisional dan kerajinan, serta integrasi materi P5, memperkuat nilai gotong royong dan saling menghormati. Kegiatan proyek dan diskusi interaktif mengembangkan komunikasi interkultural dan memperkuat rasa kebersamaan, mempersiapkan siswa menghadapi tantangan sosial dan budaya.
Unduhan
Referensi
Arifudin, O. (2022). Optimalisasi kegiatan ekstrakurikuler dalam membina karakter peserta didik. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 829–837.
Armawinda, Y., Noviana, E., & Hermita, N. (2022). Analisis Sikap Toleransi Siswa Kelas IV SDN 130 Pekanbaru. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(2), 84–91.
Arzfi, B. P., Montessori, M., & Rusdinal, R. (2024). Implementasi Proyek Penguatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Pembentuk Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(2), 747–753.
Fardiansyah, H., Octavianus, S., Abduloh, A. Y., Ahyani, H., Hutagalung, H., Sianturi, B. J., Situmeang, D., Nuriyati, T., Arifudin, O., & Morad, A. M. (2022). Manajemen Pendidikan (Tinjaun Pada Pendidikan Formal).
Ghozali, S. (2020). Strategi dalam Pengembangan Karakter Pelajar Pancasila. Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 16(2), 200–212.
Hasim, E. (2020). Penerapan kurikulum merdeka belajar perguruan tinggi di masa pandemi covid-19. E-Prosiding Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo.
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil pelajar Pancasila sebagai upaya mewujudkan karakter bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238.
Juliani, A. J., & Bastian, A. (2021). Pendidikan karakter sebagai upaya wujudkan Pelajar Pancasila. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Lestari, W. R. J. (2018). Pengaruh Pendampingan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa (Penelitian Deskriptif Kuantitatif dilakukan di SD Negeri Mayak 1 Kecamatan Cibeber). FKIP UNPAS.
Liliweri, D. R. A. (2019). Konfigurasi Dasar Teori-Teori Komunikasi Antar Budaya. Nusamedia.
Luthfi, M. (2018). Pengaruh Komunikasi Antar Budaya Terhadap Hubungan Harmonisasi Masyarakat Desa Tanjung Siporkis Kecamatan Galang Kabupaten Deli Serdang. Network Media, 1(1).
Nabila, A. O., & Wulandari, M. D. (2022). Elemen berkebhinnekaan global pada buku tematik siswa kelas iv sekolah dasar tema indahnya keragaman di negeriku. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 788–797.
Nurgiansah, T. H. (2022). Pendidikan Pancasila sebagai upaya membentuk karakter religius. Jurnal Basicedu, 6(4), 7310–7316.
Rahayuningsih, F. (2021). Internalisasi filosofi pendidikan ki hajar dewantara dalam mewujudkan profil pelajar pancasila. SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177–187.
Waman, Y., & Dewi, D. A. (2021). Penanaman nilai toleransi dan keberagaman suku bangsa siswa sekolah dasar melalui pendidikan kewarganegaraan. Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1), 60–71.
Wibowo, A. (2012). Pendidikan karakter: Strategi membangun karakter bangsa berperadaban.
Wijayanti, D. N., & Muthali’in, A. (2023). Penguatan dimensi berkebinekaan global profil pelajar Pancasila melalui pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Educatio, 18(1), 172–184.
Winarsih, B. (2022). Analisis penerapan pendidikan karakter siswa kelas III melalui program penguatan profil pelajar Pancasila di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2388–2392.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten