PENGEMBANGAN PERMAINAN DADU HURUF PADA KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN

Penulis

  • Ana Novita Sari Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan , Universitas Dharmas Indonesia, Sumatera Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1043

Kata Kunci:

Pengembangan, Permainan Dadu, Kognitif, ADDIE

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengatasi kekurangan media pembelajaran yang tidak menarik perhatian anak-anak di TK Aisyiyah 01 Koto Baru, yang berdampak pada ketidakminatan mereka dalam mengikuti pembelajaran. Upaya dilakukan dengan memanfaatkan permainan dadu huruf sebagai sarana pendukung pembelajaran yang mampu menarik minat anak-anak dan membantu mereka dalam proses belajar. Penelitian dan pengembangan dilakukan dengan mengikuti model ADDIE yang terdiri dari tahap Analisis, Perancangan, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Hasil penilaian validasi permainan dadu huruf dalam meningkatkan perkembangan kognitif oleh tiga ahli menunjukkan skor rata-rata sebesar 79%, yang menunjukkan bahwa permainan ini masuk dalam kategori yang valid. Uji praktikalitas menunjukkan skor rata-rata 97,32%, menandakan bahwa permainan dadu huruf sangat praktis untuk digunakan. Sementara hasil efektivitas permainan dadu huruf menunjukkan skor rata-rata 85%, dengan 14 anak berada pada tahap BSB (Baik Sangat Baik) dan 1 anak masih berada pada tahap MB (Masih Belum). Dengan persentase tersebut, hasil efektivitas permainan dikategorikan sebagai sangat efektif. Berdasarkan analisis di atas, dapat disimpulkan bahwa permainan dadu huruf efektif dalam meningkatkan perkembangan kognitif dan memfasilitasi pemahaman anak-anak dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menghasilkan permainan dadu huruf yang sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Af’idah (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Dalam Mengenal Konsep Bilangan Matematika Melalui Pemainan Dadu Angka. Prosiding Santika: Seminar Nasional Tadris Matematika Iain Pekalongan.

Akbar (2019) Metode Belajar Anak Usia Dini. Prenada Media Group.

Andriani (2012). Permainan Tradisional Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Sosial Budaya, 9(1), 122.

Ariyanti (2016) Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak The Importance Of Childhood Education For Child Development. Dinamika Pendidikan Dasar, 8(1), 55.

Bekti (2015). Pengembangan Permainan Misteri Dadu Dalam Pembelajaran Kognitif Mengenal Konsep Bilangan 1-10 Pada Anak Kelompok A Di Tk Bhima Putra Malang Oleh Intan Kusuma Bekti.

Cahyaningtyas (2020) Pembelajaran Menggunakan Augment Reality Untuk Anak Usia Dini Di Indonesia. Teknologi Pendidikan, 5(1), 21.

Dita P., Agung C., & Sabila A. (2023) Improving Letters Memorize Ability Through the Alphabet Box Media Using the Playing Method. Edutechnium Journal of Educational Technology. 1 (1) (2023): 55-65

Fadlill (2017) Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini (1st Ed.). Kecana.

Hayati, & Putro (2021) Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini. Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 54.

Joni. (2016) Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Dalam Kegiatan Berhitung Dengan Permainan Dadu Tk Mutiara Pekanbaru. L Paud Stkip Ptt, 2(1), 4.

Juniarti (2018) Meningkatkan Percaya Diri Anak Pada Aspek Kognitif Dengan Metode Bercerita. Jurnal Tunas Siliwangi, 4(1), 23–37.

Karina (2018) Penerapan Permainan Lempar Dadu Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Dasar Pada Anak Kelompok A Di Paud Elfa Pirak Beureunuen. 24.

Kartikaningrum, & Reza (2015) Pengaruh Media Dadu Huruf Terhadap Kemampuan Pengenalan Huruf Pada Tk Kelompok A. 4(2).

Maghfiroh, & Suryana (2021) Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini Di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1561.

Nurzaki (2012) Peningkatan Pengenalan Habitat Melalui Permainan Dadu Bergambar Binatang Di Taman Kanakkanak (Tk) Semen Padang.

Nirawanti (2021) Pengembangan Alat Permainan Edukatif Dadu Bergambar Untuk Kemampuan Gerak Nonlokomotor Anak Usia 4-5 Tahun Di Desa Seri Tanjung

Retnaningrum, W., & Umam, N. (2021). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Permainan Mencari Huruf. Jurnal Tawadhu, 5(1), 25-34.

Rohani (2016) Mengoptimalkan Perkembangan Kognitif Anak Melalui Kegiatan Bermain. Raudhah, Iv(2).

Rohmawati (2017) Pengaruh Permainan Dadu Warna-Warni Modifikasi Terhadap Kemampuan Menghitung Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Pkk Sidomulyo Purwoasri Kediri. Paud Teratai., 6(3), 2.

Sari (2018) Pengaruh Permainan Dadu Angka Dalam Meningkatkan Logika Matematika Anak Usia Dini Di Paud Nurul Iman Kota Bengkulu. 36.

Sugiyono, (2019). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif Dan R&D (M. Dr.Ir. Sutopo. S.Pd (Ed.); 2nd Ed.). Alfabeta, Cv.

Syamsiyah, N. M. (2015). Pengembangan Permainan Dadu Huruf Pada Kemampuan Membaca Berbasa Anak Kelompok A Di Radudhatul Athfal.

Veronica (2018). Permainan Edukatif Dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 52.

Wahyuningsih (2016). Peningkatan Keterampilan Berhitung Permulaan Melalui Permainan Dadu Bergambar Pada Kelompok A Tk Muslimat Nu 11 Gadang.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-12

Cara Mengutip

Novita Sari, A. (2023). PENGEMBANGAN PERMAINAN DADU HURUF PADA KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN . Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2), 484–491. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1043

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.