PROGRAM LITERASI SDN KOTA PEKANBARU, BUKIT LEMBAH SUBUR DAN MANDAU
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1051Kata Kunci:
Program Literasi, SDN Kota Pekanbaru, Bukit Lembah Subur, MandauAbstrak
Rendahnya Minat Baca: Siswa memiliki minat baca yang rendah atau kurang terpapar pada budaya membaca. Kurang memiliki akses yang memadai terhadap bahan bacaan yang menarik, bervariasi serta pemahaman membaca yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program literasi yang diimplementasikan di SDN Kota Pekanbaru, Bukit Lembah Subur, dan Mandau. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara terstruktur kepada siswa, guru, dan orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program literasi di ketiga sekolah tersebut efektif dalam meningkatkan minat baca siswa, keterampilan membaca, dan pemahaman membaca. Faktor-faktor pendukung seperti keterlibatan guru yang aktif, dukungan orang tua, dan penggunaan metode pembelajaran yang inovatif juga berperan penting dalam keberhasilan program literasi. Namun, tantangan seperti keterbatasan sumber daya dan kurangnya waktu yang dialokasikan untuk kegiatan literasi masih perlu diperhatikan. Oleh karena itu, perlu adanya upaya berkelanjutan dalam pengembangan dan penguatan program literasi di sekolah-sekolah tersebut guna meningkatkan kemampuan literasi siswa.
Unduhan
Referensi
Desi, Y. P. (2020). Gerakan Literasi Digital Berbasis Sekolah: Implementasi dan Strategi. Jurnal Ilmu Komunikasi. https://doi.org/10.31315/jik.v17i1.3510
Fatimah, S. (2017). Budaya Literasi Melalui Mading Berbantuan Webtoon. Prosiding Seminar Nasional Ii “Pemartabatan Bahasa Indonesia Melalui Budaya Literasi Dan Optimalisasi Ipteks.”
Harahap, D. G. S., Nasution, F., Nst, E. S., & Sormin, S. A. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2400
Jatnika, S. A. (2019). Budaya Literasi untuk Menumbuhkan Minat Membaca dan Menulis. Indonesian Journal of Primary Education. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.18112
Laila, V., Hadi, S., & Subanji, S. (2019). Pelaksanaan Pendidikan Literasi Finansial pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i11.13016
Madu, F. J., & Jediut, M. (2022). MEMBENTUK LITERASI MEMBACA PADA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2436
Maryono, M., Pamela, I. S., & Budiono, H. (2021). Implementasi Literasi Baca Tulis dan Sains di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1707
Muliantara, I. K., & Suarni, N. K. (2022). Strategi Menguatkan Literasi dan Numerasi untuk Mendukung Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2847
Muzaki, A., & Masjudin, M. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.557
Nuraeni, R., Pattiasina, P. J., & Ulfah, A. (2022). Peran Literasi Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1045
Nurhanifah, R. A., & Lisa Virdinarti Putra. (2022). PENINGKATAN KETERAMPILAN LITERASI INFORMASI DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN QR CODE. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.24929/alpen.v6i1.111
Rohim, D. C., & Rahmawati, S. (2020). PERAN LITERASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p230-237
Safitri, S., & Ramadan, Z. H. (2022). Implementasi Literasi Budaya dan Kewargaan di Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.45034
Saputra, F., Kimia, B., Yolanda, A. M., & Stat, S. (2022). Literasi Digital Di Era Teknologi. Researchgate.Net.
Syamsiah, S., Arsal, A. F., & Arifin, A. N. (2021). Analisis Hubungan antara Respon dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Outdoor Learning untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan. Sainsmat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam. https://doi.org/10.35580/sainsmat102263692021
Wulanjani, A. N., & Anggraeni, C. W. (2019). Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar Dasar. Proceeding of Biology Education.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten