HUBUNGAN PERAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 3 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDIT AL IRSYAD AL ISLAMIYAH DAWUHAN KECAMATAN SITUBONDO

Penulis

  • Saiful Akbar Program Studi Matematika, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo, Jawa Timur, Indonesia
  • Dodik Efendi Program Studi Matematika, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1053

Kata Kunci:

Peran Orang Tua, Hasil Belajar, Matematika

Abstrak

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan peran orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas 3 pada mata pelajaran    matematika SDIT Al Irsyad Al Islamiyah Dawuhan Kecamatan Situbondo. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan hubungan peran orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas 3 pada mata pelajaran Matematika SDIT Al Irsyad Al Islamiyah Dawuhan Kecamatan Situbondo. Metode penelitian   ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 3 SDIT Al Irsyad Al Islamiyah Dawuhan.  Sampel diambil sebanyak 16 siswa dengan teknik random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan data hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis product moment. Setelah melakukan penelitian dan memperoleh data, kemudian menganalisis data hasil angket dan hasil belajar siswa maka diperoleh r hitung sebesar 0,932, sedangkan r tabel sebesar 0,532 pada N = 16 dengan taraf signifikan 5% berarti rhitung > rtabel   artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara peran orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas 3 pada mata pelajaran matematika SDIT Al Irsyad Al Islamiyah Dawuhan Kecamatan Situbondo

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Al, J., Al, T., & Vol, H. (2014). Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Restasi Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Anak Keluarga Pengepul Barang Bekas Gama Islam (Pai) Anak Keluarga Pengepul Barang Bekas Usia Sekolah Menengah Pertama (Smp) Di Desa Usia Seko. Jurnal Al Tarbawi Al Haditsah, 1(1), 2407–6805.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. In Jakarta: Rineka cipta.

Bahar, H., & Herli, Sundi, V. (2020). Merdeka Belajar Untuk Kembalikan Pendidikan Pada Khittahnya. PROSIDING SAMASTA Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 115–122.

Harefa, D. (2020). Kooperatif Make a Match Pada Aplikasi Jarak Dan Perpindahan. Peningkatan Hasil Belajar, 8(1), 1–18.

Hasan. (2016). Implikasi Pendidikan Orang Tua Dalam Memotivasi Siswa Yang Berprestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Di Smp Negeri 2 Banawa Tengah. JURNAL PENDID IKAN DAN ILMU SOSIAL, 9(1), 1–23.

Hero. (2018). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar Inpres Iligetang. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(2), 129–139.

Hidayati, N. (2016). Konsep Integrasi Tripusat Pendidikan Terhadap Kemajuan Masyarakat. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 11(1), 203–224.

Jailani, M. S. (2014). Teori Pendidikan Keluarga dan Tanggung Jawab Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 245–260.

Juanda, J. (2018). Revitalisasi Nilai Dalam Dongeng Sebagai Wahana Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pustaka Budaya, 5(2), 11–18.

Lathifatus, S. (2019). SINERGI PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM MEWUJUDKAN KEBERHASILAN PEMBELAJARAN PAI TINGKAT PENDIDIKAN DASAR DI ERA PANDEMI COVID-19. Jurnal Studi Pendidikan Islami, 2(3), 1–16.

Mitra, O., & Adelia, I. (2021). Profil Orang Tua Sebagai Pendidik Menurut Al Qur’an. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(2), 170–177.

Pratiwi, N. K. (2017). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Smk Kesehatan Di Kota Tangerang. Pujangga, 1(2), 31.

Purwaningsih. (2022). Pengaruh Perhatian Orang tua, Budaya Sekolah, dan Teman Sebaya Terhadap Karakter Religius Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2439–2452.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Bandung : Alfabeta, CV.

Wardhani, T. Z. Y., & Krisnani, H. (2020). OPTIMALISASI PERAN PENGAWASAN ORANG TUA DALAM PELAKSANAAN SEKOLAH ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat. https://doi.org/10.24198/jppm.v7i1.28256

Widjaya, Y. A. (2020). Pentingnya Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak. Https://Smpn19Percontohanbna.Sch.Id/Blog/Pentingnya-Peran-Orang-Tua-Dalam-Pendidikan-Anak/.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-12

Cara Mengutip

Akbar, S., & Efendi, D. . (2023). HUBUNGAN PERAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 3 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDIT AL IRSYAD AL ISLAMIYAH DAWUHAN KECAMATAN SITUBONDO. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2), 451–457. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1053

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.