PENINGKATAN MOTIVASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG ‘KUBUS DAN BALOK’ PADA SISWA KELAS VI
DOI:
https://doi.org/10.56667/de_journal.v2i1.1110Kata Kunci:
Motivasi, Bangun Ruang (Balok dan Kubus), hasil belajarAbstrak
Persoalan matematika menjadi momok bagi setiap siswa, demikian juga pada bagian bangun ruang. Hal ini sesuai dengan studi pendahuluan pada tanggal 21 Februari 2025 nilai rata-rata siswa pada materi bangun ruang (kubus dan balok) di bawah rata-rata 70. Hal ini dikarenakan lemahnya motivasi belajar siswa dengan banyaknya peserta didik yang bermain, seperti main game ketika sampai di rumah. Dengan demikian . kajian ini menggunakan 2 model yaitu model kuantitatif dan kualitatif dengan upaya-upaya menggunakan motivasi pada siklus 1,2 dan 3. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkatkan hasil belajar matematika materi bangun ruang Kubus dan balok dengan menggunakan alat peraga pada siswa/siswi kelas VI semester 2 SD Negeri 060857 Medan Kecamatan Medan Tembung Kota Medan Tahun Pelajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Siklus diawali dengan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri 060857 Medan tahun pelajaran 2024/2025. Berdasarkan data hasil penelitian yang telah dilaksanakan terjadi peningkatan pada masing-masing siklus. Hal ini dapat dilihat dari persentase pada pra siklus yaitu diperoleh ketuntatasan sebanyak 25% ( 6 orang siswa), hasil tes pada siklus I diperoleh ketuntasan sebanyak 50% (12 orang siswa) , hasil penelitian pada siklus 2 diperoleh nilai ketuntasan sebanyak 79 % (19 orang siswa), dan hasil pada siklus 3 diperoleh nilai rata-rata ketuntasan sebanyak 91% (21 orang siswa). Dengan melihat persentase pada siklus ketiga, indikator jumlah siswa yang memperoleh nilai > 75 mencapai 91%.(21 orang siswa). Hasil akhir masih ada siswa sebanyak 9 % ( 3 orang siswa) lagi yang belum menuntaskan pada materi bangun ruang (kubus dan balok) dan masih menjadi target yang akan dilakukan pada siklus 4.
Unduhan
Referensi
Ai Muflihah. (2021). Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Index Card Match Pada Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 152–160. Https://Doi.Org/10.36418/Japendi.V2i1.86
Aisah, A. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Anak Berkebutuhan Khusus Pada Kelas Ii Sdn Unggulan Melalui Metode Full Inclusion. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 6(1). Https://Doi.Org/10.25134/Pedagogi.V6i1.1887
Akmal, N. (2019). Pengaruh Metode Peer Teaching Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Materi Operasi Aljabar. Itqan : Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 10(2), 69–77. Https://Doi.Org/10.47766/Itqan.V10i2.540
Ammy, P. M. (2020). Analisis Motivasi Belajar Mahasiswa Menggunakan Video Pembelajaran Sebagai Alternatif Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj). Jurnal Mathematic Paedagogic, 5(1), 27–35. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.36294/Jmp.V5i1.1354
Anam, M. C. (2022). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Pkn Di Sd Hadi Sakti Tahun Ajaran 2021/2022”. Transformasi: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 8(2).
Faiqoh, L., Asfiyak, K., & Anggraheni, I. (2022). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Pai Di Kelas Vii-I Putri Smp It Asy-Syadzili Pakis Malang. Vicratina: Jurnal Ilmiah Keagamaan, 7(4), 180–186. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33394/Jp.V6i1.2526
Fajriah, N., & Suryaningsih, Y. (2020). Laporan Penelitian-Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri Kontek Etnomatemtika Untuk Mendukung Ruang Literasi Budaya Lokal.
Febriandar, E. I. (2018). Pengaruh Kreativitas Guru Dalam Menerapkan Ice Breaking Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(4), 498. Https://Doi.Org/10.28926/Briliant.V3i4.253
Irfanindyawanti, R. (2021). Hubungan Religiusitas Dengan Motivasi Belajar Selama Pembelajaran Daring Pada Mahasiswa. Universitas Muhammadiyah Malang. Http://Eprints.Umm.Ac.Id/Id/Eprint/79862
Kamil, V. R., Arief, D., Miaz, Y., & Rifma, R. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Belajar Siswa Kelas Vi. Jurnal Basicedu, 5(6), 6025–6033. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i6.1744
Maharani, D., Ramalisa, Y., & Pasaribu, F. T. (2022). Desain E-Lkpd Berbasis Case Based Learning (Cbl) Dengan Berbantuan Aplikasi Quizizz Pada Materi Persamaan Lingkaran. Pendidikan Matematika. Https://Doi.Org/10.23971/Eds.V8i2.1707
Mahardika Arsa Putra, G. Y., & Tri Agustiana, I. G. A. (2021). Elkpd Materi Pecahan Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Mimbar Pgsd Undiksha, 9(2), 220. Https://Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V9i2.35813
Mahmudah, K., Pambudi, D. S., Oktavianingtyas, E., Lestari, N. D. S., & Murtikusuma, R. P. (2021). Hubungan Antara Kebiasaan Belajar Dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Smp Selama Pembelajaran Daring. Kadikma, 12(2), 58. Https://Doi.Org/10.19184/Kdma.V12i2.26345
Maryam, S., & Fatmawati, F. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Radec Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Iklan, Slogan, Poster Kelas Viii Smpn 2 Siak Kecil. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(1), 1052–1062. Https://Doi.Org/10.30605/Onoma.V10i1.3435
Matsani, N., & Rafsanjani, M. A. (2021). Peran Kemandirian Belajar Dalam Memediasi Pengaruh Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 13(1), 9. Https://Doi.Org/10.23887/Jjpe.V13i1.33910
Nisa, Z. L., Ardiansyah, L., & Rahmawati, I. (2024). Pengembangan Model Pembelajaran Team Games Tournament (Tgt) Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Ipas Kelas Iv Di Sdn 1 Beluk. Global Education Trends, 2(1). Https://Doi.Org/10.61798/Get.V2i1.142
Nurita, T. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pacas Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jleb: Journal Of Law, Education And Business, 1(2), 102–108. Https://Doi.Org/10.57235/Jleb.V1i2.1192
Putra, I. W. A., & Negara, I. G. A. O. (2021). Kontribusi Kompetensi Profesional Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Sd. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 95. Https://Doi.Org/10.23887/Jipp.V5i1.32253
Putri, D. R., Nasir, F., & Maharani, A. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Self Confidence Siswa Pada Materi Spldv. Jarme: Journal Of Authentic Research On Mathematics Education, 5(1), 55–65.
Putri, N. E., Anwar, S., & Nasution, S. P. (2022). Analisis Model Pembelajaran Novick Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik. Journal Of Mathematics Education And Learning, 2(1), 57. Https://Doi.Org/10.19184/Jomeal.V2i1.30372
Raharja, U., Lutfiani, N., Handayani, I., & Suryaman, F. M. (2019). Motivasi Belajar Mahasiswa Terhadap Metode Pembelajaran Online Ilearning+ Pada Perguruan Tinggi. Sisfotenika, 9(2), 192. Https://Doi.Org/10.30700/Jst.V9i2.497
Rambe, J. A., Erika, E., & Purba, N. A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Scrapbook Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pkn Sekolah Dasar Islam Terpadu. Jurnal Basicedu, 6(5), 7822–7830. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i5.3615
Said, M. S. (2021). Kurangnya Motivasi Belajar Matematika Selama Pembelajaran Daring Di Man 2 Kebumen. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(2), 7–11. Https://Doi.Org/10.33365/Ji-Mr.V2i2.1047
Saputri, D. I., Siswanto, J., & Sukamto, S. (2019). Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(3), 369. Https://Doi.Org/10.23887/Jp2.V2i3.19285
Septiani, I., & Samputra, P. L. (2021). Analisis Pengaruh Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj) Akibat Dampak Pandemik Covid-19 Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(1), 240–249. Https://Doi.Org/10.22437/Jssh.V5i1.14131
Sihombing, D. I. (2022). Strategi Pembelajaran Berbasis Etnomatematik : Eksplorasi Kekayaan Alam Danau Toba Sebagai Mata Pencaharian Masyarakat. Sepren, 4(01), 106–113. Https://Doi.Org/10.36655/Sepren.V4i01.856
Siregar, A. D. P., Susilawati, E., & Nur, J. F. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Educaplay Terhadap Motivasi Belajar Dan Self-Efficacy Peserta Didik Di Kelas X Dalam Pembelajaran Ppkn. Jurnal Rectum: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana, 4(2).
Situmorang, A. S. (2017). Pengaruh Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa Pgsd. Symmetry: Pasundan Journal Of Research In Mathematics Learning And Education, 04(01), 74–80. Https://Doi.Org/10.23969/Symmetry.V2i1.381
Situmorang, A. S., Sinaga, J. A., Siahaan, F. B., & Lumbantobing, S. M. (2023). Model Pencapaian Konsep Berbasis Microlearning Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa Fkip Uhn Sebagai Wujud Kampus Merdeka. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 9(1), 10–20. Https://Doi.Org/10.35326/Pencerah.V9i1.2823
Turiman, T. (2018a). Pengaruh Pembelajaran Dengan Metode Demontrasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Koneksi Matematik Serta Motivasi Belajar Siswa Smp. Prisma, 7(2), 206–216.
Turiman, T. (2018b). Pengaruh Pembelajaran Dengan Metode Demontrasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Koneksi Matematik Serta Motivasi Belajar Siswa Smp. Prisma, 7(2), 206. Https://Doi.Org/10.35194/Jp.V7i2.374
Utami, A. J. L., & Zukarnaen, R. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Kelas Xi Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (Spltv). Prosiding Sesiomadika, 2(1b), 448–458.
Wati, R. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Pelajaran Ekonomi. Tajdidukasi: Jurnal Penelitian Dan Kajian Pendidikan Islam, 8(2). Https://Doi.Org/10.47736/Tajdidukasi.V8i2.249
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Dharmas Education Journal

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten