MODEL LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) PADA PEMBELAJARAN PAI DI SMP ISLAM AL-AZHAR 2 JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1113Kata Kunci:
Model, LMS, Al-AzharAbstrak
Masalah pada pembelajaran PAI sering dijumpai diantaranya yaitu keunggulan pembelajaran PAI masih rendah, cara mendidik orang tua, lingkungan, iklim, guru yang ketat. Tujuan dari penelitian ini Mendeskripsikan model, persiapan, pelaksanaan, evaluasi, tindak lanjut serta analisis kendala pembelajaran model LMS pada pembelajaran PAI. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang bersifat kritik-analisis dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah: (1) Pemanfaatan teknologi sangat penting untuk mendukung aktivitas pembelajaran modern; (2) Dalam merencanakan pembelajaran dengan LMS, guru membuat silabus dan RPP, menentukan, merancang metode dan media yang digunakan saat pembelajaran dengan LMS; (3) Pelaksanaan pembelajaran PAI diawali dengan salam, pembukaan oleh guru, mengecek kehadiran siswa, memberikan stimulus, memberikan materi ajar dengan mempresentasikan materi ajar dengan menggunakan LMS; (4) Dalam evaluasi terdapat penilaian afektif, kognitif dan psikomotor, dengan aplikasi pendukung seperti quizizz, video interaktif, google form, untuk UTS dan UAS menggunakan aplikasi LMS dengan soal terpadu dari Al-Azhar Pusat; (5) Tindak lanjut pembelajaran PAI diperlukan pelatihan dan sosialisasi LMS; (6) Faktor penghambat pembelajaran PAI dengan LMS: gangguan sistem LMS, gangguan jaringan internet, tampilan fitur-fitur dan notifikasi pada LMS Al-Azhar ada yang tidak sinkron, Aplikasi LMS smartphone perlu diupgrade.
Unduhan
Referensi
Alhamuddin. (2012). Pemanfatan Media Pembelajaran Berbasis Ict Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai). Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi.
Anas, H. (2022). Pengajaran PAI dan Problematikanya di Sekolah Umum Tingkat SMP. RJS :Rechtenstudent Journal.
Basyit, A. (2018). PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan. https://doi.org/10.31000/rf.v14i1.812
Fakhruddin, A. M., Putri, L. O., Rizqi, P., Tanzilla, A., Annisa, R. N., Khalda, R., & As, B. (2022). Efektivitas LMS ( Learning Management System ) untuk Mengelola Pembelajaran Jarak Jauh pada Satuan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai.
Hanipudin, S. (2019). Pendidikan Islam di Indonesia dari Masa ke Masa. Matan : Journal of Islam and Muslim Society. https://doi.org/10.20884/1.matan.2019.1.1.2037
Moch. Mu’izzuddin. (2022). Analisis Kebutuhan Aplikasi Learning Manajemen System untuk Mapel Pendidikan Agama Islam pada Sekolah di Jawa Tengah. Jurnal Edutrained : Jurnal Pendidikan Dan Pelatihan, 6(1), 63–73. https://doi.org/10.37730/edutrained.v6i1.158
Nanik, N. (2021). Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis ICT di SMPN 1 Kota Bengkulu. GHAITSA: Islamic Education Journal.
Pegawai, T. P. (2015). Strategi Pemanfaatan Media Pembelajaran. In El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama.
Ramdani, R., Rahmat, M., & Fakhruddin, A. (2018). MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA LABORATORIUM PERCONTOHAN UPI BANDUNG. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education. https://doi.org/10.17509/t.v5i1.13332
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Syahrijar, I., Zahra, I. A., Supriadi, U., & Fakhruddin, A. (2023). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Digital. AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam).
WIRAGUNAWAN, I. G. N. (2022). PEMANFAATAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DARING PADA SATUAN PENDIDIKAN. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi. https://doi.org/10.51878/edutech.v2i1.981
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten