PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD

Penulis

  • Laura Amara Qifsy Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang, Sumatra Barat, Indonesia
  • Abna Hidayati Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang, Sumatra Barat, Indonesia
  • Andra Saputra Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang, Sumatra Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1124

Kata Kunci:

Pengembangan, Media, Video Animasi.

Abstrak

Penelitian ini dirasa luar biasa untuk membuat media video yang dimeriahkan sebagai media pembelajaran mata pelajaran IPA pada Tinjauan IV sehingga media yang substansial, berakal sehat dan berhasil dapat dimanfaatkan oleh para pengajar dan siswa. Jenis penyelidikan tentang penelitian kemajuan ini dikenal sebagai Investigate and Improvement (R&D). Model kemajuan yang digunakan dalam kemajuan ini adalah 4D. Pemodelan 4D ini terdiri dari empat langkah, yaitu Define, Design, Develop, Disseminate. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan mengetahui pengembangan media video animasi pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD. Berdasarkan hasil evaluasi Validator Media, Validator Dokumen rerata skor Validasi Media adalah 4,8 “Sangat Valid”. Hasil validasi Validator Mater rerata 4,74 “Sangat Baik”. Media video animasi ini dinilai "nyaman" berdasarkan pengujian di dunia nyata dengan nilai rata-rata 5.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Eldarni, M., & Yeni, F. . (2014). Media Video. UNP Press.

Hartono. 2019. “Metode Penelitian.” Riau: Zanafa Publishing.

Hidayati, A., Bentri., Putra, A., Rahmi, A., & Octova, A. (2014). Implmenentasi Kurikulum 2013 di Sumatera Barat. Jurnal Penelitian Pendidikan 5 (1), 88-99.

Hidayati, A., & Bentri, A. (2019). Interactive Media Design Based on Inquiry for Early Age Children. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 372, 131–133.

Istiqlal, A. (2018). Manfaat Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar dan Mengajar Mahasiswa di Perguruan Tinggi. E-Jurnal STKIP Pesisir Selatan - Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 139–144.

Kurniawan, D. candra, Kuswandi, D., & Husna, A. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPA tentang Sifat dan Perubahan Wujud Benda Kelas IV SDN Merjosari 5 Malang. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 4(2), 119–125.

Miftah, M. (2013). Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, 1(2), 95. https://doi.org/10.31800/jtpk.v1n2.p95--105

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264

Octova, A., Bentri, A., Putra, A., Hidayati, A., & Rahmi, U. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 di Sumatera Barat. Jurnal Penelitian Pendidikan, 5(1), 88–99.

Sonia, G., Hidayati, A., & Supendra, D. (2023). Pengembangan Media Video Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPAS Materi Perubahan Wujud Zat Kelas IV SD. Jurnal Family Education, 3, 310–320.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Bandung : Alfabeta, CV.

Sya’bania, N., Anwar, M., & Wijaya, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-12

Cara Mengutip

Qifsy, L. A., Hidayati, A. ., & Saputra, A. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2), 762–769. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1124

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.