PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PAPAN PINTAR PADA MATERI EKOSISTEM SISWA KELAS V SDI DHEREISA
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1320Kata Kunci:
IPA, Media Pembelajaran, Papan PintarAbstrak
Inovasi baru yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas belajar siswa didasarkan pada masalah yang ada di sekolah tersebut terlihat bahwa siswa tidak terlibat aktif dalam proses pembelajaran karena menggunakan buku cetak sebagai sumber belajar dan menggunakan pendekatan ceramah yang mengantuk. Salah satu inovasi baru yang akan dibuat adalah media papan pintar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat media pembelajaran IPA berbasis papan pintar yang berfokus pada materi ekosistem yang dipelajari oleh siswa kelas V di SDI Dheresia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan Research and Development (R&D). Model pengembangannya adalah ADDIE, yang memiliki lima tahapan: analyze (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Media papan pintar yang dikembangkan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran. Instrumen pengumpulan data termasuk angket validasi ahli dan angket respons siswa dan guru. Validasi ahli media adalah 90,4%, validasi ahli materi 89,8%, dan validasi ahli bahasa adalah 88,6%. Peneliti melakukan analisis kelayakan produk kepada adalah kelompok terbatas, terdiri dari delapan siswa kelas V dan satu guru. Hasil respon analisis kelayakan produk dari delapan siswa memperoleh skor totalnya 88% dengan kriteria sangat layak dan hasil respon guru memperoleh skor totalnya 94,4% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil instrumen pengumpulan data, menunjukkan bahwa media pembelajaran IPA berbasis papan pintar mampu mengatasi masalah yang dihadapi oleh siswa dan juga guru dalam proses pembelajaran.
Unduhan
Referensi
Amir, A., Azmin, N., Rubianti, I., & Olahairullah, O. (2021). Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Index Card Match Pada Pelajaran Ipa Terp. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (JP-IPA), 2(01), 1–6. https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v2i01.48.
Anis Indira Dwi Saputri, Ervitaviyan Wahyu Putri Pangestu, Susilo Tri Widodo, Nur Indah Wahyuni, & Tri Wahyu Andayani. (2023). Penerapan Media Inovatif Berbasis Problem Based Learning sebagai Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(6), 3548–3558. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6404
Astuti, T. P. (2019). Model Problem Based Learning dengan Mind Mapping dalam Pembelajaran IPA Abad 21. 3, 64–73.
Bhala, M. R., Mahendra, N., Prisko, D., Djawaria, Y., & Kua, M. Y. (2024). Penerapan Media Pohon Literasi Dalam Meningkatkan Minat Membaca Ilmu pada Siswa Swasta. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti. 11, 344–357.
Fatimatuzzahro, S. (2020). Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs MA ’ Arif Nu 1 Sumpiuh Kabupaten Banyumas Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Febri, A. P. D. R. C. F. E. O. M. F. R. (2023). Penggunaan Media Papan Pintar Membaca Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar. 1(4), 45–50.
Febrianti, F., & Oktaviyanti, I. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pakapin Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri Wadukopa. PENDAGOGIA: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(3), 2021. https://jurnal.educ3.org/index.php
Indonesia, K. (2024). Pengembangan Ensiklopedia Bermuat Quiz Game pada Materi Keragaman di Indonesia Kelas IV SDIT Darussalam Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar , Universitas Muhammadiyah Purworejo , Jawa Tengah , Indonesia. 5(1), 117–127.
Krismawati, A., Maula, L. H., & Prayogo, M. S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Papan Pintar pada Materi Peran Fungi dalam Kehidupan Sehari-Hari di Kelas IV SD. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 3(2), 219–227. https://doi.org/10.21154/jtii.v3i2.1745
Mahendra Dinatha, N., & Arimbawa, P. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa P4 Interaktif Mata Pelajaran Ipa Terpadu Untuk Siswa Smp Berbasis Budaya Lokal Masyarakat Ngada Flores. Journal of Education Technology, 2(4), 186.
Makatita, A. L. (2024). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Project Based Learning
(PJBL) Materi Ekosistem Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif pada Siswa SMA Negeri 4 Ambon Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Wira Wacana Sumba , Nusa Tenggara Timur , Indonesia. 5(1), 136–146.
Muhammad, Afnani, R., Afnani, M. R., Eva, A., Rizki, N., & Sutriyani, W. (2023). Efektivitas Media Papan Edukasi Pintar Terhadap Kemampuan Literasi Dan Numerasi Pelajaran Matematika Kelas 1 SDN 02 Guyangan. Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(3). https://doi.org/10.51903/pendekar.v1i3.277
Musyrifah, E., Dwirahayu, G., & Satriawati, G. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Bagi Guru Mi Dalam Upaya Mendukung Keterampilan Mengajar Serta Peningkatan Literasi Numerasi. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 8(1), 61. https://doi.org/10.24853/fbc.8.1.61-72
Nurqozin, M., & Putra, D. (2023). Pembelajaran Berbasis Media Digital dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Menengah Kejuruan Islam Terpadu Tebuireng III Indragiri Hilir Riau. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(4), 637–646.
Purnamasari, I., & Novian, G. (2021). Jurnal Patriot. Jurnal Patriot, 3(March), 71–81. https://doi.org/10.24036/patriot.v
Sihaloho, J. E., Ramadani, A., & Rahmayanti, S. (2020). Implementasi Sistem Pembayaran Quick Response Indonesia Standard Universitas Sumatera Utara (1)(2)(3). Manajemen Bisnis, 17(2), 287–297. http://journal.undiknas.ac.id/index.php/magister-manajemen/
Siti Nurhasanah. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Papan Pintar Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iv Sd Negeri Rejosari. LJSE: Linggau Journal Science Education, 2(3), 75–84. https://doi.org/10.55526/ljse.v2i3.333
Songkares, M. F., Kua, M. Y., & Aryani, N. W. P. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Multi Representase dengan Real World Problem Berbasis Kearifan Lokal Ngada Pada Pembelajaran IPA untuk Siswa Smp Kelas VII. Jurnal Citra Pendidikan (JCP), 1(4), 576–586.
Sulistriani, S., Santoso, J., & Oktaviani, S. (2021). Peran Guru Sebagai Fasilitator Dalam Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Journal Of Elementary School Education (JOuESE), 1(2), 57–68. https://doi.org/10.52657/jouese.v1i2.1517
Suryana, A., Noviansyah, I., & Tamara, F. (2022). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Prestasi Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ilmi Citeureup Bogor . EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 2(2), 112–132. https://doi.org/10.47467/edui.v2i2.975
Yudistira, O. K., Syamsurizal, S., Helendra, H., & Attifah, Y. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Booklet Sistem Imun Manusia sebagai Suplemen Bahan Ajar Biologi Kelas XI SMA. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 39–44. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.34289
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten