EFEKTIVITAS PROGRAM KERJA LITERASI KAMPUS MENGAJAR PADA ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) SISWA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 11 JAKARTA

Penulis

  • Ika Rahmawati Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta, Indonesia
  • Abdul Rahman Jupri Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1356

Kata Kunci:

Efektivitas, Kampus, Mengajar, Literasi

Abstrak

Rendahnya literasi membaca pada siswa yang kurang terpapar dalam budaya membaca, kampus mengajar hadir dalam program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan mendeskripsikan efektivitas program kerja literasi Pojok Baca dan Revitalisasi Perpustakaan yang dilaksanakan oleh mahasiswa kampus mengajar pada Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) di SMP Muhammadiyah 11 Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sumber data yaitu siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 11 Jakarta. Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Hasil pada penelitian ini program literasi kampus mengajar di SMP Muhammadiyah 11 Jakarta sudah efektif. Namun, terdapat faktor pendorong dan penghambat saat dalam pelaksanaan program magang mbkm kampus mengajar yaitu kurangnya prasarana di sekolah yang menyebabkan program berjalan kurang maksimal. Oleh karena itu, perlu adanya upaya berkelanjutan dalam pengembangan dan pemberdayaan literasi yang harus didukung oleh sekolah guna meningkatkan kemampuan literasi siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anggito Albi, S. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (Ella Deffi Lestari, Ed.). CV Jejak.

Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN, 9(1), 210–219. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.221

Arifin, I., Ridwan, M., Ahmad, S., Syukur, M., Arifin, J., Dody, A., & Agustang, P. (2023). Peningkatan Minat Baca Siswa Melalui Program Pohon Literasi di SMP ASKARI PALLANGGA. In Jurnal Pengabdian Masyarakat journal.ininnawaparaedu.com (Vol. 01, Issue 01).

Fatonah, K., & Lestari, S. (n.d.). IMPLEMENTASI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DI SEKOLAH DASAR SWASTA NURANI JAKARTA.

Fawaid Fawaid, & Kendry Widiyanto. (2023). Implementasi Kebijakan Program Kampus Mengajar di SD Negeri Billa an Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(4), 98–104. https://doi.org/10.55606/jpbb.v2i4.2351

Fidesrinur, F., Shah, A. H., & Amelia, Z. (2022). Peran Dosen Pembimbing Lapangan dalam Meningkatkan Efektifitas Program Kampus Mengajar. JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 7(2), 73. https://doi.org/10.36722/sh.v7i2.1133

Kanusta, Maria. Implementasi Gerakan Literasi Minat Baca Dan Hasil Belajar (152-156) (2021). (2021). Kanusta.

Nisa, N., Au Hurit, A., & Bari, A. A. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Siklus Air Menggunakan Media Gambar pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 7(3), 416–422. https://doi.org/10.23887/jear.v7i3.66971

Santoso, G., Damayanti, A., Murod, mun, Imawati, S., & Asbari, M. (n.d.). Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Literasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Rahayu Khotimah, N., Sriwijaya, U., Raya Palembang-Prabumulih, J., Fisika, P., Muhammadiyah Metro, U., Ki Hajar Dewantara No, J., & Metro, K. (2021). PELAKSANAAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DI SD NEGERI 014 PALEMBANG SUMATERA SELATAN. In Jurnal Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat ) (Vol. 5, Issue 2).

Rahma, A., Syafira, A. M., Nurhija, A. E., Belly, A., Faseh, A., Dafit, F., Kunci, K., Literasi, P., Pekanbaru, K., & Subur, B. L. (2023). PROGRAM LITERASI SDN KOTA PEKANBARU, BUKIT LEMBAH SUBUR DAN MANDAU. 4(2), 465–473. http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal

Ramadhanty, A. W., Siti Zulaikha, D., & Si, M. (2023). EFEKTIVITAS PROGRAM DUA SARJANA SATU DESA BAGI MAHASISWA TIDAK MAMPU DI KECAMATAN DANDER KABUPATEN BOJONEGORO PROVINSI JAWA TIMUR.

Riski Rahayu, D., Elsa Fadillah, A., Lestari, E., Amanda Faradila, S., & Fitriana, D. (2023). PERAN ORANG TUA DALAM PROSES BIMBINGAN DAN KONSELING ANAK. 4(2). http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal

Vigih Hery Kristanto. (2018). Metodologi Penelitian Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah . CV Budi Utama.

Wonokerto, D. S., Jombang, K., Timur, J., Nurdayanti, V., & Casmiwati, D. (2023a). ANALISIS EFEKTIVITAS PROGRAM MBKM-Kampus Mengajar Angkatan I. 18(1).

Wonokerto, D. S., Jombang, K., Timur, J., Nurdayanti, V., & Casmiwati, D. (2023b). ANALISIS EFEKTIVITAS PROGRAM MBKM-Kampus Mengajar Angkatan I. 18(1).

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-28

Cara Mengutip

Rahmawati, I., & Jupri, A. R. . (2025). EFEKTIVITAS PROGRAM KERJA LITERASI KAMPUS MENGAJAR PADA ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) SISWA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 11 JAKARTA. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(2), 729–738. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1356

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.