MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI DEBAT DAN PENGUNAAN MEDIA BERGAMBAR PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA DI KELAS X IPA SMA N UNGGUL DHARMASRAYA

Penulis

  • Nenri Gusni Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Pascasarjana Universitas Bung Hatta, Sumatera Barat, Indonesia
  • Syofiani Syofiani Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Pascasarjana Universitas Bung Hatta, Sumatera Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1442

Kata Kunci:

Debat, Media Bergambar, Keaktifan Siswa

Abstrak

Keaktifan siswa berbicara merupakan target pembelajaran yang harus dikuasai oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa melalui debat dan pengunaan media bergambar pada pelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek pada penelitian adalah siswa kelas X IPA SMAN Unggul Dharmasraya, yang terdiri dari 21 orang. Laki-laki berjumlah 9 orang dan perempuan berjumlah 12 orang. Terdapat 7 indikator keaktifan siswa melalui media bergambar; 1) memahami gambar, 2) menyampaikan argumen tentang gambar, 3) merespon dan berfikir cepat, 4) membuat mosi, 5) mendukung dan menolak mosi, 6) mengemukakan data dan bukti, dan 7) membuat kalimat penutup. Hasil penelitian pada praobservasi didapatkan bahwa terdapat 9 (43 %) siswa yang aktif pada proses pembelajaran. Selanjutnya, siklus pertama pada pertemuan pertama terdapat dua kelompok yang aktif atau 29% yang berbicara dan bersemangat dalam berdiskusi. Pada pertemuan kedua pada siklus pertama didapatkan hasil bahwa belum terlihat keaktifan siswa secara signifikan, yaitu 43% atau 3 kelompok yang aktif, Kemudian pada siklus kedua pertemuan pertama menunjukkan bahwa, dari tujuh kelompok belajar, ada empat kelompok atau 57.1% yang aktif. Pada siklus kedua, terdapat 6 dari 7 kelompok 85.7% yang aktif.  Dapat dikatakan bahwa debat dan pengunaan media bergambar mampu meningkat keaktifan siswa pada pembelajaran.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amir, A. (2016). Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Eksakta, 2(1), 17–32. https://doi.org/10.35905/jmlipare.v1i1.3259

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta.

Cahyani, I., & Hodijah. (2007). Kemampuan Berbahasa Indonesia. UPI Press.

Dahlani, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV Semester 2 SDN Bunisari Kecamatan Jatinunggal Kabupaten Sumedang Tahun Pelajaran 2018/2019). Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, IV(2), 208–218.

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.

Husna, Z. A., Salimi, M., & Suryandari, K. C. (2023). Pengembangan Media Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(3). https://doi.org/10.20961/jkc.v11i3.75035

Hutagalung, R., & Halimatussakdiah. (2019). Meningkatkan Kemampuan Bercerita Melalui Media Gambar Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SD. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Praptono, Ambarrukmi, S., Widdiharto, R., & Elevri, P. (2013). Panduan Operasional Model Kompetensi Guru. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Ratih, S., Susanti, E., & Marsha, Y. J. (2024). Pengaruh Pembelajaran Debat Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Swasta PAB 3 Saentis. 8, 13909–13923.

Riastanti, R. (2014). A Correlative Study Between Students’ Achievement In English Debate And Their Achievement In Writing Argumentative Essay Of The 4th Semester Students Of IAIN Tulungagung. IAIN Tulangagung.

Sanjaya, W. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Prenada Media.

Saputra, R. (2020). Improving Students’ Reading Comprehension by Using Multipass Strategy on Narraritive Text at the Tenth Grade of SMK Start UP Dara Jingga. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 1(2), 220–231.

Tarigan, H. (2008). Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Bebricara. PT Angkasa.

Wagu, E. Y., & Riko, R. (2020). Kemampuan Menggunakan Metode Debat Aktif Sebagai Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas VIII Smp Negeri 30 Surabaya. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(2), 69–76. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i2.7828

Wardani, L. S. P., & Sabardila, A. (2020). Kualitas Argumentasi Mahasiswa dalam Wacana Debat “Budaya Literasi Sekolah” pada Pembelajaran Keterampilan Berbahasa. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 3(3), 341–350. https://doi.org/10.30872/diglosia.v3i3.61

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-28

Cara Mengutip

Gusni, N., & Syofiani, S. (2025). MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI DEBAT DAN PENGUNAAN MEDIA BERGAMBAR PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA DI KELAS X IPA SMA N UNGGUL DHARMASRAYA. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(2), 1389–1402. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1442

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.