PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-BOOK DALAM MENINGKATKAN LITERASI SISWA PADA KURIKULUM MERDEKA
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1445Kata Kunci:
Bahan Ajar, E-book, Literasi, Siswa.Abstrak
Literasi dalam Kurikulum Merdeka adalah fokus utama yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud). Peningkatan literasi dalam kurikulum ini mencakup kemampuan dan keterampilan dalam membaca, menulis, berhitung, serta memecahkan masalah yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Bahan Ajar E-book guna meningkatkan literasi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) model 4D: Define, Design, Develop, and Disseminate. Tahapan analisis kebutuhan terdiri dari analisis masalah, analisis tujuan pembelajaran, analisis konteks, dan analisis konten. Subjek penelitian adalah siswa sekolah menengah atas di Sumatera Barat pada tahun 2024. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa aspek materi produk mendapatkan skor 83,3%, aspek media produk 85,3%, dan aspek bahasa produk 88%, dengan rata-rata 91,55%, sehingga produk dinyatakan sangat valid. Uji praktikalitas menunjukkan hasil dari guru sebesar 89,6% dan dari siswa sebesar 94,72%. Hasil uji t-test menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan secara statistik antara skor sebelum dan sesudah perlakuan, dengan nilai t sebesar -7,753 dan p-value 0,000 (lebih kecil dari level alpha 0,05). Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar e-book ini valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan literasi siswa di sekolah menengah atas.
Unduhan
Referensi
Borg, W. R., & Gall, M. D. (1983). Educational Research: An Introduction (4th ed.). Longman Inc.
Huang, R., Spector, J. M., & Yang, J. (2012). Handbook on Digital Learning for K-12 Schools. Springer.
Hidayati, A., Efendi, R., & Saputra, A. (2020). The Quality Of Digital Literation Early Childhood Education Teachers Based On Unesco Standards. International Journal Of Scientific & Technology Research, 9(03), 3514–3517.
Hidayati, A., Saputra, A., & Efendi, R. (2020). Pengembangan E-Modul Berorientasi Strategi Flipped Classroom pada Pembelajaran Jaringan Komputer. Jurnal Resti (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 4(3), 429–437.
Herodotou, C., Sharples, M., & Scanlon, E. (2019). Literature Review on the Impact of Digital Technology on Learning and Teaching. Report. Institute of Educational Technology, The Open University.
Jasrial, Sulastri, Kristiawan, M., & Saputra, A. (2022). Development of E-book Teaching Materials in Improving Student Literacy. Educational Sciences: Theory and Practice, 22(1), 62–77. https://doi.org/10.12738/jestp.2022.1.0006
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). (2020). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka.
Kim, J. S., & Anderson, C. M. (2008). Family literacy practices and home literacy resources: An investigation of a preschool intervention involving family members as literacy partners. Journal of Early Childhood Literacy, 8(3), 295-317. https://doi.org/10.1177/1468798408096480
Lai, C., & Zheng, D. (2018). Self-directed use of mobile devices for language learning beyond the classroom. ReCALL, 30(3), 299-318. https://doi.org/10.1017/S0958344017000258
Liu, Z., Liang, J., & Liu, W. (2019). Effects of Using Mobile Technology to Enhance E-book Reading on Reading Comprehension and Interests among Fourth Grade Students in China. Educational Technology & Society, 22(4), 197-211.
McKnight, K., O'Malley, K., Ruzic, R., Horsley, M. K., Franey, J. J., & Bassett, K. (2016). Teaching in a Digital Age: How Educators Use Technology to Improve Student Learning. Journal of Research on Technology in Education, 48(3), 194-211. https://doi.org/10.1080/15391523.2016.1175856
National Literacy Trust. (2020). The importance of literacy. https://literacytrust.org.uk/information/what-is-literacy/importance-literacy/
Nutbrown, C., Hannon, P., & Morgan, A. (2005). Early literacy work with families: Policy, practice, and research. SAGE Publications.
OECD. (2018). Education at a Glance 2018: OECD Indicators. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/eag-2018-en
OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/5f07c754-en
Riduwan. (2011). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula (2nd ed.). Alfabeta.
Saputra, A., Gistituati, N., Bentri, A., Aziz, I., & Hidayati, A. (2024). Analysis Of Teacher Barriers In The Implementation Of Curriculum Merdeka In Secondary Schools. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 5(1), 50–57.
Saputra, A., Iswari, M. (2024). Guidance Counseling Strategies to Overcome Academic Problems of High School Students. International Journal of Technology Vocational Education, 5(1), 1–6.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suharsimi, A. (2014). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. : a (2nd ed.). Rineka Cipta.
Sylva, K., Melhuish, E., Sammons, P., Siraj-Blatchford, I., & Taggart, B. (2010). Early Childhood Matters: Evidence from the Effective Pre-school and Primary Education Project. Routledge.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. A Sourcebook. Indiana University.
UNESCO. (2021). Global Education Monitoring Report 2021: Literacy for Life. UNESCO Publishing. https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000379338
World Bank. (2018). World Development Report 2018: Learning to Realize Education's Promise. World Bank. https://doi.org/10.1596/978-1-4648-1096-1
Zhao, Y., Liu, L., Tang, J., & Yang, Z. (2021). The Effects of Digital Technology on Learning: A Meta-Analysis. Educational Technology Research and Development, 69(1), 211-240. https://doi.org/10.1007/s11423-021-09953-7.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten