MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA MELALUI PERMAINAN EDUKATIF BALOK ANGKA ADAPTIF KELOMPOK A KB AL AMIN 2

Penulis

  • Siti Masruroh Universitas PGRI Argopuro Jember, Jawa Timur, Indonesia
  • Mochammad Maulana Trianggono Universitas PGRI Argopuro Jember, Jawa Timur, Indonesia
  • Muhammad Agus Sugiarto Universitas PGRI Argopuro Jember, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1490

Kata Kunci:

Kemampuan Mengenal Angka, Balok Angka Adaptif, Anak Usia 3-4 Tahun

Abstrak

Sebagian besar anak tidak memahami lambang bilangan, dan ketika diminta untuk menunjukkannya. Guru juga sering menggunakan papan tulis, gambar, dan poster sebagai media pembelajaran, sehingga siswa tidak tertarik dan bosan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka 1-10 pada anak usia 3-4 tahun melalui permainan edukatif balok angka kelompok bermain semester genap di KB AL AMIN 2 Karang Semanding. Balok angka adalah media visual yang terbuat dari kayu persegi dan terdiri dari sepuluh balok yang masing-masing mewakili jumlah satu balok.. Sedangkan adaptif berbentuk timbul seperti braille. Metode Penelitian ini tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan terhadap 16 anak yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif-deskriptif untuk menganalisis data, yang menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan Balok Angka Adaptif meningkatkan kemampuan anak untuk mengenal angka 1-10. Hasilnya menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal anak dalam mengenal angka 1-10 hanya 37,5% pada pra siklus, tetap tetap 37,5% pada siklus pertama, dan meningkat menjadi 100% pada siklus kedua. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media Balok Angka Adaptif dapat secara efektif meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal angka 1-10.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

A’yuni,Q.(2018). Pengembangan Alat Permaianan Berbasis Sains Untuk Anak Usia 5-6 Tahun di TK IT Menara Fitrah Indralaya. Skripsi. Indralaya : Universitas Sriwijaya

Aqib, Zainal, dkk.(2018). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru TK/RA-SLBS, (Yoqyakarta: AR-RUUZ MEDIA, hlm.324.

Chandra, Ratnasari Dwi Ade. (2019). Pengaruh Media Puzzle Terhadap Kemampuan Mengenal Angka (1-10) Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Nusa Indah Desa Gumuk Sari Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Incrementapedia : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol.1,No.1

Febiola, K. A. (2020). Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia Dini Melalui Pengembangan Media Pembelajaran Pohon Angka. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 238. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28263

Hariyani, Indria.(2020). Pengembangan Media Taloka (Tali lompat angka) Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Pada Anak Usia Dini. J- SANAK : Jurnal Kajian Anak 2, Vol.2, No.1

Husna, Asma’ul.(2020). Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Balok Angka Pada Anak Usia Dini Di Paud Kasih Ibu Desa Pandan Indah Kabupaten Lombok Tengah.

Isabella Hasiana dan Aniek Wirastania.(2017). Pengaruh Musik Dalam Mengembangkan Kemampuan Mengenal Bilangan Siswa Kelompok A di TK Lintang Surabaya, Jurnal obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 1, No.2.

Jatiningsih, Elik.(2018). Penggunaan Permainan Playdough untuk meningkatkan kemampuan Mengenal Angka 1-10 Pada anak usia dini, Jurnal Pendidikan Anak usia dini, Vol. 1 No. 1

Kadek Mas Anggi Dwi Yasri, Made Tegeh, dan Putu Rahayu Ujianti.(2017).

Khasanah, Ismatul, dkk.(2016). Pemanfaatan Lingkungan Dan Barang Bekas Sebagai Alat Permainan Edukatif (Ape) Bagi Kader Pos Paud Kelurahan Tambak Rejo Semarang.h.27

Montolalu, dkk. (2018). Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: UniversitasTerbuka

Muslich, Mansur.(2019). Melaksanakan PTK itu mudah (Classroom Action Research), (Jakarta: Bumi Aksara, hlm.162.

Nurhidayah Nasution, Nurhidayah.(2020). Pengaruh Permainan Balok Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Anak Kelompok A RA AR-RAYHAN DENAY T_A.

Pengaruh Permainan Tradisional Engklek Terhadap Kemampuan Anak Dalam Mengenal Angka Pada Kelompok B di Tk Bayu Kumdhala Bubunan, e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha. Vol.5. No,2.

Pradana,P.H.(2016). Pengaruh Permaianan Balok Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Usia Dini, Jurnal PAUD Tambusai, 2(2), 18-25

Purwanti, Vitri.(2019). Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui permainan balok angka pada Anak Kelompok Di TK Universal Ananda Kecamatan Potebon Kendal, Jurnal Pelita PAUD, Vol.3,No 2.

Sujino.(2015). Belajar Dan Pembelajaran, Yokyakarta : Pustaka Pelajar

Supiati. (2021). Penggunaan Media Balok Angka Cuisenaire Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Dusun Tama Songo Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Talakar, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol.1 No.1

Suyanto.(2015). Perkembangan Anak Jilid 2, Jakarta : Amzah.

Tasyem dan Anita.(2018). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Huruf Melalui Media Karpet Huruf Pada Kelompok A di Tk Mekar Sari Tenggarong Seberang, Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda, jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, Vol, 03 Nomor 01, h.42

Yuliarti.(2018). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Pada Anak Usia Dini Melalui Permainan Ular Tangga Di Taman Kanak-Kanak Sadar Bakti Sungai Aur Pasaman Barat, JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia) 3, No. 2 : h.103.

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-28

Cara Mengutip

Masruroh, S. ., Trianggono, M. M. ., & Sugiarto, M. A. . (2025). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA MELALUI PERMAINAN EDUKATIF BALOK ANGKA ADAPTIF KELOMPOK A KB AL AMIN 2 . Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(2), 963–971. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1490

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.