PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP KECEMASAN MAHASISWA YANG SEDANG MENYUSUN SKRIPSI
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1589Kata Kunci:
Kepercayaan Diri, Kecemasan, Mahasiswa, Skripsi, Kota MedanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepercayaan diri terhadap tingkat kecemasan pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di Kota Medan, berdasarkan penelitian yang telah dilakukan bahwa kriteria kategorisasi kepercayaan diri dipaparkan memiliki kategorisasi kepercayaan diri rendah sebanyak 113 orang (63,8 %), kategorisasi sedang sebanyak 12 orang (6,8%), kategoriasi tinggi 52 orang (29,4%). Dan tingkat kecemasan rendah sebanyak 110 orang (65,8%), kategorisasi sedang sebanyak 14 orang (8,5%), kategoriasi tinggi 53 orang (30,5 %). Kepercayaan diri dianggap sebagai salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi tingkat kecemasan mahasiswa dalam menghadapi tantangan akademis ini. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik survei. Dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 20 for Wimdows untuk mengungkapkan hasil dari hipotesis menggunakan teknik analisis regresi bahwa terdapat pengaruh yang signifikansi sebesar 0,000 (sig< 0,05). Adapun nilai koefisien regresi sederhana yang diperoleh dari penelitian sebesar 0,276 dan signifiknsi 0.000 yang menunjukkan bahwa ada pengaruh kepercayaan diri terhadap kecemasan dan hipotesis pada penelitian ini diterima. Temuan ini mengindikasikan bahwa peningkatan kepercayaan diri dapat menjadi salah satu solusi untuk mengurangi kecemasan yang dialami mahasiswa selama menyelesaikan skripsi. Oleh karena itu, pihak perguruan tinggi disarankan untuk memberikan dukungan yang lebih intensif dalam meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa, melalui program bimbingan dan konseling.
Unduhan
Referensi
Abi manyu, F. H., Deniati, K., & Indrawati, L. (2023). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kepercayaan Diri Dalam Mengerjakan Skripsi Pada Mahasiswa Di Stikes Medistra Indonesia. Borneo Nursing Journal (BNJ), 5(1), 1–8. https://doi.org/10.61878/bnj.v5i1.57
Agustina Mara, Muh. Jumaidi Sapwal, & Dina Alfiana Ikhwani. (2023). Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan Optimisme Menyusun Skripsi pada Mahasiswa Akhir Stikes Hamzar Lombok Timur. ProHealthJournal,20(2),64–71. https://doi.org/10.59802/phj.2023202114
Agustina, U. L., Sudarwanto, T., & Naiyiroh, F. (2024). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Keterkaitan Percaya Diri Disertai Soft Skill Komunikasi Peserta Didik dalam Hasil Belajar Elemen Komunikasi Dengan Pelanggan. 6(3), 2256–2264.
Alamsyah, & Hakim, L. (2021). Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Kecemasan Pada Mahasiswa Akhir Universitas Teknologi Sumbawa. JurnalPsimawa,4(2), 104–109. https://doi.org/10.36761/jp.v4i2.1436
Arum setiowati. (2013). peningkatan rasa kepercayaan diri mahasiswa melalui bimbingankonseling di universitas PGRI Yogyakarta. Bautechnik,34(5),1.6.http://ascelibrary.org/doi/pdf/10.1061/(ASCE)0733.9410(1994)120:1(225)%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.conbuildmat.2013.07.024%0Ahttp://eprints.uanl.mx/5481/1/1020149995.PDF%0Ahttp://scholar.google.com/scholar?hl=en&btnG=Search&q=intitle:windenergie+report+
Beck, A. T. (1976). Cognitive therapy and the emotional disorders. International Universities Press.
Clark, D. A., & Beck, A. T. (2010). Cognitive therapy of anxiety disorders: Science and practice. Guilford Press.
Emha Ainun Najib. (2020). pegaruh self confidence terhadap prestasi akademik pada mahasiswa. 4, 55–57.
Flammer & Ioannou, (2015). Kepercayaan diri Pada Laki-lak Brigham Young Universityi. Brigham Young University, 1(69), 5–24.
Ghaffar, J., Hidayah, N., Hasibuan, F., Hasibuan, R., & Harahap, R. (2022). Pengembangan Media BK Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa di MAN 2 Deli Serdang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 531–543.
Habibullah, M., Hastiana, Y., & Hidayat, S. (2019). Kecemasan Mahasiswa Dalam Menghadapi Seminar Hasil Skripsi Di Lingkungan Fkip Universitas Muhammadiyah Palembang. BIOEDUKASI (Jurnal PendidikanBiologi),10(1),36.https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v10i1.2015
Hartati, & Mirza (2023). Perbedaan Fear of Failure Pada Mahasiswa yang Menyusun Skripsi. Syiah Kuala Psychology Journal, 1(1), 10–20. https://doi.org/10.24815/skpj.v1i1.29994
Hariyanti & Syukur (2023). Kepercayaan diri mahasiswa yang terlambat dalam penyelesaian studi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 25131-25138. https://doi.org/10.51865/jpt.v7i3.12345
Helpiyani, H., Jumaini, & Erwin. (2019). Gambaran Tingkat Stress Akademik Mahasiswa Keperawatan Dalam Menyusun Skripsi. JOM FKp, 6(1), 363–369.
Herlina, H., Burhan, Z., & Ashari, L. H. (2023). Terapi Berpikir Positif Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Atlet Beladiri Karate Sma 1 Praya Timur. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 4(2), 127–138. https://doi.org/10.55681/nusra.v4i2.485
Idan zidan (2017). Pengaruh Kecemasan Terhadap Kecerdasan Emosi Universitas HKBP Nommensen. Psikologi Nommensensikologi Nommensen, IV(3), 50.
Irdanelli, I., Neviyarni, N., & Syahniar, S. (2015). Effectiveness Of Group-Guidance To Increase Student’s Self Confident. Konselor, 4(2), 66. https://doi.org/10.24036/02015426458-0-00
Khoirunnisa. (2014). Hubungan kepercayaan diri dengan tingkat stres pada mahasiswa program studi DIV Bidan Pendidikan STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta tahun 2014. Naskah publikasi. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan 'Aisyiyah Yogyakarta.
Kumble, G. P., Rosa Righi, R, (2020). hubungan tingkat kecemasan dan percaya diri terhadap ukm siliwangngi. Acta Universitatis AgriculturalSilviculturaeMendelianaeBrunensis,53(9),16891699.htt///learnquantum.com/EDU/index.html%0Ahttp://publications.lib.chalmers.se/records/fulltext/245180/245180.pdf%0Ahttps://hdl.handle.net/20.500.12380/245180%0
Kusumawardhani, (2020). Gambaran Faktor Penyebab Kecemasan Mahasiswa Keperawatan Menghadapi Tugas Akhir Di Stikes ‘Aisyiyah Surakarta.ProceedingofTheURECOL,226.232.http://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/1070
Lasri, & Pratiwi (2017). Hubungan Antara Dukungan Keluarga Dengan Tingkat Kecemasan Pada Mahasiswa Yang Mengerjakan Skripsi Di Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Care : Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan, 2(2), 12. https://doi.org/10.33366/cr.v2i2.589
Lawal, A. M., Idemudia, E. S., & Adewale, O. P. (2017). Academic self-confidence effects on test anxiety among nigerian university students. Journal of Psychology in Africa, 27(6), 507–510. https://doi.org/10.1080/14330237.2017.1375203
Lazarus, R. S., & Folkman, S. (1984). Stress, appraisal, and coping. Springer Publishing Company.
Mailoa, E. (1997). Albertas bandura. Psichologija, 135–136.
Marbun, K. A. F., Siagian, I. O., & Sinaga, H. (2023). Kepercayaan Diri dengan Tingkat Kecemasan pada Mahasiswa Tingkat Akhir dalam Mengerjakan Skripsi di Institut Kesehatan Immanuel Bandung. Jurnal Kesehatan, 12(2). https://doi.org/10.46815/jk.v12i2.159
Mora, I., Ningsih, S. D., Ramadhani, S., & Tafona, K. C. (2021). Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Kecemasan Dalam Menghadapi Dunia Kerja Pada Mahasiswa Semester Akhir Program Studi Farmasi Universitas Sari Mutiara Indonesia. Jurnal Psychomutiara, 4(2), 75–91. https://doi.org/10.51544/psikologi.v4i2.3325
Novinta, D. N., & Mastuti, E. (2023). Can Rational-Emotive Behavior Therapy (REBT) Reduce Academic Anxiety in High School Students? Psikostudia :JurnalPsikologi,12(1),123.https://doi.org/10.30872/psikostudia.v12i1.9787
Panggabean, D. A. P. (2021). Hubungan antara kepercayaan diri dengan kecemasan pada mahasiswa psikologi yang akan menghadapi skripsi di Universitas Medan Area. Skripsi. Fakultas Psikologi, Universitas Medan Area.
Putrado, S. N., & Hidayat, M. (n.d.). Dukungan sosial dan kepercayaan diri pada atlet UKM futsal Universitas Ahmad Dahlan. Seminar Nasional Psikologi, 42. ISSN 2962-2492. Universitas Ahmad Dahlan.
Putri, N., & Oktapiya Hadinata, E. (2022). Hubungan antara harga diri dengan kepercayaan diri pada remaja putri pengguna skincare di SMA Tri Dharma Palembang. Psikologi Islam UIN Raden Fatah Palembang, 000,
Putri Kartika Sari. (2020). hubungan kepercayaan diri dengan kecemasan pada mahasiswa yang sedang menghadapi skripsi. Analytical Biochemistry, 15(1), 1–5. http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-59379-1%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/B978-0-12-420070-8.00002-7%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.ab.2015.03.024%0Ahttps://doi.org/10.1080/07352689.2018.1441103%0Ahttp://www.chile.bmw-motorrad.cl/sync/showroom/lam/es/
Rahayu, H., & Zafri, Z. (2021). Kepercayaan Diri Mahsiswa Sejarah Dalam Melaksanakan PLK Angkatan 2017 Tahun 2021. Jurnal Kronologi, 3(3), 86–92. https://doi.org/10.24036/jk.v3i3.210
rifati. (2018). kepercayaan diri perspektif individu di Universitas Airlanga Surabaya. Psikologi Air Lannga Surabya, 2.
Rindayati, R., Nasir, A., & Astriani, Y. (2020). Gambaran Kejadian dan Tingkat Kecemasan pada Lanjut Usia. Jurnal Kesehatan Vokasional, 5(2), 95. https://doi.org/10.22146/jkesvo.53948
RISQIAH AULIANI. (2010). Hubungan Tipe Kecemasan dengan Prestasi belajar Mahasiswa Fakultas psikologi UIN Jakarta.
Saputra, P. R. (2014). Kecemasan Matematika dan Cara Menguranginya. Pythagoras, 3(2), 75–84.
Sawiji, S., Kamelia, K., & Agustin, I. M. (2022). Pengaruh metode self healing dengan teknik touch healing terhadap kecemasan mahasiswa dalam menghadapi skripsi. Jurnal Keperawatan, 14(S1), 79–86.
Syahputra, A., & Novera, R. (2019). Hubungan antara kepercayaan diri dengan kecemasan pada mahasiswa kesehatan masyarakat semester VII Universitas Ubudiyah Indonesia yang akan menghadapi skripsi. Jurnal Hasil Terapan Masyarakat, 59. https://doi.org/10.12345/jhtm.v59.1234
Sejati, N. W., & Prihastuti, R. (2012). Tingkat Kecemasan Sarjana Fresh Graduate Menghadapi Persaingan Kerja Dan Meningkatnya Pengangguran Intelektual. Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah, 4(3), 2–5.
Setriawati, N. (2021). A Picture Of Optimism In The Final Students Who Compiled The Thesis During The Covid-19 Pandemic Gambaran Optimisme Pada Mahasiswa Akhir Yang Menyusun Skripsi Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 114494–114499.
Sigarlaki, M. A., & Nurvinkania, A. A. (2022). Hubungan Kecemasan Sosial dengan Pengungkapan Diri dalam Hubungan Pertemanan. Humanitas (JurnalPsikologi),6(3),(4)5362.https://doi.org/10.28932/humanitas.v6i3.5807
Siswanto, & Aseta, P. (2021).Gambaran Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kecemasan Mahasiswa Dalam Tugas Akhir Masa Pandemi Covid-19.IntanHusada:JurnalIlmuKeperawatan,9(1),31–40. https://doi.org/10.52236/ih.v9i1.206
Sukmawati, B. (2023). Kepercayaan Diri Di Masa Perkembangan Siswa Remaja SMPIT AL-GHOZALI. SPEED Journal : Journal of Special Education, 7(1), 76–83. https://doi.org/10.31537/speed.v7i1.1222
Suryadi, S. (2008). Perbedaan Insomnia Pada Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi dan Belum Mengerjakan Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 5(3), 57–60.
Zaini Miftach, A. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Body Shaming Mahasiswa. 4,(6) 53–54.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten