Upaya Meningkatkan Rasa Percaya Diri Melalui Kegiatan Bermain Peran Anak Usia 4-5 Tahun

Penulis

  • Kholisfatul Khotimah Program Studi PG Paud,Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Argopuro Jember, Indonesia
  • Mahendra Aswit Sandra Barata Program Studi PG Paud,Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Argopuro Jember, Indonesia
  • Indah Kharismawati Program Studi PG Paud,Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Argopuro Jember, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v6i1.1598

Kata Kunci:

Pengembangan Percaya Diri, Metode Bermain Peran, Anak Usia Dini

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri anak usia dini melalui penerapan metode bermain peran di RA Miftahul Hidayah, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 20 anak berusia 4-5 tahun. Hasil penelitian pada Siklus I menunjukkan bahwa 55% anak mengalami peningkatan rasa percaya diri, tetapi hasil ini belum mencapai target keberhasilan sebesar 75%. Pada Siklus II, dilakukan perbaikan dengan memberikan bimbingan individual dan skenario bermain peran yang lebih variatif. Hasilnya, 75% anak menunjukkan peningkatan rasa percaya diri yang signifikan. Dengan demikian, metode bermain peran terbukti efektif dalam mendukung perkembangan sosial-emosional anak dan dapat diimplementasikan secara luas di lingkungan pendidikan anak usia dini.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Almeida, B. F. P. de, Mesquita, I., & Bravo, R. B. (2023). USE OF SOCIAL NETWORKS IN CHILDHOOD: Impacts on development in second and third childhood. International Journal of Human Sciences Research, 3(13), 2–12. https://doi.org/10.22533/at.ed.55831323190410

Aryaprasta, I. G. K., & Riyadi, A. R. (2018). Model Pembelajaran Tari Kreatif untuk Meningkatkan Percaya Diri Anak Usia Taman Kanak-Kanak. GOLDEN AGE: JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. https://doi.org/10.29313/ga.v2i1.3864

Ismaiyah, N. (2022). Pengembangan Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Peran di Masa Pandemi. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 38–47. https://doi.org/10.19105/kiddo.v3i1.5543

Lainnya, L. (2010). Mau akses jurnal yang dilanggan UNY dari rumah ? Klik Disini !

Masriani, M., & Dina Liana. (2022). Optimalisasi Pengembangan Percaya Diri pada Anak Usia Dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling. https://doi.org/10.46963/mash.v5i01.475

Nikmah, F., Izzati, U. A., & Darminto, E. (2022). Penerapan Metode Bermain Peran Berbasis Profesi Untuk Meningkatkan Kemandirian Dan Rasa Percaya Diri Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.487

Paggama, A. A., A. Rezky Nurhidaya, & Sadaruddin. (2023). Literature Review Implementasi Bermain Peran untuk Perkembangan Kemampuan Sosial Emosional Anak di TK. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini. https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2139

Rachmi, T., Dewi, N. F. K., & Astuti, C. F. (2023). OPTIMALISASI KEMAMPUAN MENYIMAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA ANAK USIA DINI. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31000/ceria.v12i1.9137

Saleh, G. (2018). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini. MEDIUM. https://doi.org/10.25299/medium.2018.vol6(2).2411

Sari, M., & Yulsyofriend. (2020). Pengintegrasian Metode Bermain Peran dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusi.

Sofiani, I. K., Mufika, T., & Mufaro’ah, M. (2020). Bias Gender dalam Pola Asuh Orangtua pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.300

Sriyanti, S., & Pratiwi, E. S. (2022). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI BA NURUL HIDAYAH SUMBERAGUNG KEPOHBARU BOJONEGORO. Al-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Anak. https://doi.org/10.46773/al-athfal.v3i1.406

Utami, R. W. T., & Hanafi, M. (2018). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Peningkatan Percaya Diri Pada Anak Usia Pra Sekolah (4-5 Tahun) di Pendidikan Anak Usia Dini Insan Harapan Klaten. Jurnal Keperawatan Soedirman. https://doi.org/10.20884/1.jks.2017.12.2.694

Utami, R. W. T., Hanafi, M., & Kriswoyo, P. G. (2017). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Peningkatan Percaya Diri Pada Anak Usia Pra Sekolah (4-5 Tahun) Di Pendidikan Anak Usia Dini Insan Harapan Klaten. The Soedirman Journal of Nursing), 12(2), 84–92.

Wardani, I. K., Hafidah, R. ., & Dewi, N. K. (2021). Hubungan antara Peran Guru dengan Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini. Kumara Cendekia. https://doi.org/10.20961/kc.v9i4.54845

Zahrotunnisa, Z., & Rukhiyah, Y. (2019). Upaya Meningkatkan Percaya Diri Melalui Bermain Peran Makro Pada Anak Usia 5-7 Tahun. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31000/ceria.v8i1.1172

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-17

Cara Mengutip

Khotimah, K. ., Sandra Barata, M. A. ., & Kharismawati, I. . (2025). Upaya Meningkatkan Rasa Percaya Diri Melalui Kegiatan Bermain Peran Anak Usia 4-5 Tahun. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 6(1), 80–88. https://doi.org/10.56667/dejournal.v6i1.1598

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.