THE EFFECT OF USING YOUTUBE VIDEO ON THE STUDENTS’ ABILITY IN WRITING PROCEDURE TEXT AT THE SEVENTH GRADE OF SMP SWASTA TELADAN PEMATANGSIANTAR
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i2.1609Kata Kunci:
Writing, Procedure Text, YouTube VideoAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki dampak penggunaan video YouTube terhadap kemampuan menulis prosedural siswa kelas 7 di SMP Swasta Teladan Pematangsiantar. Penelitian ini berfokus pada penggunaan video YouTube sebagai sarana untuk membantu siswa menghasilkan tulisan prosedural dengan tema membuat minuman. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian kuasi-eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas tujuh SMP Swasta Teladan Pematangsiantar yang berjumlah 64 siswa. Sampel penelitian ini dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelas eksperimen (VII-A) yang terdiri dari 32 siswa yang menggunakan video YouTube sebagai media, dan kelas kontrol (VII-B) yang terdiri dari 32 siswa yang hanya menggunakan penjelasan guru. Alat pengumpulan data menggunakan tes tertulis untuk pre-test dan post-test. Peneliti mengamati bahwa rata-rata pre-test di kelas eksperimen adalah 52,6 dan di kelas kontrol 56,2. Rata-rata post-test di kelas eksperimen adalah 75,8 dan di kelas kontrol 72,1. Nilai t-value ditentukan sebesar 2,416, sedangkan t-tabel sebesar 1,670 berdasarkan derajat kebebasan (df) pada tingkat signifikan 0,05. Karena nilai t hitung lebih besar dari t tabel (2,416 > 1,671), maka Ha diterima dan Ho ditolak. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa video YouTube secara signifikan mempengaruhi kemampuan siswa dalam memproduksi teks proses di kelas tujuh di SMP Swasta Teladan Pematangsiantar.
Unduhan
Referensi
Audhia, H., Atmowardoyo, H., & Baa, S. (2023). THE EFFECTIVENESS OF THE IMPLEMENTATION OF VIDEO YOUTUBE TO IMPROVE STUDENTS’ ABILITY IN WRITING PROCEDURE TEXT. 2(2).
Creswell, J. W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (4th ed.). Pearson Education, Inc.
Creswell, J., W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). SAGE Publications.
Dzulkifli Isadaud, M.Dzikrul Fikri, & Muhammad Imam Bukhari. (2022). The Urgency Of English In The Curriculum In Indonesia To Prepare Human Resources For Global Competitiveness. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 51–58. https://doi.org/10.54259/diajar.v1i1.177
Geraldine, M. (2014). TEACHING WRITING HORTATORY EXPOSITION TEXT THROUGH TASK-BASED LANGUAGE TEACHING (TBLT).
Hikmah, D. (2019). Media For Language Teaching and Learning in Digital Era. International Journal of English Education and Linguistics (IJoEEL), 1(2), 36–41. https://doi.org/10.33650/ijoeel.v1i2.963
Kusumadewi, A. R., & Cahyono, S. P. (2021). Genre Analysis on Cyntha Hariadi’s Short Story “Dinda Bukan Puisi.”
Lubis, R. F., & Hasibuan, N. K. (2021). Students’ Writing Procedure Text Mastery. English Education : English Journal for Teaching and Learning, 8(2), 166–176. https://doi.org/10.24952/ee.v8i2.3238
Lutfiah, Z., Khairita, M. N., & Islamiah, I. (2024). THE EFFECT OF USING CLUSTERING TECHNIQUE TO IMPROVE STUDENTS’ ABILITY IN WRITING DESCRIPTIVE TEXT FOR TENTH GRADE AT SMKN 13 BUNGO. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(2), 941–950. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1452
Mangesaa, R. T., & Andayani, D. D. (2015). The Effectiveness of Media Implementation in Competence-Based Learning Integrated With Character Building in Vocational High Schools: 3rd UPI International Conference on Technical and Vocational Education and Training, Bandung, Indonesia. https://doi.org/10.2991/ictvet-14.2015.37
Manggalani, R., & Seneru, W. (2023). The Influence of YouTube Social Media on Bhikku Dhirapunno’s Personal Branding (#LogIndiCloseTheDoor on YouTube Chanel Deddy Corbuzier). Journal of Communication, 1(2).
Munandar, J., & Mustika, I. (2021). WRITING THE PROCEDURES TEXT USING DISCOVERY LEARNING METHOD IN HIGH SCHOOL STUDENTS. JLER (Journal of Language Education Research), 4(1), 1–10. https://doi.org/10.22460/jler.v4i1.6368
Nugraheni, A. F., Arvianti, G. F., & Arochman, T. (2024). The Correlation between The Vocabulary Mastery and Writing Skills of the Ninth Graders of SMP Negeri 1 Bandongan. Seltics Journal: Scope of English Language Teaching Literature and Linguistics, 7(1), 35–45. https://doi.org/10.46918/seltics.v7i1.2134
Saputri, N. R. (2021). INSTAGRAM REELS AS A MEDIA IN WRITING PROCEDURE TEXT FOR THE NINTH GRADE STUDENTS OF SMPN 1 PAGERUYUNG ACADEMIC YEAR 2021/2022. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 2(2), 329–336. https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i2.519
Sitorus, C. J. (2018). The Effect of Using YouTube Video on the Tenth Graders’ Writing Procedural Text Achievement at SMA Corpatarin. JET (Journal of English Teaching), 3(1), 1. https://doi.org/10.33541/jet.v3i1.695
Yusuf, R. (2020). Teaching EFL Students Using Selected Media: Offline Video Taken From YouTube. Utamax : Journal of Ultimate Research and Trends in Education, 2(1), 29–33. https://doi.org/10.31849/utamax.v2i1.2909
Zahroh, M., Mawarni, V., & Harmayanthi, V. Y. (2023). Using Padlet on Students’ Writing Skill as The Essential Effect.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten