Menyusun Dokumen Manajemen Supervisi Klinis di SMA Unggul Del Melalui Pendekatan “Sintesis Bukti Terbaik” : Studi Kasus Periode Tahun Ajaran 2021/2022-2022/2023

Penulis

  • Weni Zandroto Universitas Negeri Medan
  • Sukarman Purba Universitas Negeri Medan
  • Zainuddin Zainuddin Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1617

Kata Kunci:

Manajemen, Supervisi klinis, SMA Unggul Del, Sintesis

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menyusun konsep manajemen supervisi klinis sebagai pedoman bagi sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model manajemen supervisi klinis di sekolah unggulan dengan menggunakan pendekatan "Sintesis Bukti Terbaik". Melalui survey lapangan, wawancara dan sintesis dari berbagai studi serta praktik terbaik di sekolah, penelitian ini merumuskan model supervisi klinis yang efektif, efisien, dan kontekstual. Sampel dari penelitian ini adalah Guru dan Wakil Kepala SMA Unggul Del. Hasil dari penelitian  menunjukkan bahwa Pelaksanaan supervisi klinis di SMA Unggul Del menghadapi beberapa tantangan signifikan, termasuk guru berpengalaman yang enggan untuk disupervisi, kurangnya waktu dalam merencanakan supervisi, dan sering terjadinya benturan antara jadwal mengajar guru supervisor dengan jadwal supervisi. Banyak guru berpengalaman merasa enggan menjalani proses supervisi karena kurangnya pemahaman tentang tujuan supervisi klinis, yang sering dianggap sebagai evaluasi kinerja, bukan sebagai kesempatan untuk pengembangan profesional. Untuk mengatasi hal ini, manajemen sekolah perlu melakukan sosialisasi yang komprehensif mengenai manfaat supervisi, termasuk melalui workshop yang melibatkan semua guru. Selain itu, padatnya jadwal mengajar dan tanggung jawab lainnya menyulitkan guru dan supervisor menemukan waktu yang tepat untuk melaksanakan supervisi. Solusi untuk masalah ini mencakup penyusunan jadwal supervisi yang terintegrasi dengan jadwal mengajar dan pembentukan tim pembantu supervisi dari guru senior dan staf administrasi untuk membantu perencanaan. Sering terjadinya benturan antara jadwal mengajar dan jadwal supervisi juga menjadi tantangan; oleh karena itu, penting bagi manajemen sekolah untuk membuat kalender integratif yang mencantumkan semua kegiatan, serta mengalokasikan waktu khusus untuk supervisi. Dengan pendekatan komprehensif ini, diharapkan pelaksanaan supervisi klinis dapat berlangsung lebih lancar dan berdampak positif terhadap kualitas pendidikan di SMA Unggul Del.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

A., B. (2022). Supervisi Klinis Peningkatan Ketrampilan Guru Dalam Pembelajaran Kontekstual Dengan Metode Inkuiri Di SD Negeri Jrebeng I Kabupaten Probolinggo. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora.

A.Burhhanudin, A. A. S. (2016). Pelaksanaan Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Mutu Kinerja Guru Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan.

Addini, A. F., Husna, A. F., Damayanti, B. A., Fani, B. I., Nihayati, C. W. N. W., Daniswara, D. A., Susanti, D. F., Imron, A., & Rochmawati, R. (2022). Konsep Dasar Supervisi Pendidikan. Jurnal Wahana Pendidikan. https://doi.org/10.25157/wa.v9i2.7639

Andela, F., Haryanto, B., Murni, S., & Apriansyah, Z. (2023). Fungsi Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MI Al Baani Kota Bengkulu. Al-Khair Journal : Management, Education, and Law. https://doi.org/10.29300/kh.v3i1.10708

Anridzo, A. K., Arifin, I., & Wiyono, D. F. (2022). Implementasi Supervisi Klinis dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8812–8818. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3990

Chaula, L., Lawrent, G., & Freddie Warioba Iramba, I. (2024). School heads’ clinical supervision practices in Tanzania: implications for teachers’ professional competency development. Cogent Education, 11(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2024.2362551

D., D. (2024). Supervisi Klinis untuk Meningkatkan Kemampuan Guru di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Garasi Buku Dan Obrolan Keilmuan.

Fattah, N. (2010). Landasan Manajemen Pendidikan. Bumi Aksara.

Gati Sujatmi, R. M. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pmebelajaran Abad 21 Melalui Manajemen Supervisi Klinis. Braz Dent J., 33(1), 1–12.

Jahari, J., Khoiruddin, H., & Nurjanah, H. (2018). p-ISSN: 2541-383X e-ISSN: 2541-7088 Manajemen Peserta Didik. Isema, 3(2), 170–180.

Maisyaroh, Budi Wiyono, B., Hardika, Valdez, A. V., Mangorsi, S. B., & Canapi, S. P. T. (2021). The implementation of instructional supervision in Indonesia and the Philippines, and its effect on the variation of teacher learning models and materials. Cogent Education, 8(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2021.1962232

Nasution, Z., Handayani, T., & Purba, L. (2021). Manajemen dan Pengelolaan Sumber Daya Manusia di Era Digital.

Nasution, I., Safitri, M., Halawa, S., Zuchairunnisa, Z., Khotimah, N., & Ramadhan, S. (2023). Peranan Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Sublim: Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.33487/sublim.v1i1.5606

Nurhayati, N., & Imron Rosadi, K. (2022). Determinasi Manajemen Pendidikan Islam: Sistem Pendidikan, Pengelolaan Pendidikan, Dan Tenaga Pendidikan (Literatur Manajemen Pendidikan Islam). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 451–464. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.1047

Nurhidayat, M. F., Masrukan, & Rusilowati, A. (2022). Mengulik Tahapan Dan Potensi Pelaksanaan Supervisi Klinis. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 58–69. https://doi.org/10.24252/idaarah.v6i1.25689

Pratama, L. R. (2022). Manajemen Pendidikan Karakter PAUD. Jambura Early Childhood Education Journal, 4(2), 182–194. https://doi.org/10.37411/jecej.v4i2.1125

Rahmadini, M., & Jamilus, J. (2022). Meningkatkan Kualitas Pendidikan Melalui Pendekatan Klinis dalam Supervisi Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (MANAPI). https://doi.org/10.31958/manapi.v1i1.5972

Rochimah, H., Rugaiyah, R., & Ahmad, M. (2018). SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN KONSEP DIRI DALAM DISIPLIN KERJA GURU PNS DI SMP NEGERI. In Jurnal Administrasi Pendidikan (Vol. 25, Issue 2, pp. 234–251). Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). https://doi.org/10.17509/jap.v25i2.18539

S.MesionoNeliwati, G. B. (2024). Pelaksanaan Supervisi Klinis dalam Peningkatan Kinerja Guru di SD IT Ad-Durrah Medan. Jurnal Kependidikan.

Sitepu, R. H., Simarmata, P. S., Nasution, H. S., & Wau, Y. (2023). Supervisi Klinis dalam Keterampilan Mengajar Guru Sejarah Berdasarkan Kurikulum Merdeka. Yupa: Historical Studies Journal, 7(1), 46–60. https://doi.org/10.30872/yupa.v7i1.1777

Sumarto, S. (2016). Tugas profesional kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan mutu pendidikan. Riayah: Jurnal Sosial Dan Keagamaan, 1(02), 168-187.

Trianggono, P. M. M. (2023). ANALISIS PELAKSANAAN SUPERVISI KINERJA GURU DI PAUD MUSLIMAT NURUL HIDAYAH SELOK BESUKI SUKODONO LUMAJANG. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal).

Wandra, D., Marsidin, S., & Rifma, R. (2021). Peranan Supervisi Pengawas Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3647-3653.

Wong, S., Bull, R., Cumming, T., & McFarland, L. (2024). Supporting leaders in early childhood education settings: an evaluation of a clinical supervision program for centre directors. Cogent Education, 11(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2024.2309749

Y., A. (2018). Penerapan Supervisi Klinis Oleh Pengawas dalam Meningkatkan Keterampilan Mengajar Guru. TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.

Yani, A., Budi, C., & Sari, D. (2021). Perbaikan mutu pendidikan merupakan sebuah keharusan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 123-.

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-28

Cara Mengutip

Zandroto, W., Purba, S. ., & Zainuddin, Z. (2025). Menyusun Dokumen Manajemen Supervisi Klinis di SMA Unggul Del Melalui Pendekatan “Sintesis Bukti Terbaik” : Studi Kasus Periode Tahun Ajaran 2021/2022-2022/2023. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(2), 1333–1345. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1617

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.