IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KURIKULUM MERDEKA DI SMP NEGERI 1 KARANGDADAP

Penulis

  • Erlin Sofiyanti SMPN 1 Karangdadap
  • Inayah Inayah SMP Islam Walisongo Kedungwuni
  • Nurkolis Nurkolis Universitas PGRI Semarang

Kata Kunci:

Kurikulum Merdeka, implementasi, SMP Negeri 1 Karangdadap

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menilai bagaimana Kurikulum Mandiri diterapkan di SMP Negeri 1 Karangdadap dan bagaimana hal itu memengaruhi proses pendidikan. Data dikumpulkan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang mencakup analisis dokumen, observasi, dan wawancara. Respondennya adalah guru, siswa, dan kepala sekolah. Temuan penelitian menunjukkan bahwa peningkatan minat belajar siswa merupakan hasil yang sukses dari penerapan Kurikulum Mandiri. Siswa diizinkan untuk memilih sumber daya dan strategi pengajaran yang paling sesuai dengan minat mereka, yang mendorong orisinalitas dan kreativitas. Namun masih terdapat beberapa permasalahan seperti kurangnya infrastruktur dan fasilitas, serta kurangnya pelatihan bagi guru. Berdasarkan hasil penelitian, meskipun Kurikulum Mandiri SMP Negeri 1 Karangdadap telah menunjukkan perkembangan yang menggembirakan, namun masih diperlukan lebih banyak fasilitas dan pelatihan guru untuk memaksimalkan pelaksanaan kurikulum tersebut. Kurikulum Mandiri dapat menjadi alat yang berguna untuk meningkatkan standar pengajaran di kelas dengan penyesuaian yang tepat.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adira, H. F. (2023). Implementation of the Merdeka Curriculum in Building the Values of Religious Tolerance at SMP Piri 2 Yogyakarta. Jurnal Educative: Journal of Educational Studies. https://doi.org/10.30983/educative.v8i1.6639

Adisjam, A., & Saparia, A. (2023). Penerapan pembelajaran diferensiasi mengoptimalkan minat dan bakat murid dalam pembelajaran pjok smp al azhar mandiri palu. Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. https://doi.org/10.20527/multilateral.v22i4.16571

Hadi, W., Prihasti Wuriyani, E., Yuhdi, A., & Agustina, R. (2022). DESAIN PEMBELAJARAN DIFERENSIASI BERMUATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENDUKUNG CRITICAL THINKING SKILL SISWA PADA ERA KENORMALAN BARU PASCAPANDEMI COVID-19. Basastra. https://doi.org/10.24114/bss.v11i1.33852

Junaidi, A. (2021). Kurikulum Merdeka: Ide untuk Sekolah-Sekolah Indonesia di Dunia Pasca Pandemi. Universitas Mataram.

Puteri, A. N., Yoenanto, N. H., & Nawangsari, N. A. F. (2023). Efektivitas Asesmen Autentik dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. https://doi.org/10.24832/jpnk.v8i1.3535

Rahmah, S., Dalila, A. A., Liliawati, W., & Setiawan, A. (2022). Pendekatan Pembelajaran Diferensiasi dalam Model Inkuiri terhadap Kemampuan Numerasi Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i2.50838

Rahmat. (2022). Inovasi Pembelajarann PAI Reorientasi Teori Aplikatif Implementatif. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi.

Restu Rahayu, dkk. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak, Jurnal BasicEdu Universitas Pendidikan Indonesia, Vol. 06 No. 04

Ropin Sigalingging. (2019). Penerapan Pembelajarann Pradigma Baru Kepemimpinan Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Pembelajarann Di Sekolah Penggerak Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka. Bandung: Tata Akbar.

Rohmat Mulyana. (2019). Mengratukalsikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.

Rosita. (2018). Peran pendidikan berbasis karakter dalam pencapaian tujuan pembelajaran di sekolah. https://repository.unikom.ac.id/56815/

Rusydi, & Muhammad. (2018). Manajemen peserta didik (Pengelolaan peserta didik untuk efektivitas pembelajaran).

http://repository.uinsu.ac.id/6063/1/Manajemen%20Peserta%20Didik.pdf

Sawaluddin, S. (2022). Evaluasi Pembelajaran Terintegrasi. Journal of Islamic Education El Madani. https://doi.org/10.55438/jiee.v1i1.15

Sherly, Dharma, E., & Sihombing, B. H. (2020). Merdeka Belajar di Era Pendidikan 4.0. Merdeka Belajar: Kajian Literatur.

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA: SEBUAH KAJIAN LITERATUR. Research and Development Journal of Education. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-19

Cara Mengutip

Sofiyanti, E., Inayah, I., & Nurkolis, N. (2024). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KURIKULUM MERDEKA DI SMP NEGERI 1 KARANGDADAP . Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(3), 415–422. Diambil dari https://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal/article/view/1652

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.