PENGEMBANGAN INSTRUMEN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWER POINT DI TK AM KABUPATEN SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i2.1689Kata Kunci:
Instrumen, Media, Power PointAbstrak
Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data untuk penelitian disebut instrumen penelitian. Untuk memastikan bahwa data yang diperoleh valid dan relevan dengan tujuan penelitian, sangat penting untuk memilih jenis instrumen yang tepat. Perancangan, pembuatan, pengujian, dan penyempurnaan alat ukur yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian dikenal sebagai pengembangan instrumen penelitian. Instrumen yang baik harus memiliki validitas dan reliabilitas yang tinggi, yang berarti mereka benar-benar mengukur apa yang seharusnya diukur dan menghasilkan data yang konsisten ketika digunakan dalam kondisi yang sebanding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dua instrumen, yaitu instrumen uji ahli dan instrumen hasil ceklis di TK AM Kabupaten Semarang, dapat dianalisis untuk menguji validitas dan reliabilitasnya. Instrumen media pembelajaran power poin adalah subjek penelitian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah instrumen data pernyataan berbasis powerpoin yang dibuat oleh peneliti valid dan dapat diandalkan dengan 60 subjek dari kelas A-1, B-1 dan C-1, dengan masing-masing 20 anak. Hasil penelitian didasarkan pada analisis statistik data yang dilakukan dengan aplikasi Jamovi versi 2.4.14. Hasil uji instrumen di lapangan yang diuji pada subjek memiliki nilai yang melebihi 0,3, yang menunjukkan bahwa instrumen tersebut valid. Tabel 1 menunjukkan hasil analisis korelasi 0,805, sedangkan tabel 2 menunjukkan uji validitas dengan nilai di atas 0,3. Selain itu, karena kata kunci Instrument, Media, dan Power Point tidak ditemukan pada kota yang ditunjukkan warna merah, Heatmap korelasi menunjukkan bahwa hubungan masih berada dalam kategori kuat.
Kata Kunci: Instrumen, Media, Power Poin
Unduhan
Referensi
Azzahra, Y. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Interaktif Melalui Pendekatan Saintifik Pada Siswa Sd. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 63–70. https://doi.org/10.55719/jt.v7i2.429
S. Eko Putro Widoyoko. (2020) Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Pustaka Pelajar
Fathonah, S., Kusbiantari, D., Wirahno, D. N., Marfu’ah, S., & Sahrul, S. (2024). Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Mengenal Huruf pada Anak Usia Dini di RA AL Wardah Kabupaten Pati. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(4), 6. https://doi.org/10.47134/paud.v1i4.686
Febiharsa, D., & Djuniadi, D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif 3 Dimensi untuk Pembelajaran Materi Pengenalan Lingkungan Pada Anak Usia Dini di Indonesia. Journal of Studies in Early Childhood Education (J-SECE), 1(1), 75. https://doi.org/10.31331/sece.v1i1.590
Handayani, O. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran PAUD melalui PPG. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 93. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.522
Ilmiyah, N. N., & Muslih, I. (2024). 423-435. 2(4).
Miftakhul Muthoharoh. (2019). Media PowerPoint dalam Pembelajaran. Tasyri` : Jurnal Tarbiyah-Syari`ah-Islamiyah, 26(1), 21–32. http://www.e-journal.stai-iu.ac.id/index.php/tasyri/article/view/66
Nurfadillah, S., Ramadhanty, S., Ajzahro, S., Yuniar, W., Hilmiyah, Z., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Microsoft Power Point Di Sdn Sarakan Ii Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 3(2), 368–385. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa
Ragin, G., Magdalena, I., & Puspita, D. R. (2022). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Powerpoint dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8792–8799.
Rahmawati, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint Untuk Keterampilan Membaca Intensif. Jurnal Pancar (Pendidik Anak Cerdas Dan Pintar), 6(1), 187–192.
Sahrul, S., Marfu’ah, S., Afiyah, A., Amaliyah, S., Khotimah, W. J. H., Nabilah, S. V., & Kusbiantari, D. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Kartu Bergambar Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Aud di TK Kusuma Indonesia Kabupaten Temanggung. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(4), 9. https://doi.org/10.47134/paud.v1i4.650
Syaifuddin Azwar. (2017). Uji validitas dan Reliabilitas. Pustaka Pelajar
Syavira, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Interaktif Materi Sistem Pencernaan Manusia Untuk Siswa Kelas V Sd. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 84–93. https://doi.org/10.37478/optika.v5i1.1039
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten