PENGEMBANGAN INSTRUMEN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWER POINT DI TK AM KABUPATEN SEMARANG

Penulis

  • Didik Ardi Santoso Universitas Ivet Semarang
  • Dewi Nugrahastuti Wirahno Universitas Ivet Semarang
  • Sahrul Sahrul Universitas Ivet Semarang

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i2.1689

Kata Kunci:

Instrumen, Media, Power Point

Abstrak

Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data untuk penelitian disebut instrumen penelitian. Untuk memastikan bahwa data yang diperoleh valid dan relevan dengan tujuan penelitian, sangat penting untuk memilih jenis instrumen yang tepat. Perancangan, pembuatan, pengujian, dan penyempurnaan alat ukur yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian dikenal sebagai pengembangan instrumen penelitian. Instrumen yang baik harus memiliki validitas dan reliabilitas yang tinggi, yang berarti mereka benar-benar mengukur apa yang seharusnya diukur dan menghasilkan data yang konsisten ketika digunakan dalam kondisi yang sebanding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dua instrumen, yaitu instrumen uji ahli dan instrumen hasil ceklis di TK AM Kabupaten Semarang, dapat dianalisis untuk menguji validitas dan reliabilitasnya. Instrumen media pembelajaran power poin adalah subjek penelitian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah instrumen data pernyataan berbasis powerpoin yang dibuat oleh peneliti valid dan dapat diandalkan dengan 60 subjek dari kelas A-1, B-1 dan C-1, dengan masing-masing 20 anak. Hasil penelitian didasarkan pada analisis statistik data yang dilakukan dengan aplikasi Jamovi versi 2.4.14. Hasil uji instrumen di lapangan yang diuji pada subjek memiliki nilai yang melebihi 0,3, yang menunjukkan bahwa instrumen tersebut valid. Tabel 1 menunjukkan hasil analisis korelasi 0,805, sedangkan tabel 2 menunjukkan uji validitas dengan nilai di atas 0,3. Selain itu, karena kata kunci Instrument, Media, dan Power Point tidak ditemukan pada kota yang ditunjukkan warna merah, Heatmap korelasi menunjukkan bahwa hubungan masih berada dalam kategori kuat.

Kata Kunci: Instrumen, Media, Power Poin

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Azzahra, Y. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Interaktif Melalui Pendekatan Saintifik Pada Siswa Sd. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 63–70. https://doi.org/10.55719/jt.v7i2.429

S. Eko Putro Widoyoko. (2020) Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Pustaka Pelajar

Fathonah, S., Kusbiantari, D., Wirahno, D. N., Marfu’ah, S., & Sahrul, S. (2024). Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Mengenal Huruf pada Anak Usia Dini di RA AL Wardah Kabupaten Pati. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(4), 6. https://doi.org/10.47134/paud.v1i4.686

Febiharsa, D., & Djuniadi, D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif 3 Dimensi untuk Pembelajaran Materi Pengenalan Lingkungan Pada Anak Usia Dini di Indonesia. Journal of Studies in Early Childhood Education (J-SECE), 1(1), 75. https://doi.org/10.31331/sece.v1i1.590

Handayani, O. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran PAUD melalui PPG. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 93. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.522

Ilmiyah, N. N., & Muslih, I. (2024). 423-435. 2(4).

Miftakhul Muthoharoh. (2019). Media PowerPoint dalam Pembelajaran. Tasyri` : Jurnal Tarbiyah-Syari`ah-Islamiyah, 26(1), 21–32. http://www.e-journal.stai-iu.ac.id/index.php/tasyri/article/view/66

Nurfadillah, S., Ramadhanty, S., Ajzahro, S., Yuniar, W., Hilmiyah, Z., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Microsoft Power Point Di Sdn Sarakan Ii Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 3(2), 368–385. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa

Ragin, G., Magdalena, I., & Puspita, D. R. (2022). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Powerpoint dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8792–8799.

Rahmawati, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint Untuk Keterampilan Membaca Intensif. Jurnal Pancar (Pendidik Anak Cerdas Dan Pintar), 6(1), 187–192.

Sahrul, S., Marfu’ah, S., Afiyah, A., Amaliyah, S., Khotimah, W. J. H., Nabilah, S. V., & Kusbiantari, D. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Kartu Bergambar Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Aud di TK Kusuma Indonesia Kabupaten Temanggung. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(4), 9. https://doi.org/10.47134/paud.v1i4.650

Syaifuddin Azwar. (2017). Uji validitas dan Reliabilitas. Pustaka Pelajar

Syavira, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Interaktif Materi Sistem Pencernaan Manusia Untuk Siswa Kelas V Sd. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 84–93. https://doi.org/10.37478/optika.v5i1.1039

Diterbitkan

2022-12-30

Cara Mengutip

Santoso, D. A. ., Wirahno, D. N. ., & Sahrul, S. (2022). PENGEMBANGAN INSTRUMEN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWER POINT DI TK AM KABUPATEN SEMARANG. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 3(2), 336–341. https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i2.1689

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.