PENGGUNAAN MEDIA VISUAL TIGA DIMENSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BANGUN RUANG PADA KELAS V SD NEGERI 006 RAMBAH
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i1.233Kata Kunci:
Media Visual Tiga Dimensi, Hasil Belajar, Bangun RuangAbstrak
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan media visual tiga dimensi dalam meningkatkan hasil belajar pada bangun ruang Jenis penelitian ini menerapkan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan sebanyak dua kali pertemuan. Ketuntasan peneliti ini berupa tes tertulis yaitu pilihan ganda. Subject pada penelitian adalah guru kelas V SD Negeri 006 Rambah yang berjumlah 14 siswa, 6 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada materi bangun ruang meningkat melalui pemanfaatan media visual tiga dimensi. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pertemuan pertama yaitu 53% sedangkan pertemuan kedua menjadi 81,14%. Persentase penjumlahan dari kedua pertemuan sebesar 28,14%. Hal ini menyatakan bahwa penggunaan media visual tiga dimensi pada pembelajaran bangun ruang bisa meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas V SD Negeri 006 Rambah.
Unduhan
Referensi
Abdullah. 2016. “Implementasi Penilaian Autentik Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Tsanawiyah.” Fitrah Jurnal 02(2).
Aditya, Prihayuda Tatang. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Pada Materi Lingkaran Bagi Siswa Kelas VIII.” Jurnal Matematika Statistika dan Komputasi.
Arikunto, Suharsimi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Jonkenedi. 2017. “Penggunaan Media Tiga Dimensi Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran IPA.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Kusuma, Jaka Wijaya, and Hamidah Hamidah. 2020. “Perbandingan Hasil Belajar Matematika Dengan Penggunaan Platform Whatsapp Group Dan Webinar Zoom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemik Covid 19.” JIPMat.
Marlina, Winda, and Dhitsaha Jayanti. 2019. “4C Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0.” Prosiding Sendika.
Nur, Isman M. 2016. “Pemanfaatan Program Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika.” Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika.
Saputra, Riyadi. 2020. “Improving Students’ Reading Comprehension by Using Multipass Strategy on Narraritive Text at the Tenth Grade of SMK Start UP Dara Jingga.” DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal) 1(2): 220–31.
Shabir, M U. 2015. “Kedudukan Guru Sebagai Pendidik (Tugas Dan Tanggung Jawab, Dan Kompetensi Guru).” Jurnal Auladuna 2(2).
Siregar, Isnayani. 2019. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe JIGSAW Siswa Kelas IV SDN 163088 Kota Tebing Tinggi.” SEJ (School Education Journal) 9(2).
Sopian, Ahmad. 2016. “Tugas, Peran, Dan Fungsi Guru Dalam Pendidikan.” Journal tarbiyah Islamiah 1(1): 88–97.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 DE_Journal (Dharmas Education Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten