Pengembangan Bahan Ajar Handout Berbasis HOTS Tema 9 Kelas 4 SD
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i1.224Kata Kunci:
Pengembangan, Handout, dan HOTSAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar handout berbasis HOTS pada siswa kelas IV SD pada tema 9 Subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia. Penelitian ini menggunakan desain R & D (Research and Development) dengan menggunakan model model 4D terdiri dari tahap Define (Pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan) dan Disseminate (penyebarluasan) dari Thiagarajan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, angket validasi, angket respon siswa, dan tes. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif. Validasi produk di dasarkan pada kelayakan isi, kebahasaan, desain tampilan handout, kesesuaian dengan HOTS, dan kesesuaian dengan keterampilan membaca. Validator terdiri dari akademisi, praktisi, dan siswa. Kegiatan pengembangan ini diperoleh hasil skor akhir rerata pertemuan 1 diperoleh 79,28 dengan kriteria B (Baik) dan pertemuan 2 diperoleh hasil yang lebih baik yaitu rerata 86,42 dengan kriteria A (sangat baik). Dengan demikian, produk pengembangan bahan ajar handout berbasis HOTS tema 9 kelas 4 SD layak digunakan.
Unduhan
Referensi
Arsanti, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi PBSI, FKIP, UNISULA. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 1(2), 71–90. https://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.2107
Dalman. (2013). Keterampilan Membaca. In Keterampilan Membaca (p. 5). Raja Grafindo Persada.
Endang, W. . (2018). Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. In Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Cahaya Prima Sentosa.
Laksana, D. N. L., Kurniawan, P. A. W., & Niftalia, I. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Sd Kelas Iv Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Ngada. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1), 1–10. https://doi.org/0000-0003-4695-5403
Mardiana, N. (2017). Peningkatan Physics HOTS Melalui Mobile Learning. PASCAL (Journal of Physics and Science Learning), 1(2), 1–9.
Munawaroh, H. W., & Wiryanto. (2011). Pengembangan Handout Melalui Pendekatan Etnomatematika Berbasis Keunggulan Lokal Materi Bangun Datar untuk Siswa Kelas IV SD.
Ngazizah, N., Saputri, D. R., Prahastiwi, F. A., Maulannisa, D., & Safitri, D. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Keterampilan Generik Sains Terintegrasi Karakter Tema 6 Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 7(1), 81–89. https://doi.org/10.31949/jcp.v7i1.2591
Ningtyas, R., Yunianta, T. N. H., & Wahyudi, W. (2014). Pengembangan Handout Pembelajaran Tematik Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas Iii. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(3), 42. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2014.v4.i3.p42-53
Octaviani, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Kelas 1 Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(2), 93. https://doi.org/10.17509/eh.v9i2.7039
Prastowo. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. In Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif (p. 79). Diva Press.
Pratiwi, I. (2019). Efek Program Pisa Terhadap Kurikulum Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(1), 51. https://doi.org/10.24832/jpnk.v4i1.1157
Purwanto, K., & Rahmawati, A. (2017). Pengembangan Handout untuk Siswa Kelas V SD 14 Koto Baru pada Materi Bermain Drama. Jurnal Tarbiyah, 14(1), 137–155.
Ricky, Z., Prananda, G., Triana, E., Education, R., Training, T., Faculty, E., Indonesia, U. D., Sumatra, W., Training, T., Faculty, E., Indonesia, D., & Sumatra, W. (2020). Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani Development Of Plyometric Exercises In Learning. 4(2).
Sani, R. . (2019). Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill). In Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill). Tira Smart.
Subhan, M. (2020). Desain Soal Tes Penilaian Tengah Semester Ii Muatan Matematika Berbasis Higher Order Thinking Skill ( Hots ) Taksonomi Bloom Revisi Pada Kelas V. DE_JOURNAL, 1(2), 55–63. https://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal/article/view/68
Widoyoko, S. E. . (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. In Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Pustaka Belajar.
Yansaputra, G., & Pangestika, R. R. (2018). Pemikiran Kritis dapat dibentuk melalui Discovery Learning. Ejournal.Upi.Edu, 2(2), 34–39.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 DE_Journal (Dharmas Education Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten