KREATIVITAS MEDIA MENDONGENG PADA MATA KULIAH BAHASA JAWA AUD DI MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i1.239Kata Kunci:
Dongeng, Media, Bahasa Jawa, Pandemi Covid-19Abstrak
Menanamkan pendidikan karakter hendaknya dimulai sejak dini, terutama di masa anak membedakan hal-hal berdasarkan visualisasi dan apa saja di dengar (anak usia dini). Penanaman karakter dapat dilakukan salah satunya dengan cara mendongeng dengan mengutamakan budaya lokal seperti penggunaan bahasa daerah misalnya Bahasa Jawa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas mahasiswa Universitas Ivet dalam membuat media mendongeng pada mata kuliah Bahasa Jawa AUD di masa pandemic covid-19. Metode yang digunakan yakni mixed methods antara kuantitatif dan kualitatif. Sasaran penelitian ini terfokus membuat media mendongeng Bahasa Jawa untuk anak usia dini (AUD) pada mahasiswa PG-PAUD Universitas Ivet semester gasal 2020/2021 yang terdiri atas 30 mahasiswa. Hasil penelitian kreativitas media mendongeng yang digunakan mahasiswa dalam mendongeng bahasa jawa antara lain multimedia, boneka, gambar, buku, dan tanpa menggunakan media pendukung lain. Hal ini menunjukkan sebagai calon guru atau pendongeng harus memiliki kemampuan dalam mengemas dongeng dan mengoptimalkan kemampuan dalam menyusun dan memilih media dongeng yang tepat. Mendongeng juga memiliki fungsi atensi, afektif, kognitif, dan kompensatoris bagi anak. Media dongeng yang tepat dan disesuaikan dengan karakteristik daerah seperti Jawa dapat membantu anak memperkaya kosakata dan imajinasi sehingga perkembangan anak menjadi lebih optimal.
Unduhan
Referensi
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran (A. Rahman (ed.); ke-17). Raja Grafindo Perkasa.
Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37. https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50
Dewan, P. (2013). Reading matters in the academic library. Reference and User Services Quarterly, 52(4), 309–319. https://doi.org/10.5860/rusq.52n4.309
Erdiani. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Siswa Dengan Menggunakan Media Visual Pada Materi Menggambar Ilustrasi Di Kelas VIII SMP N 3 Batanghari. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 1(2), 89–95.
Fauziddin, M., & Mufarizuddin, M. (2018). Useful of Clap Hand Games for Optimalize Cogtivite Aspects in Early Childhood Education. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 162. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.76
Febrina, Y., & Muhid, A. (2020). Efektivitas Mendongeng dalamMeningkatkan Kreativitas Verbal Anak Usia Prasekolah. Jurnal PG-PAUD FKIP Universitas Sriwijaya, 7(2), 153–163.
Habsari, Z. (2017). Dongeng Sebagai Pembentuk Karakter Anak. BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 1(1), 21–29. https://doi.org/10.17977/um008v1i12017p021
Hamidah, J., Normuliati, S., & Istiqamah. (2019). Pelatihan Kemampuan Mendongeng Kepada Guru-Guru PAUD dan TK Makanatut Thalibin Desa Pulantan Kecamatan Aluh-Aluh. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 10–14.
Khasanah, & Sayekti, S. (2020). Gambaran Kematangan Karir Pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Al Mudarris, 3(2), 113–124. http://weekly.cnbnews.com/news/article.html?no=124000
Mariatun, & Estuhono. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Menggunakan Alat Permainan Kartu Kata Bergambar Di TK Bundo Sungai Duo. Dhar, 1(1), 32–39.
Masrizal. (2011). Mixed Method Research. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(1), 53–56.
Muyasiroh, R. S. N., & Haq, M. Z. (2018). Terapi Mendongeng untuk Perkembangan Bahasa Pada Anak Adzif dengan Speech delay di RA Fun Islamic School Purworejo. 1(2), 135–147.
Narut, Y. F., & Supradi, K. (2019). Literasi sains peserta didik dalam pembelajaran ipa di indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1), 61–69.
Puspitasari, N. A., Hidayatullah, S., & Jupri, A. R. (2019). Revitalizing Oral Literature Through Media Training and Time Storytelling for Parents and PAUD / Aisyiah Kindergarten Teachers in South Jakarta. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 2(2), 115. https://doi.org/10.29407/ja.v2i2.12541
Rosidah, C. T., & Rusminati, S. H. (2017). Mendongeng sebagai Media Menumbuhkan Karakter dan Nilai Budaya Bangsa pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pigur, 1(1), 40–50.
Rukiyah. (2018). Dongeng, Mendongeng, dan Manfaatnya. Jurnal Anuva, 2(1), 99. https://doi.org/10.14710/anuva.2.1.99-106
Sapuadi, & Nasir, M. (2020). Penanggulangan Miskonsepsi Menggunakan Pendekatan Konflik Kognitif. 3(1), 81–92.
Tuanakotta, M., & Indianti, W. (2018). Efektivitas Mendongeng Untuk Meningkatkan Pemahaman Respek Kepada Lingkungan Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Intervensi Psikologi (JIP), 10(2), 83–102. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol10.iss2.art2
Winarni, D. S. (2017). Analisis Kesulitan Guru Paud dalam Membelajarakan IPA pada Anak Usia Dini. Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 5(1), 12–22.Yani, Salehudin, M., Yatun, S., Komariah, D. L., Eka, N., & Aminda, R. (2020). Persepsi Guru Dalam Implementasi Holistik Integratif Pendidikan Anak Usia Dini Pada Kondisi New Normal. Jurnal Golden Age, 4(02), 394–406. https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2767.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 DE_Journal (Dharmas Education Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten