KREATIVITAS MEDIA MENDONGENG PADA MATA KULIAH BAHASA JAWA AUD DI MASA PANDEMI COVID-19

Penulis

  • Hery Setyowati Universitas Ivet
  • Khasanah Khasanah Universitas Ivet

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i1.239

Kata Kunci:

Dongeng, Media, Bahasa Jawa, Pandemi Covid-19

Abstrak

Menanamkan pendidikan karakter hendaknya dimulai sejak dini, terutama di masa anak membedakan hal-hal berdasarkan visualisasi dan apa saja di dengar (anak usia dini). Penanaman karakter dapat dilakukan salah satunya dengan cara mendongeng dengan mengutamakan budaya lokal seperti penggunaan bahasa daerah misalnya Bahasa Jawa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas mahasiswa Universitas Ivet dalam membuat media mendongeng pada mata kuliah Bahasa Jawa AUD di masa pandemic covid-19. Metode yang digunakan yakni mixed methods antara kuantitatif dan kualitatif. Sasaran penelitian ini terfokus membuat media mendongeng Bahasa Jawa untuk anak usia dini (AUD) pada mahasiswa PG-PAUD Universitas Ivet semester gasal 2020/2021 yang terdiri atas 30 mahasiswa. Hasil penelitian kreativitas media mendongeng yang digunakan mahasiswa dalam mendongeng bahasa jawa antara lain multimedia, boneka, gambar, buku, dan tanpa menggunakan media pendukung lain. Hal ini menunjukkan sebagai calon guru atau pendongeng harus memiliki kemampuan dalam mengemas dongeng dan mengoptimalkan kemampuan dalam menyusun dan memilih media dongeng yang tepat. Mendongeng juga memiliki fungsi atensi, afektif, kognitif, dan kompensatoris bagi anak. Media dongeng yang tepat dan disesuaikan dengan karakteristik daerah seperti Jawa dapat membantu anak memperkaya kosakata dan imajinasi sehingga perkembangan anak menjadi lebih optimal.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran (A. Rahman (ed.); ke-17). Raja Grafindo Perkasa.

Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37. https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50

Dewan, P. (2013). Reading matters in the academic library. Reference and User Services Quarterly, 52(4), 309–319. https://doi.org/10.5860/rusq.52n4.309

Erdiani. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Siswa Dengan Menggunakan Media Visual Pada Materi Menggambar Ilustrasi Di Kelas VIII SMP N 3 Batanghari. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 1(2), 89–95.

Fauziddin, M., & Mufarizuddin, M. (2018). Useful of Clap Hand Games for Optimalize Cogtivite Aspects in Early Childhood Education. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 162. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.76

Febrina, Y., & Muhid, A. (2020). Efektivitas Mendongeng dalamMeningkatkan Kreativitas Verbal Anak Usia Prasekolah. Jurnal PG-PAUD FKIP Universitas Sriwijaya, 7(2), 153–163.

Habsari, Z. (2017). Dongeng Sebagai Pembentuk Karakter Anak. BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 1(1), 21–29. https://doi.org/10.17977/um008v1i12017p021

Hamidah, J., Normuliati, S., & Istiqamah. (2019). Pelatihan Kemampuan Mendongeng Kepada Guru-Guru PAUD dan TK Makanatut Thalibin Desa Pulantan Kecamatan Aluh-Aluh. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 10–14.

Khasanah, & Sayekti, S. (2020). Gambaran Kematangan Karir Pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Al Mudarris, 3(2), 113–124. http://weekly.cnbnews.com/news/article.html?no=124000

Mariatun, & Estuhono. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Menggunakan Alat Permainan Kartu Kata Bergambar Di TK Bundo Sungai Duo. Dhar, 1(1), 32–39.

Masrizal. (2011). Mixed Method Research. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(1), 53–56.

Muyasiroh, R. S. N., & Haq, M. Z. (2018). Terapi Mendongeng untuk Perkembangan Bahasa Pada Anak Adzif dengan Speech delay di RA Fun Islamic School Purworejo. 1(2), 135–147.

Narut, Y. F., & Supradi, K. (2019). Literasi sains peserta didik dalam pembelajaran ipa di indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1), 61–69.

Puspitasari, N. A., Hidayatullah, S., & Jupri, A. R. (2019). Revitalizing Oral Literature Through Media Training and Time Storytelling for Parents and PAUD / Aisyiah Kindergarten Teachers in South Jakarta. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 2(2), 115. https://doi.org/10.29407/ja.v2i2.12541

Rosidah, C. T., & Rusminati, S. H. (2017). Mendongeng sebagai Media Menumbuhkan Karakter dan Nilai Budaya Bangsa pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pigur, 1(1), 40–50.

Rukiyah. (2018). Dongeng, Mendongeng, dan Manfaatnya. Jurnal Anuva, 2(1), 99. https://doi.org/10.14710/anuva.2.1.99-106

Sapuadi, & Nasir, M. (2020). Penanggulangan Miskonsepsi Menggunakan Pendekatan Konflik Kognitif. 3(1), 81–92.

Tuanakotta, M., & Indianti, W. (2018). Efektivitas Mendongeng Untuk Meningkatkan Pemahaman Respek Kepada Lingkungan Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Intervensi Psikologi (JIP), 10(2), 83–102. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol10.iss2.art2

Winarni, D. S. (2017). Analisis Kesulitan Guru Paud dalam Membelajarakan IPA pada Anak Usia Dini. Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 5(1), 12–22.Yani, Salehudin, M., Yatun, S., Komariah, D. L., Eka, N., & Aminda, R. (2020). Persepsi Guru Dalam Implementasi Holistik Integratif Pendidikan Anak Usia Dini Pada Kondisi New Normal. Jurnal Golden Age, 4(02), 394–406. https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2767.

Unduhan

Diterbitkan

2021-06-28

Cara Mengutip

Setyowati, H. ., & Khasanah, K. (2021). KREATIVITAS MEDIA MENDONGENG PADA MATA KULIAH BAHASA JAWA AUD DI MASA PANDEMI COVID-19. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 2(1), 91–97. https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i1.239

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.