PENERAPAN MEDIA MONOPOLI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA YANG KURANG MEMAHAMI DALAM MATERI DIAGRAM DI KELAS IV SD NEGRI 004 KEPENUHAN HULU
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i1.249Kata Kunci:
Media Monopoli, Pemahaman Siswa, Matematika.Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat peningkatan hasil belajar matematika khususnya melalui penggunaan media monopoli. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 004 Kepenuhan Hulu yang berjumlah 31 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui formulir observasi, tes tertulis dan dokumen. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa khususnya yang menggunakan media permainan monopoli meningkat dari 55,55% pada siklus I menjadi 88,89% pada siklus II sehingga memenuhi kriteria keberhasilan yang diharapkan. Penggunaan Media Monopoly Game dalam pembelajaran matematika dapat membantu siswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran dan melatih kolaborasi kelompok.
Unduhan
Referensi
Asra. (2008). Komputer dan Media Pembelajaran di SD. Dirjendikti.
Azizah, N., & Julianto. (2015). Penerapan Media Monopoli Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal PGSD, 1(2).
I, A. (2012). Panduan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru.
Prananda, G., Friska, S. Y., & Susilawati, W. O. (2021). Pengaruh Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Materi Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.25273/jems.v9i1.8421
Prananda, G., Saputra, R., & Ricky, Z. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Media Lagu Anak Dalam Pembelajaran Ipa Sekolah Dasar. Jurnal Ika, 8(2), 304–314.
S, H. (2019). Cerdas dengan Game Panduan Praktis Bagi Orangtua dalam Mendampingi Anak Bermain Game.
Sajaya, W. (2014). Penelitian Pendidikan Jenis, Metode, dan Prosedur. Kencana Pranada Media Group.
Sudiman, A. S., & dkk. (2010). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Raja Granfindo Persada.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana Pranada Media Group.
Winkel, W. S. (2009). Psikologi Pengajaran. Media Abadi.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 DE_Journal (Dharmas Education Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten