PENINGKATAN KARAKTER PESERTA DIDIK (RELIGIUS, JUJUR, DAN (DISIPLIN) MELALUI PENCAK SILAT
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v1i1.31Kata Kunci:
Karakter, Peserta Didik, Pencak SilatAbstrak
Penelitian ini merupakan penelitian action research dengan metode Kurt Lewin yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, aksi/tindakan, observasi dan refleksi. Metode ini dilakukan sebanyak tiga siklus. Sumber data penelitian diperoleh melalui angket, diisi oleh peserta didik kelas IV SD-IK Makkah Padang. Data hasil pengisian angket di analisis secara kuantitatif dalam bentuk persentase, kemudian dianalisis secara kualitatif untuk mengetahui peningkatan karakter. Penelitian melalui latihan pencak silat, peningkatan karakter religius, jujur dan disiplin dihasilkan sebesar 3,6% dari pra siklus ke siklus I,10,4% dari siklus I ke siklus II, 11,7% dari siklus II ke siklus III. Proses peningkatan karakter menyiapkan program latihan, memberikan bentuk gerakan-gerakan, melakukan evaluasi aktivitas guru pembina dan karakter peserta didik, serta melaksanakan latihan sebanyak tiga siklus. Faktor yang mempengaruhi perubahan karakter adanya penanaman nilai falsafat pencak silat, kesungguhan dan keinginan dari guru pembina untuk meningkatkan kualitas latihan, pengontrolan guru pembina terhadap peserta didik, dan keinginan peserta didik untuk mengevaluasi diri.
Unduhan
Referensi
Haryono, A. (2008). Peran Olahraga dalam Pembentukan Karakter. Procceding, 548–552.
Lubis, J. (2013). Pencak Silat. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Milson, A. (n.d.). Elementary School Teachers’ Senseof Efficacy for Character Education. ”. The Journal of Educational Research, VII(1), 47–53.
Riduwan. (2012). Pengantar Statistik Sosial. Bandung: Alfabeta.
Sudjana, N. (2001). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
Suharsimi, A. (2010). Prosedur Peelitian Suatu Penekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Wardani, K. (2010). Peran Guru dalam Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara, (November), 8–10.
Widiastuti, H. (n.d.). Peran Guru dalam Membentuk Siswa Berkarakter, 41–53.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 DE_Journal (Dharmas Education Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten