PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE “5E” TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TEMA I SUB TEMA I SISWA KELAS VI DI SDN 17 SITIUNG KABUPATEN DHARMASRAYA
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i2.360Kata Kunci:
Model Learning Cycle “5E”, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan AlamAbstrak
Riset ini berawal dari kurangnya hasil belajar siswa kelas VI SDN 17 Sitiung. Salah satu cara yang efektif untuk mengatasi masalah tersebut yaitu menggunakan model Learning Cycle “5E”. riset ini bertujuan buat mengenali pengaruh model Learning Cycle“ 5E” terhadap hasil belajar siswa. Riset ini menggunakan metode Pre Eksperimen Design dengan bentuk One Group Pretest Posttest. Populasi dalam riset ini yaitu siswa kelas VI dengan jumlah 20 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan teknik Non Probability Sampling yaitu dengan sampling jenuh (sensus). Teknik pengumpulan data dilakukan yaitu dengan memberikan pretest kemudian dilanjutkan pemberian treatment lalu posttest, teknik analisis data menggunakan SPSS 20. Hasil riset membuktikan ada pengaruh yang berarti pada model Learning Cycle “5E” terhadap hasil belajar siswa kelas VI SDN 17 Sitiung Kabupaten Dharmasraya, dengan taraf signifikansi 0,00<0,005 artinya H0 ditolak dan Ha diterima
Unduhan
Referensi
Aditya, I. K. D., Sumantri, M., & Astawan, I. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle (5E) Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Sikap Disiplin Belajar Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Gugus V Kecamatan Sukasada. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia. https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i1.20792
Anggy Ardiya Cahyani1*, Faninda Novika Pertiwi2, Arinta Windiyanti Rokmana3, I. A. M., & 1, 2, 3, 4. (2021). Jurnal Tadris IPA Indonesia. 1(2), 249–258.
I Pt Sugiantara1, Nym Kusmariyatni2, I. G. M. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Di Gugus VII. 3.
I Wy. Asthira P1, Nym. Kusmariyatni2, I Gd. Margunayasa3 1,2, 3. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle “ 5E ” Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V.
Kenedi, A. K. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Dengan Menerapkan Strategi Problem Based Learning (PBL) Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru SD. https://doi.org/10.31326/jipgsd.v1i1.285
Maryono, M. (2017). Peran Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.22437/gentala.v2i1.6819
Nur Jannah, I. (2020). Efektivitas Penggunaan Multimedia dalam Pembelajaran IPA di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24135
Patmanidar. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Model Kooperatif Tipe Think Pair And Share ( TPS ) Di Sekolah Dasar Patmanidar. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 2(1), 79–90.
Setiawan, I. W. P., Suartama, I. K., Arum, D., & Metra, W. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA.
Susanti, S., & Purmintasari, Y. D. (n.d.). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran SQ3R Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prgram Studi Pendidikan Sejarah Ikip Pgri Pontianak kepribadian. 97–104.
Utami, Z. (n.d.). Pengaruh Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN SENDANGADI 1.
Wicaksana, E. (2020). Efektifitas Pembelajaran Menggunakan Moodle Terhadap Motivasi Dan Minat Bakat Peserta Didik Di Tengah Pandemi Covid -19. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1937
Zakiyatun, C., & Ashari, R. (2017). Ar-Razi Jurnal Ilmiah Pengaruh Media Peta Konsep Dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together ( NHT ) Terhadap Hasil Belajar Dan Daya Ingat Siswa Pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI Mipa SMA Negeri 7 Pontianak. 5(2).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 DE_Journal (Dharmas Education Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten