PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE “5E” TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TEMA I SUB TEMA I SISWA KELAS VI DI SDN 17 SITIUNG KABUPATEN DHARMASRAYA

Penulis

  • Ovi Andini Universitas Dharmas Indonesia
  • Riyadi Saputra Universitas Dharmas Indonesia
  • Suci Rahma Putri Universitas Dharmas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i2.360

Kata Kunci:

Model Learning Cycle “5E”, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam

Abstrak

Riset ini berawal dari kurangnya hasil belajar siswa kelas VI SDN 17 Sitiung. Salah satu cara yang efektif untuk mengatasi masalah tersebut yaitu menggunakan model Learning Cycle “5E”. riset ini bertujuan buat mengenali pengaruh model Learning Cycle“ 5E” terhadap hasil belajar siswa. Riset ini menggunakan metode  Pre Eksperimen Design dengan bentuk One Group Pretest Posttest. Populasi dalam riset ini yaitu siswa kelas VI dengan jumlah 20 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan teknik Non Probability Sampling yaitu dengan sampling jenuh (sensus). Teknik pengumpulan data dilakukan  yaitu dengan memberikan pretest kemudian dilanjutkan pemberian treatment lalu posttest, teknik analisis data menggunakan SPSS 20. Hasil riset membuktikan ada pengaruh yang berarti pada model Learning Cycle “5E” terhadap hasil belajar siswa kelas VI SDN 17 Sitiung Kabupaten Dharmasraya, dengan taraf signifikansi 0,00<0,005 artinya H0 ditolak dan Ha diterima

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aditya, I. K. D., Sumantri, M., & Astawan, I. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle (5E) Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Sikap Disiplin Belajar Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Gugus V Kecamatan Sukasada. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia. https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i1.20792

Anggy Ardiya Cahyani1*, Faninda Novika Pertiwi2, Arinta Windiyanti Rokmana3, I. A. M., & 1, 2, 3, 4. (2021). Jurnal Tadris IPA Indonesia. 1(2), 249–258.

I Pt Sugiantara1, Nym Kusmariyatni2, I. G. M. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Di Gugus VII. 3.

I Wy. Asthira P1, Nym. Kusmariyatni2, I Gd. Margunayasa3 1,2, 3. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle “ 5E ” Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V.

Kenedi, A. K. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Dengan Menerapkan Strategi Problem Based Learning (PBL) Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru SD. https://doi.org/10.31326/jipgsd.v1i1.285

Maryono, M. (2017). Peran Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.22437/gentala.v2i1.6819

Nur Jannah, I. (2020). Efektivitas Penggunaan Multimedia dalam Pembelajaran IPA di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24135

Patmanidar. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Model Kooperatif Tipe Think Pair And Share ( TPS ) Di Sekolah Dasar Patmanidar. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 2(1), 79–90.

Setiawan, I. W. P., Suartama, I. K., Arum, D., & Metra, W. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA.

Susanti, S., & Purmintasari, Y. D. (n.d.). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran SQ3R Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prgram Studi Pendidikan Sejarah Ikip Pgri Pontianak kepribadian. 97–104.

Utami, Z. (n.d.). Pengaruh Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN SENDANGADI 1.

Wicaksana, E. (2020). Efektifitas Pembelajaran Menggunakan Moodle Terhadap Motivasi Dan Minat Bakat Peserta Didik Di Tengah Pandemi Covid -19. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1937

Zakiyatun, C., & Ashari, R. (2017). Ar-Razi Jurnal Ilmiah Pengaruh Media Peta Konsep Dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together ( NHT ) Terhadap Hasil Belajar Dan Daya Ingat Siswa Pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI Mipa SMA Negeri 7 Pontianak. 5(2).

Diterbitkan

2021-10-23

Cara Mengutip

Andini, O. . ., Saputra, R. ., & Putri, S. R. . (2021). PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE “5E” TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TEMA I SUB TEMA I SISWA KELAS VI DI SDN 17 SITIUNG KABUPATEN DHARMASRAYA. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 2(2), 295–300. https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i2.360

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.