PENERAPAN MEDIA SLIDE UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS V
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i2.453Kata Kunci:
Learning Activities, Learning Outcomes, Slide MediaAbstrak
Telah dilaksanakan penelitian tindakan kelas di SDN 105/X Rantau Makmur dengan tujuan meningkatkan hasil belajar siswa belajar PPKn melalui penggunaan media Slide. Pendidikan sepanjang ini berlangsung secara konvensional, perihal ini menyebabkan hasil pendidikan belum optimal cocok dengan harapan. Riset aksi kelas ini dilaksanakan sepanjang 2 siklus dengan tiap siklus 2 kali pertemuan. Tiap kali pertemuan proses pendidikan dengan memakai media Slide Selaku instrumen pengumpulan informasi merupakan lembar kerja siswa, Lembar Soal ulangan setiap hari serta lembar observasi yang diisi oleh observer, dengan langkah- langkah perencanaan aksi, penerapan aksi, observasi, penilaian serta refleksi buat tiap siklus. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada semua indikator dari siklus pertama ke siklus kedua. Perubahan ini menunjukkan peningkatan aktivitas belajar siswa. Masing-masing kelompok menunjukkan nilainya meningkat dan rata-rata nilai individu juga mengalami peningkatan. Penggunaan media slide memberikan dampak positif terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa.
Unduhan
Referensi
Andari, D. A., & Murni, A. W. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Smart Card Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi PerkalianIn Journal of Indonesian Education.
Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP.
Bawole, S. (2020). Tanggung Jawab Guru Sekolah Minggu Dalam Kehidupan Spiritual Anak. Tumou Tou. https://doi.org/10.51667/tt.v7i2.459
Dianti, P. (2016). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Mengembangkan Karakter Siswa. JURNAL PENDIDIKAN ILMU SOSIAL. https://doi.org/10.17509/jpis.v23i1.2062
Faruq, I. A. F., & Afiah, A. R. (2018). Instrumen Penilaian Berbagai Kompetensi Atau Indikator Dalam Pencapaian Hasil Belajar SD / MI. Pendidikan Dasar.
Fitriani, F., Karsadi, K., & Hamuni, H. (2020). IMPLEMENTASI KOMPONEN KETERAMPILAN MENGADAKAN VARIASI PADA PEMBELAJARAN PPKn DI KELAS VIII MTs AL-MUSTAQIM MABODO. SELAMI IPS. https://doi.org/10.36709/selami.v12i1.10839
Hermawan, B., Endang, L., & Apriana, M. (2020). Peran Media PPT untuk Peningkatan Minat Belajar dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Mandarin. Jurnal Penelitian Pendidikan. https://doi.org/10.17509/jpp.v20i2.26887
Iskandar, R. (2017). Menigkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Melalui Metode Role Playing di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Jufrida, J., Basuki, F. R., Pangestu, M. D., & Djati Prasetya, N. A. (2019). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Ipa Dan Literasi Sains Di SMP Negeri 1 Muaro Jambi. EduFisika. https://doi.org/10.22437/edufisika.v4i02.6188
Magdalena, I., Ishaq, A. R., Maemunah, S., & Wijaya, R. R. (2020). Kreativitas Guru Dalam Penggunaan Metode Pembelajaran PPKN di Kelas V SD Negeri Bojong 04 Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah.
Mardayanti, M. (2019). Metode Creative Problem Solving (CPS) dengan Media Berbasis Information Communication Technology (ICT) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains. https://doi.org/10.21154/ibriez.v4i2.82
Nabillah, T., & Abadi, P. A. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Sesiomadika.
Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta, Prestasi Pustaka.
Widodo, G. S., & Rofiqoh, K. S. (2020). Pengembangan Guru Profesional Menghadapi Generasi Alpha. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 DE_Journal (Dharmas Education Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten