PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA SD MELALUI MEDIA GAMBAR
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i1.565Kata Kunci:
Media gambar, Hasil belajar, Pembelajaran IPAAbstrak
Ketidakberhasilan dalam sistem pembelajaran adalah tidak adanya pemanfaatan media pembelajaran, baik yang dapat diakses di sekolah maupun yang direncanakan oleh instruktur. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA melalui media gambar. Jenis penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bermaksud guna mendefinisikan penggunaan media gambar dalam menambah hasil belajar murid pada mata pelajaran IPA. Maksud dari penyusunan jurnal ini yaitu guna mengkaji kembali bahwa dengan memakai media gambar mampu mengembangkan hasil belajar para murid pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Teknik pengumpulan data dilaksanakan lewat observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa hasil belajar murid terjadi kemajuan. Dari hasil analisis, dengan memakai media gambar bisa menambah hasil belajar murid SD dalam pembelajaran IPA, yang pada mulanya nilai ketuntasan 3% menjadi 96%, dengan rata-rata 43% menjadi 83%.
Unduhan
Referensi
Amir, A., Matematika, D. P., & Padangsidimpuan, I. (2016). PENGGUNAAN MEDIA GAMBARDALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. JURNAL EKSAKTA.
Andrianto Pangondian, R., Insap Santosa, P., & Nugroho, E. (2019). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. SAINTEKS 2019.
Arsani, S., Hadi, N., & Purwasih, J. H. (2021). Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Daring Anak Berkebutuhan Khusus pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Inklusi SDN Mojorejo I Kota Batu. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i2.1135
Asa, J. M. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Proses Pembelajaran Matematika di SMP Negeri Nunufafi TA. 2019/2020. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika.
Irawan, B., Mujiyanto, & Ngadat. (2020). PERANAN MEDIA VISUAL GAMBAR DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI GEMBONGAN 04 KECAMATAN PONGGOK KABUPATEN BLITAR JAWA TIMUR. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama. https://doi.org/10.53565/pssa.v4i2.102
LUBIS, M. (2020). PERAN GURU PADA ERA PENDIDIKAN 4.0. EDUKA : Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis. https://doi.org/10.32493/eduka.v4i2.4264
OMA, O. (2021). PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG PENGARUH GAYA DALAM MENGUBAH GERAK SUATU BENDA. Jurnal Pedagogiana. https://doi.org/10.47601/ajp.33
Patmanidar. (2021). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE ( TPS ) DI SEKOLAH DASAR. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 2(1), 79–90.
Sukron, M., & Ricky, Z. (2020). PENINGKATAN KARAKTER PESERTA DIDIK (RELIGIUS, JUJUR, DAN (DISIPLIN) MELALUI PENCAK SILAT. DE_JOURNAL, 1(1), 1–9. https://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal/article/view/31
Suparman, T., Prawiyogi, A. G., & Susanti, R. E. (2020). PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.332
Syahrudin, D. (2016). Peranan Media Gambar Dalam Pembelajaran Menulis. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru. https://doi.org/10.17509/eh.v2i1.2746
Ujang Erianto. (2017). UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 DE_Journal (Dharmas Education Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten