PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i2.566Kata Kunci:
Media Permainan Ular Tangga, Hasil Belajar SiswaAbstrak
Jenis penelitian ini memakai metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan dalam mendiskripsikan penggunaan media ular tangga dalam menambah hasil belajar murid pada mata pelajaran IPS kelas V SD, penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Jumlah subjek sebanyak 19 orang, terdiri dari 9 laki-laki dan 10 perempuan. Metode yang dipakai menjadi metode utama adalah observasi dan tes. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa lewat media permainan ular tangga terjadi peningkatan hasil belajar siswa IPS. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS meningkat memalui pemanfaatan media permainan ular tangga. Nilai rata-rata hasil belajar murid pada pertemuan petama yaitu 53% sedangkan pertemuan kedua menjadi 81,14%. Persentase penjumlahan dari kedua pertemuan sebesar 28,14%. Dari hasil penelitian itu bisa ditarik simpulan bahwa ada kemajuan aktivitas murid dan pendidik serta hasil belajar murid sesudah diberlakukannya media permainan ular tangga pada mata pelajaran IPS.
Unduhan
Referensi
Demonika, S. D., Mustadi, A., & Rezkillah, I. I. (2020). Implementasi Tematik Integratif Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i6.13630
Firliani, Ibad, N., H, N. D., & Nurhikmayati, I. (2019). Teori Throndike Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan.
Fransisca, R., Wulan, S., & Supena, A. (2020). Meningkatkan Percaya Diri Anak dengan Permainan Ular Tangga Edukasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.405
Hasiru, D., Badu, S. Q., & Uno, H. B. (2021). Media-Media Pembelajaran Efektif dalam Membantu Pembelajaran Matematika Jarak Jauh. Jambura Journal of Mathematics Education. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i2.10587
Havizul, H. (2020). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN MODEL DDD-E. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial. https://doi.org/10.31571/sosial.v6i2.1202
Lumbantoruan, W. (2021). Peran Pendidik Kristen terhadap Dampak New Morality dari Era Digital. SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen. https://doi.org/10.52220/sikip.v2i1.78
Novita, L., Sundari, F. S., & Rabani, K. R. (2020). Penerapan Media Game Ular Tangga Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD). https://doi.org/10.22219/jp2sd.v8i2.12329
Nugroho, P. (2017). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN IPS TERPADU BERBASIS LINGKUNGAN. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. https://doi.org/10.17977/jip.v22i2.8732
Sabrina, R., Fauzi., F., & Yamin., M. Y. M. (2017). FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI GAROT GEUCEU ACEH BESAR. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Saharuddin, M. (2020). Strategi Pembelajaran IPS : Konsep dan Aplikasi. In Pendidikan.
Setyosari, P. (2017). MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF DAN BERKUALITAS. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran. https://doi.org/10.17977/um031v1i12014p020
Sukron, M., & Ricky, Z. (2020). PENINGKATAN KARAKTER PESERTA DIDIK (RELIGIUS, JUJUR, DAN (DISIPLIN) MELALUI PENCAK SILAT. DE_JOURNAL, 1(1), 1–9. https://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal/article/view/31
Supriatna, N. (2010). Pendidikan IPS SD. Universitas Pendidikan Indonesia Press.
Swalaganata, G. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Game Aritmatika (GAMETIKA) Menggunakan Adobe Flash CS6. Jurnal Tadris Matematika. https://doi.org/10.21274/jtm.2018.1.1.65-76
Tarsini, T., & Ningsih, T. (2021). INTEGRASI PEMBELAJARAN IPS DAN IPA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH PEMBINA PENGAMALAN AGAMA (MI P2A) MERI KUTASARI PURBALINGGA. Jurnal Ilmiah Mandala Education. https://doi.org/10.36312/jime.v7i3.2274
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 DE_Journal (Dharmas Education Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten