Penerapan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Pada Kelas VII
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i1.618Kata Kunci:
Media, Audio Visual, Menulis PuisiAbstrak
Permasalahan dalam penelitian ini ada yaitu, Bagaimanakah Penerapan media audio visual dalam pembelajaran menulis puisi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan media audio visual dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Muara Bungo. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu tahap siklus I dan tahap siklus II. Subjek penelitian ini adalah Kemampuan Menulis Puisi menggunakan teknik objek langsung. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik tes berupa hasil Kemampuan Menulis Puisi dan teknik nontes berupa data perilaku siswa dari hasil observasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif. Teknik tersebut dianalisis dengan membandingkan hasil tes dan nontes siklus I dan siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan Kemampuan Menulis Puisi menggunakan media audio visual. Nilai rata-rata pada siklus I sebesar 72,79. Nilai rata-rata siswa pada siklus II sebesar 76,89. Sedangkan persentase ketuntasan siklus I sebesar 68,97% dan siklus II sebesar 79,31 ini artinya penelitian ini tidak dilanjutkan ke siklus selanjutnya karena sudah mencapai ketuntasan sebesar 75%. Perubahan tingkah laku siswa juga menjadi lebih baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyarankan agar guru menggunakan berbagai macam media untuk kemajuan pembelajaran nantinya.
Unduhan
Referensi
Agnesta, D. L., Riyadi, A. R., & Heryanto, D. (2018). Penerapan Metode Sas Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 30–37. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v3i2.14066
Aminuddin. (n.d.). Pengantar Apresiasi Puisi Karya Sastra. In 2009. Sinar Baru Algensindo.
Arikunto, S. (2013). Prosedure Penelitian. Rineka Cipta.
Azizah, A. R. (2020). PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DAN BAHASA GAUL DI KALANGAN REMAJA. Jurnal Skripta. https://doi.org/10.31316/skripta.v5i2.424
Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK). https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1432
Revita, F., Dewa, M., Anjani, L., & Fatoni, M. (2020). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP AL-IRSYAD SURAKARTA. Buletin Literasi Budaya Sekolah. https://doi.org/10.23917/blbs.v2i1.11610
Sugiyanto, R., Utami, A., & Abeng, A. T. (2018). PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDIO UNTUK GURU SEKOLAH DASAR KOTA PALANGKA RAYA. AMALIAH: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT. https://doi.org/10.32696/ajpkm.v2i2.202
Supriatini, S. (2017). PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 13 PALEMBANG. Jurnal Bindo Sastra. https://doi.org/10.32502/jbs.v1i1.667
Susilo, S. V. (2020). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas. https://doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2100
Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. In Menulis sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.
Taseman, T. (2020). Pemanfaatan Media Visual Pada Pembelajaran IPS Di MI Darul Mutaallimin Sidoarjo. Bada’a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.37216/badaa.v2i1.291
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 DE_Journal (Dharmas Education Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten