PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA NADA & IRAMA (ARGA DAI) SEBAGAI PENGENALAN MUSIK NUSANTARA UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i1.625Kata Kunci:
Lagu Nusantara, Media Ular Tangga, SBdPAbstrak
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengembangkan Media Ular Tangga Nada & Irama (Arga Dai) sebagai pengenalan musik nusantara untuk kelas IV Sekolah Dasar, menguji kelayakan dan keefektifan media. Teknik purposive sampling digunakan untuk menentukan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Pengujian yang dilakukan untuk menilai media meliputi uji kelayakan dan uji keefektifan media. Data dianalisis meliputi analisis data awal berupa Uji normalitas data (Chi Kuadrat) dan analisis data akhir berupa Uji t serta Uji N-gain. Simpulan dalam penelitian yaitu produk divalidasi oleh ahli materi dan memperoleh skor persentase sebesar 93,75% dan oleh ahli media memperoleh skor persentase sebesar 90,62% termasuk dalam kriteria sangat layak. Angket tanggapan guru dan siswa pada media masing-masing sebesar skor persentase 95% dan 89,32%, atau termasuk dalam kriteria sangat layak. Keefektifan media diperoleh dengan menganalisis perbandingan perolehan tes awal dan tes akhir melalui uji-t berpasangan. Pengujian memperoleh nilai t_hitung = 14,68 >t_tabel = 2,079 maka H0 ditolak atau Ha diterima. Dalam bentuk kalimat dinyatakan media Ular Tangga Nada & Irama teruji efektif dan layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar SBdP, khususnya pada materi lagu nusantara. Saran dalam penelitian ini adalah guru diharapkan mampu mengembangankan media serupa sebagai bentuk inovasi pengembangan media pembelajaran.
Unduhan
Referensi
Afandi, R. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dan Hasil Belajar IPS Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran 1(1): 77-89.
Atmoko, S., W. 2017. Pengembangan Media Utama (Ular Tangga Matematika) dalam Pemecahan Masalah MatematikaMateri Luas Keliling Bangun Datar Kelas III SD/MI. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI 4(1): 119- 128.
Cahyo, A., N. 2011. Gudang Permainan Kreatif Khusus Asah Otak Kiri Anak. Yogyakarta: FlashBooks.
Fatria, F. 2018. Sosialisasi Lagu Nusantara Sebagai Upaya Menumbuhkan Karakter Cinta Tanah Air. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian 2018, 85-93.
Indriasih, A. 2015. Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif Ular Tangga Dalam Penerapan Pembelajaran Tematik Di Kelas III SD. Jurnal Pendidikan 16(2): 127-137. https://doi.org/10.33830/jp.v16i2.343.2015
Kustandi, C. & Sutjipto, B. 2017. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia
Marlina, U. dkk. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperati Tipe Ioc (Inside Outside Circle) Terhadap Hasil Belajar Lagu Nusantara Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Lubuk Pakam. Seminar Nasional Royal 2018, 557-560.
Listriana, D., dkk. 2016. Pengembangan Panduan Praktikum Fisika Berbasis Research Based Learning untuk Mengoptimalkan Domain Kognitif dan Psikomotorik Siswa di SMA Negeri 5 Purworejo. Jurnal Radiasi. Volume 9 No.2.
Pramudita, M. 2016. Pembelajaran Lagu Daerah Dalam Menanamkan Apresiasi Siswa Kelas V Di SD 3 Blimbing Kidul Kabupaten Kudus. Joyful 6(1).
Prastowo, A. 2017. Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu Implementasi Kurikulum 2013 Untuk SD/MI. Jakarta: Kencana
Pratiwi, Y., I. & Nusarastriya, H. 2017. The Development Of ‘Snake And Ladder’ Learning Media To Enrich Indonesian Vocabulary In Thematic Instructionfor Fourth Grade Students. International Journal of Elementary Education 1 (2): 161-167
Prestisa, G. 2013. Bentuk Pertunjukan Dan Nilai Estetis Kesenian Terbang Kencer Pada Grup Baitussolikhin Di Desa Bumijawa Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal. Joyful 4(1).
Santoso, I., B. 2018. Pengembangan Media Laktona Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas III SD. Joyful 7(1): 55-62.
Setiawan. 2014. Rancang Bangun Game Edukasi Berbasis Android Tebak Lagu Nusantara: Senara. Jurnal Informatika Mulawarman 9(2): 24-30.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 DE_Journal (Dharmas Education Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten