KECERDASAN LOGIS MATEMATIS TERHADAP DISPOSISI MATEMATIS SISWA
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i2.663Kata Kunci:
Kecerdasan Logis Matematis, Disposisi Matematis, Matematika.Abstrak
Riset dilandasi hasil pengamatan dan wawancara di sekolah terlihat kemampuan disposisi matematis siswa kurang maksimal, hal ini diduga karena pengaruh kecerdasan logis matematis siswa. Riset ini menggunakan metode korelasional kuantitatif. Riset ini bertujuan menganalisis pengaruh kecerdasan logis matematis terhadap disposisi matematis siswa di kelas VIII SMP Negeri 2 Bukik Barisan Tahun Pelajaran 2021/2022. Populasi yang diambil sebanyak 99 siswa yang merupakan seluruh siswa kelas VIII. Sampel riset sebanyak 30 orang siswa yang diambil acak. Instrumen memakai tes untuk mengukur kecerdasan logis matematis dan angket dalam pengukuran disposisi matematis. Data dianalisis dengan regresi linier sederhana. Hasil riset diperoleh , sehingga diterima yaitu kecerdasan logis matematis mempengaruhi disposisi matematis siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Bukik Barisan Tahun Pelajaran 2021/2022 secara signifikan. Arah korelasi positif, artinya semakin tinggi kecerdasan logis matematis siswa maka disposisinya juga semakin tinggi, sebaliknya apabila kecerdasan logis matematis siswa rendah maka disposisinya juga akan menurun.
Unduhan
Referensi
Afandi, D. (2020). Hubungan Antara Minat Anak Mengikuti Pembelajaran Berbasis Lingkungan Alam dengan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 3(2), 13–22. https://doi.org/10.15575/japra.v3i2.9561
Afandi, M. (2014). Pendidikan Islam Dan Multiple Intelligences. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 13(May), hal 136. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/53351285/1044-2302-1-SM-with-cover-page-v2.pdf?Expires=1645685922&Signature=FZEAT5Jo6K0-KgvujOsb6Jss0XKqdctDTI~zA1oXTbP7B0EqSw~Yxw-yty2k5iFjEYnf1cukwPgVzH83QqNPMD8tl-ijIQmVso1vrWhDLng~~QcyUT084h~zzrmxOL6x6LCFZuITSre3s
Agustinalia, I. (2018). Mengenal Kecerdasan Manusia. CV Graha Printama Selaras.
Alpian, Y., & Anggraeni, W. (2019). PENTINGNYA PENDIDIKAN BAGI MANUSIA. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 1–9. https://doi.org/.1037//0033-2909.I26.1.78
Hendriana, Heris ; Rohaeti, E. ; S. U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. PT Refika Aditama.
Imamuddin, M., & Isnaniah, I. (2018). Profil Kemampuan Spasial Mahasiswa Camper Dalam Merekonstruksi Irisan Prisma Ditinjau Dari Perbedaan Gender. MaPan, 6(1), 31–39. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n1a4
Khiyarusoleh, U. (2018). Kecerdasan Logika-Matematika Di Lihat Dari Kecerdasan Majemuk Siswa Sma Di Brebes Selatan. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 240–246. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i1.270
Maemanah, A., & Winarso, W. (2019). Pengaruh Kecerdasan Logika Matematika Terhadap Disposisi Matematis Siswa. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 4(1), 48–57. https://doi.org/10.15642/jrpm.2019.4.1.48-57
Masykur, M., & Fathani, A. H. (2017). Mathematical Inteligence. Ar-Ruzz Media.
Milsan, A. L., & Wewe, M. (2019). Hubungan Antara Kecerdasan Logis Matematis Dengan Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Technology, 2(2), 65. https://doi.org/10.23887/jet.v2i2.16183
Mukhlisin, I. (2021). Tinjauan Resiliensi Belajar Matematika dan Disposisi Matematis Pada Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. 202.0.92.5, 1(22), 1–10. http://202.0.92.5/tarbiyah/Polynom/article/view/4334
Putra, C. A. (2017). Aktivasi Kecerdasan Logik Matematik. Media Akademi.
Rahmat, T. (2020). The Level of Mathematical Logic Intelligence towards the Solving of Mathematical Problem Solving. Journal of Physics: Conference Series, 1471(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1471/1/012054
Rahmawati, L., & Ibrahim, I. (2021). Kecerdasan Logis Matematis dan Linguistik sebagai Prediktor Hasil Belajar Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 245–256. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.906
Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran (P. Media (ed.)).
Siregar, S. (2014). Statistik parametrik untuk penelitian kuantitatif (F. Hutari (ed.)). Bumi aksara.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Yeni, F., Zelhendri, Z., & Darmansyah. (2018). Penilitian Pendidikan. prenadamedia grup.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 DE_Journal (Dharmas Education Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten