MENGEMBANGKAN KESADARAN DIRI PADA SISWA UNTUK MENCEGAH TINDAK PERUNDUNGAN DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.901Kata Kunci:
kesadaran diri, pencegahan, bullying, sekolah dasarAbstrak
Tindak perundungan masih menjadi masalah yang sering terjadi di sekolah dasar. Untuk mencegah terjadinya tindak perundungan, diperlukan upaya yang holistik, salah satunya adalah dengan mengembangkan kesadaran diri pada siswa. Artikel ini bertujuan untuk membahas pentingnya mengembangkan kesadaran diri pada siswa untuk mencegah terjadinya tindak perundungan di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan studi literatur yang dilakukan dengan mencari jurnal dan artikel terkait dengan pengembangan kesadaran diri pada siswa dan mencegah tindak perundungan di sekolah dasar. Data yang dikumpulkan dari studi literatur digunakan untuk memberikan gambaran tentang konsep dan teori yang terkait dengan pembahasan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa kesadaran diri dapat meningkatkan empati siswa terhadap orang lain, membantu siswa untuk lebih memahami perasaan dan kebutuhan orang lain. Dalam hal ini, siswa akan lebih peka terhadap lingkungan sekitarnya dan menjadi lebih berempati terhadap teman sekelasnya. Dengan demikian, siswa akan lebih mampu menghindari perilaku perundungan dan mampu membantu teman yang mengalami permasalahan.
Unduhan
Referensi
Diana, I. R., & Hartini, N. (2018). Hubungan Antara Optimisme Dengan Daya Juang Pada Remaja Yatim dan atau Piatu. Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental Tahun, Vol. 7, 84–96.
Geshica, L., & Duana, D. A. (2019). Sosialisasi Buddy Program Untuk Mencegah Perundungan di Sekolah. Universitas Gadjah Mada, 05.
Hermawati, N. S., & Sugito, S. (2021). Peran Orang Tua dalam Menyediakan Home Literacy Environment (HLE) pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1367–1381. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1706
Jaelani, A. Q., & Ilham, L. (2019). Strategi Meningkatkan Kecerdasan Emosional dan Spiritual Siswa. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 13(1), 97–106. https://doi.org/10.24090/komunika.v13i1.2056
Maritim, E. (2023). Pencegahan dan upaya mengatasi tindak perundungan di sekolah dasar. 17(1), 205–211. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i1.16094
Mediastuti, R., & Nurhadianti, R. D. D. (2022). 1497-Article Text-2428-1-10-20211028. 6(2), 31–39.
Meilani, L., Bastulbar, B., & Pratiwi, W. D. (2021). Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Aspek Kognitif, Afektif, dan Psikomotor Bagi Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(3), 282–287. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i3.31476
Miftah, F. E., Akbar, S. N., & Nurrachmah, D. (2019). Hubungan antara Dukungan Sosial Orang Tua dengan Kesadaran Diri pada Siswa Smpn 8 Banjarmasin 8 Banjarmasin. Jurnal Kognisia, 2, 61–65. http://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/kog/article/view/1609
Mu’arifah, A., & Mashar, R. (2022). Keterampilan Pengasuhan Orang Tua terhadap Anak Usia Dini selama Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4229–4238. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2226
Muzari’ah, I. (2022). TA”LIM: Jurnal Multidisiplin Ilmu Volume 1 Nomor 1 Edisi Juni 2022. 1, 1–10.
Rahmawati, S., & Christiana, E. (2020). Studi Kasus Kesadaran Peserta Didik Sd Negeri Pelang Lor 1 Tentang Adanya Tindak Perundungan Verbal. Jurnal BK UNESA, 11(3), 260–273.
Sari, H. N., Pebriyani, P., Nurfarida, S., Suryanto, M. F., Suri, P. A. A., & Nugraha, R. G. (2022). Perilaku bullying yang menyimpang dari nilai pancasila pada siswa sekolah. Jurnal kewarganegaraan, 6(1), 2095–2102. file:///C:/Users/ACER/Downloads/baimppkn,+240.+PERILAKU+BULLYING+YANG+MENYIMPANG+DARI+NILAI+PANCASILA+PADA+SISWA+SEKOLAH.pdf
Widhiati, R. S. A., Malihah, E., & Sardin, S. (2022). Dukungan Sosial dan Strategi Menghadapi Stigma Negatif Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Pendidikan. Jurnal Paedagogy, 9(4), 846. https://doi.org/10.33394/jp.v9i4.5612
Lavenda Geshica & Dera Andhika Duana (2019) .Sosialisasi Buddy Program untuk mencegah perundungan di sekolah: journal Univeritas gadjah mada fakultas psikologis Policy Brief No. 05/PB/R02/CICP/2019
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten