MEDIA PEMBELAJARAN GLOBE DAN PETA PADA MATERI KENAMPAKAN ALAM (IPS) PADA SISWA KELAS IV MI MA’ARIF NU BATUANTEN

Penulis

  • Nur Hikmah UIN SAIZU PURWOKERTO
  • Tutuk Ningsih UIN SAIZU PURWOKERTO

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.907

Kata Kunci:

Media Pembelajaran, Globe dan Peta, Kenampakan Alam, IPS, kelas IV, MI Ma'arif NU Batuanten.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis globe dan peta untuk materi kenampakan alam (IPS) pada siswa kelas IV MI Ma'arif NU Batuanten. Media pembelajaran ini dirancang dengan menggunakan pendekatan berbasis keterlibatan dan integrasi teknologi terkini seperti augmented reality (AR) atau virtual reality (VR) untuk meningkatkan pengalaman belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis globe dan peta ini efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang kenampakan alam serta memotivasi mereka untuk belajar dengan lebih aktif. Keikutsertaan guru dan siswa dalam proses evaluasi juga menunjukkan adanya kesadaran tentang pentingnya evaluasi dalam proses pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam kesimpulannya, penelitian ini menunjukkan manfaat penggunaan media pembelajaran berbasis globe dan peta dalam pembelajaran kenampakan alam. Hasil penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih luas tentang pengembangan media pembelajaran yang inovatif dan efektif untuk materi IPS pada siswa kelas IV. Implikasi penelitian ini adalah pentingnya penggunaan media pembelajaran yang kreatif dan integrasi dengan metode pembelajaran lainnya untuk menciptakan pengalaman pembelajaran yang holistik dan terintegrasi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aini, A. H. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 12 RAMBUTAN. Jurnal Guru Kita PGSD, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.24114/jgk.v6i3.35961

Anis, A., & Purwanto, K. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VI SDN 08 SITIUNG. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 1(2), 209–219. https://doi.org/10.56667/dejournal.v1i2.96

Babay, E. (2019). Pengembangan Media Gambar Realita dalam Pembelajaran IPS Pokok Materi Kenampakan Alam dan Buatan ( R & D di Kelas III SD Negeri Bojoneg [Diploma, UIN SMH BANTEN]. http://repository.uinbanten.ac.id/4218/

Fitriyani, Y., Supriatna, N., & Sari, M. Z. (2021). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Kreatif pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1), 97–109. https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3462

Gebi, S. (2021). PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 2(2), 357–363. https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i2.566

Hamidah, N., Haryani, S., & Wardani, S. (2018). Efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2), Article 2. https://doi.org/10.15294/jipk.v12i2.7460

Isnaeni, Y., & Ningsih, T. (2021). Pembentukan Karakter Peduli Sosial Melaui Pembelajaran IPS. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(3), Article 3. https://doi.org/10.58258/jisip.v5i3.2255

Kurniati, N., Tampubolon, B., & Christanto, L. H. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SIG DENGAN APLIKASI QGIS PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 9(1), Article 1. https://doi.org/10.26418/jppk.v9i1.38401

Marinda, L. (2020). TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEAN PIAGET DAN PROBLEMATIKANYA PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR. An-Nisa’: Journal of Gender Studies, 13(1), Article 1. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26

Mazida, L. (2023). THE USE OF CONJUNCTIONS IN STUDENTS’ WRITTEN NARRATIVE TEXTS: A CASE OF THE NINTH GRADE STUDENTS OF SMP PGRI 01 SEMARANG. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 1–6. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.888

Monika, K. A. L., Suastika, I. N., & Sanjaya, D. B. (2023). PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS KEARIFAN LOKAL TRI HITA KARANA MENINGKATKAN SIKAP GOTONG ROYONG. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 7–15. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.890

Pranandari, E. (2022). ANALISIS PEMBELAJARAN IPS DARING PADA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 3(1), 39–44. https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i1.611

Pribadi, D. B. A. (2017). Media & Teknologi Dalam Pembelajaran. Prenada Media.

Puspitasari, P. (2023). MENGEMBANGKAN KESADARAN DIRI PADA SISWA UNTUK MENCEGAH TINDAK PERUNDUNGAN DI SEKOLAH DASAR. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 16–22. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.901

Ratri, S. Y. (2022). DIGITAL STORYTELLING PADA PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pena Karakter, 4(2), Article 2. https://e-journal.hikmahuniversity.ac.id/index.php/jpk/article/view/2

Rijal, S., Barkey, R. A., Nursaputra, M., A.S, C., & Saparigau, I. A. G. (2019). KARTOGRAFI KEHUTANAN. Fakultas Kehutanan, Universitas Hasanuddin.

Ruwaida, H. (2019). Proses Kognitif dalam Taksonomi Bloom Revisi: Analisis Kemampuan Mencipta (C6) Pada Pembelajaran Fikih Di MI Miftahul Anwar Desa Banua Lawas. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.35931/am.v4i1.168

Sugiyono. (2018). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF DAN R&D (Sutopo, Ed.; 2 ed.). Alfabeta,cv.

Surdia, R. M., Pirngadi, B. H., Raharja, A. B., & Sutansyah, L. (2022). Inisiasi Pemanfaatan Teknologi Informasi Geospatial dalam Penyusunan Peta Desa Berbasis Partisipatif Masyarakat. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 13(2), 312–317. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v13i2.5724

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-08

Cara Mengutip

Hikmah, N., & Ningsih, T. (2024). MEDIA PEMBELAJARAN GLOBE DAN PETA PADA MATERI KENAMPAKAN ALAM (IPS) PADA SISWA KELAS IV MI MA’ARIF NU BATUANTEN. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 59–68. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.907

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.