Deni PENGGUNAAN MEDIA VIDEO AKUN INSTAGRAM INFOJAWABARAT DALAM MENINGKATKAN DAYA KREATIVITAS SISWA KELAS X SMA

Penulis

  • Deni Deni Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Nusantara, Provinsi Jawa Barat, Indonesia
  • Fahruroji Fahruroji Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Nusantara, Provinsi Jawa Barat, Indonesia
  • N Yeffa Afnita Apriliyani Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Nusantara, Provinsi Jawa Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.910

Kata Kunci:

Media Video Instagram, Daya Kreativitas, Menulis Puisi

Abstrak

Siswa masih kesulitan dalam menulis puisi karena mereka tidak dapat menentukan tema atau gambar untuk digunakan sebagai inspirasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah siswa kelas X SMA Negeri 25 Bandung tahun ajaran 2022/2023 dapat menulis puisi dengan lebih kreatif berkat konten video dari akun Instagram infojawabarat. Metode true eksperimental design digunakan dalam penelitian ini. The pretest-posttest control group design digunakan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penghitungan Uji Normalitas dihasilkan data Signifikansi tidak normal. Kemudian uji hipotesis menggunakan Uji Wilcoxon diketahui output test Statistics diketahui Asymp. Sig. (2-tailed) bernilai 0,001. Karena nilai 0,001< 0,05 “Hipotesis diterima”. Selanjutnya, dilakukan uji homogenitas dengan menggunakan uji Mann-Whitney Test. Berdasarkan output Test Statistics diketahui bahwa nilai Asymp Sig. (2-tailde) sebesar 0,004< 0,05 "Hipotesis diterima”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam hal hasil kreatif siswa, dan penggunaan konten video pada akun Instagram infojawabarat berdampak terhadap peningkatan daya kreativitas siswa.  

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ambarsari, Z. (2020). Penggunaan Instagram Sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Pada Era 4.0. Prosiding Seminar Nasional PBSI-III Tahun 2020, 6(1), 81–86.

Arsyad, A. (2009). Media Pembelajaran. Rajawali Pers.

Dewanti, P. M., Bagiya, B., & Ratnaningsih, A. (2021). Penerapan Metode Sas Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan Siswa Kelas Ii Sd Negeri Ngadimerto. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 2(1), 65–71. https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i1.225

Erniati, Ayuwandira, S., & Andi, Q. U. (2023). Penerapan Metode Direct Instruction dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi pada Siswa Kelas XI SMKS YAPMI Makassar. 1(1), 12–17.

Fujiawati, F. S., & Raharja, R. M. (2021). Pemanfaatan Media Sosial (Instagram) Sebagai Media Penyajian Kreasi Seni Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 6(1), 32–44.

Gusra, S. M. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Dengan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas Vi. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 3(2), 238–247. https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i2.803

Harmooni, M, F., Syahrul, R., dan Irfani, B. (2018). Pengaruh Penggunaan Teknik Tiru Model terhadap Keterampilan Menulis Teks Puisi Siswa Kelas X SMAN 4. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Vol. 7, 4.

Hasanah, D. U., Achsani, F., & Akbar Al Aziz, I. S. (2019). Analisis Penggunaan Gaya Bahasa Pada Puisi-Puisi Karya Fadli Zon. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 13. https://doi.org/10.22219/kembara.vol5.no1.13-26

Nurgiyantoro, B. (1995). Teori Pengkajian Fiksi. Gadjah Mada University Press.

NWD Suarsini, IGA Wesnawa, I. K. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Geografi Berbasis Media Sosial Instagram Untuk. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 4(2), 1–10. https://doi.org/10.23887/pips.v4i2.3386

Pratiwi, Y. D., Maryaeni, & Suwignyo, H. (2016). Kreativitas siswa dalam menulis puisi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(5), 835–843.

Rahmayantis, M. D., & Nurlailiyah, N. (2021). Pengembangan materi bahan ajar menulis puisi dengan menggunakan teknik pemodelan di SMPN 1 Tulungagung. KEMBARA Journal of Scientific Language Literature and Teaching, 6(2), 243–254. https://doi.org/10.22219/kembara.v6i2.14025

Reza Kusuma, W. (2022). PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS XI MAN 1 MOJOKERTO. 7(2).

Robin, I. (2019). Penggunaan Media Video Akun Instagram Shiftmedia.Id dalam Pembelajaran Menulis Puisi pada Siswa Kelas VIII SMPIT Al-Lauzah Tahun Pelajaran 2018/2019.

Roohani, A., & Rad, H. S. (2022). Effectiveness of Hybrid-Flipped Classroom in Improving Efl Learners’ Argumentative Writing Skill. Teflin Journal, 33(2), 349–366. https://doi.org/10.15639/teflinjournal.v33i2/349-366

Samiyatun, S. (2022). Penerapan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Pada Kelas VII. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 3(1), 45–54. https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i1.618

Sari, R. N., & Subrata, H. (2018). Efektivitas Penggunaan Kartu Pintar Jawa (Kapija) Dalam Keterampilan Menulis Aksara Jawa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 06(05), 829–838.

Siddik, M. (2016). Dasar-Dasar Menulis Dengan Penerapannya. Tunggal Mandiri Publishing.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suntini, S., & Dewi, F. I. (2020). Penggunaan Model Sinektik Untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Menulis Puisi. 16, 39–46.

Tarigan, H. G. (1983). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.

Ulya, C., & Suryanto, E. (2009). Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Pendekatan Sinektik. Paedagogia, 42–51.

Vega, P. D. S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Fiqih di MIN 3 Ponogoro Tahun 2020/2021. Institut Agama Islan Negeri Ponogoro.

Waluyo, H. J. (1987). Teori dan Apresiasi Puisi. Erlangga.

Wellek dan Warren. (2014). Teori Kasusastraan. Gramedia Pustaka.

Wildayanti, Owon Robertus Adi Sarjono, M. E. D. L. (2022). Pengaruh Bahasa Daerah Bajo Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa-Siswi Kelas 7 Mtss Muhammadiyah Parumaan. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 3, 211–219.

Winarni, R., Slamet, S. Y., Poerwanti, J. I., Sriyanto, M. I., Yulisetiani, S., & Syawaludin, A. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Kreatif Bermuatan Pendidikan Budi Pekerti Pada Guru-Guru Sekolah Dasar Melalui Hybrid Learning. Jurnal Widya Laksana, 11(1), 98. https://doi.org/10.23887/jwl.v11i1.37151

Yulita. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Model Picture And Picture Sekolah Dasar. 7.

https://doi.org/10.15294/integralistik.v30i2.20871

Sulwanta, A. A., & Kasnawi, T. (2019). Solidaritas Sosial Masyarakat Transmigran Bali. Hasanuddin Journal Of Sociology, 1(1), 111. https://www.google.com/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=0CAQQw7AJahcKEwiArJm59PH9AhUAAAAAHQAAAAAQAw&url=https%3A%2F%2Fjournal.unhas.ac.id%2Findex.php%2FHJS%2Farticle%2Fdownload%2F14751%2F7985%2F64344&psig=AOvVaw1PhIgSz1aX8qvf7NMM

Tonik, I., Lubis, E., Hainin, R., Bengkulu, U. M., Cooperation, M., & Bulan, W. P. (2023). Building a feeling of shared collaboration with the local area in the Pajar Bulan sub-region. Pengabdian Masyarakat, 2(1), 115. https://journal-mandiracendikia.com/index.php/pkm/article/view/209/135

Wijayanti, R. Y., Arafat, A., & Barat, U. S. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Perencanaan Hutan melalui Model Pembelajaran Collaborative Learning. PTK, 3(2), 123. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.147

Winanda. (2015). Kehidupan Harmonis Berlandaskan Tri Hita Karana. -Hita-Karanaan Agama, 47. https://bali.kemenag.go.id/bangli/berita/3184/kehidupan-harmonis-berlandaskan-tri-hita-karana

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-08

Cara Mengutip

Deni, D., Fahruroji, F., & Apriliyani, N. Y. A. . (2024). Deni PENGGUNAAN MEDIA VIDEO AKUN INSTAGRAM INFOJAWABARAT DALAM MENINGKATKAN DAYA KREATIVITAS SISWA KELAS X SMA. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 69–80. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.910

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.