Deni PENGGUNAAN MEDIA VIDEO AKUN INSTAGRAM INFOJAWABARAT DALAM MENINGKATKAN DAYA KREATIVITAS SISWA KELAS X SMA
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.910Kata Kunci:
Media Video Instagram, Daya Kreativitas, Menulis PuisiAbstrak
Siswa masih kesulitan dalam menulis puisi karena mereka tidak dapat menentukan tema atau gambar untuk digunakan sebagai inspirasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah siswa kelas X SMA Negeri 25 Bandung tahun ajaran 2022/2023 dapat menulis puisi dengan lebih kreatif berkat konten video dari akun Instagram infojawabarat. Metode true eksperimental design digunakan dalam penelitian ini. The pretest-posttest control group design digunakan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penghitungan Uji Normalitas dihasilkan data Signifikansi tidak normal. Kemudian uji hipotesis menggunakan Uji Wilcoxon diketahui output test Statistics diketahui Asymp. Sig. (2-tailed) bernilai 0,001. Karena nilai 0,001< 0,05 “Hipotesis diterima”. Selanjutnya, dilakukan uji homogenitas dengan menggunakan uji Mann-Whitney Test. Berdasarkan output Test Statistics diketahui bahwa nilai Asymp Sig. (2-tailde) sebesar 0,004< 0,05 "Hipotesis diterima”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam hal hasil kreatif siswa, dan penggunaan konten video pada akun Instagram infojawabarat berdampak terhadap peningkatan daya kreativitas siswa.
Unduhan
Referensi
Ambarsari, Z. (2020). Penggunaan Instagram Sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Pada Era 4.0. Prosiding Seminar Nasional PBSI-III Tahun 2020, 6(1), 81–86.
Arsyad, A. (2009). Media Pembelajaran. Rajawali Pers.
Dewanti, P. M., Bagiya, B., & Ratnaningsih, A. (2021). Penerapan Metode Sas Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan Siswa Kelas Ii Sd Negeri Ngadimerto. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 2(1), 65–71. https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i1.225
Erniati, Ayuwandira, S., & Andi, Q. U. (2023). Penerapan Metode Direct Instruction dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi pada Siswa Kelas XI SMKS YAPMI Makassar. 1(1), 12–17.
Fujiawati, F. S., & Raharja, R. M. (2021). Pemanfaatan Media Sosial (Instagram) Sebagai Media Penyajian Kreasi Seni Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 6(1), 32–44.
Gusra, S. M. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Dengan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas Vi. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 3(2), 238–247. https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i2.803
Harmooni, M, F., Syahrul, R., dan Irfani, B. (2018). Pengaruh Penggunaan Teknik Tiru Model terhadap Keterampilan Menulis Teks Puisi Siswa Kelas X SMAN 4. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Vol. 7, 4.
Hasanah, D. U., Achsani, F., & Akbar Al Aziz, I. S. (2019). Analisis Penggunaan Gaya Bahasa Pada Puisi-Puisi Karya Fadli Zon. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 13. https://doi.org/10.22219/kembara.vol5.no1.13-26
Nurgiyantoro, B. (1995). Teori Pengkajian Fiksi. Gadjah Mada University Press.
NWD Suarsini, IGA Wesnawa, I. K. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Geografi Berbasis Media Sosial Instagram Untuk. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 4(2), 1–10. https://doi.org/10.23887/pips.v4i2.3386
Pratiwi, Y. D., Maryaeni, & Suwignyo, H. (2016). Kreativitas siswa dalam menulis puisi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(5), 835–843.
Rahmayantis, M. D., & Nurlailiyah, N. (2021). Pengembangan materi bahan ajar menulis puisi dengan menggunakan teknik pemodelan di SMPN 1 Tulungagung. KEMBARA Journal of Scientific Language Literature and Teaching, 6(2), 243–254. https://doi.org/10.22219/kembara.v6i2.14025
Reza Kusuma, W. (2022). PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS XI MAN 1 MOJOKERTO. 7(2).
Robin, I. (2019). Penggunaan Media Video Akun Instagram Shiftmedia.Id dalam Pembelajaran Menulis Puisi pada Siswa Kelas VIII SMPIT Al-Lauzah Tahun Pelajaran 2018/2019.
Roohani, A., & Rad, H. S. (2022). Effectiveness of Hybrid-Flipped Classroom in Improving Efl Learners’ Argumentative Writing Skill. Teflin Journal, 33(2), 349–366. https://doi.org/10.15639/teflinjournal.v33i2/349-366
Samiyatun, S. (2022). Penerapan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Pada Kelas VII. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 3(1), 45–54. https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i1.618
Sari, R. N., & Subrata, H. (2018). Efektivitas Penggunaan Kartu Pintar Jawa (Kapija) Dalam Keterampilan Menulis Aksara Jawa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 06(05), 829–838.
Siddik, M. (2016). Dasar-Dasar Menulis Dengan Penerapannya. Tunggal Mandiri Publishing.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suntini, S., & Dewi, F. I. (2020). Penggunaan Model Sinektik Untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Menulis Puisi. 16, 39–46.
Tarigan, H. G. (1983). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.
Ulya, C., & Suryanto, E. (2009). Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Pendekatan Sinektik. Paedagogia, 42–51.
Vega, P. D. S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Fiqih di MIN 3 Ponogoro Tahun 2020/2021. Institut Agama Islan Negeri Ponogoro.
Waluyo, H. J. (1987). Teori dan Apresiasi Puisi. Erlangga.
Wellek dan Warren. (2014). Teori Kasusastraan. Gramedia Pustaka.
Wildayanti, Owon Robertus Adi Sarjono, M. E. D. L. (2022). Pengaruh Bahasa Daerah Bajo Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa-Siswi Kelas 7 Mtss Muhammadiyah Parumaan. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 3, 211–219.
Winarni, R., Slamet, S. Y., Poerwanti, J. I., Sriyanto, M. I., Yulisetiani, S., & Syawaludin, A. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Kreatif Bermuatan Pendidikan Budi Pekerti Pada Guru-Guru Sekolah Dasar Melalui Hybrid Learning. Jurnal Widya Laksana, 11(1), 98. https://doi.org/10.23887/jwl.v11i1.37151
Yulita. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Model Picture And Picture Sekolah Dasar. 7.
https://doi.org/10.15294/integralistik.v30i2.20871
Sulwanta, A. A., & Kasnawi, T. (2019). Solidaritas Sosial Masyarakat Transmigran Bali. Hasanuddin Journal Of Sociology, 1(1), 111. https://www.google.com/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=0CAQQw7AJahcKEwiArJm59PH9AhUAAAAAHQAAAAAQAw&url=https%3A%2F%2Fjournal.unhas.ac.id%2Findex.php%2FHJS%2Farticle%2Fdownload%2F14751%2F7985%2F64344&psig=AOvVaw1PhIgSz1aX8qvf7NMM
Tonik, I., Lubis, E., Hainin, R., Bengkulu, U. M., Cooperation, M., & Bulan, W. P. (2023). Building a feeling of shared collaboration with the local area in the Pajar Bulan sub-region. Pengabdian Masyarakat, 2(1), 115. https://journal-mandiracendikia.com/index.php/pkm/article/view/209/135
Wijayanti, R. Y., Arafat, A., & Barat, U. S. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Perencanaan Hutan melalui Model Pembelajaran Collaborative Learning. PTK, 3(2), 123. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.147
Winanda. (2015). Kehidupan Harmonis Berlandaskan Tri Hita Karana. -Hita-Karanaan Agama, 47. https://bali.kemenag.go.id/bangli/berita/3184/kehidupan-harmonis-berlandaskan-tri-hita-karana
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten