MANAJEMEN KINERJA GURU DI MAN 1 BATUBARA KECAMATAN LIMAPULUH KABUPATEN BATUBARA

Penulis

  • Fahrul Rozi Capah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • Nasrul Syakur Chaniago Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.915

Kata Kunci:

Kinerja, Evaluasi Pekerjaan, Media Pembelajaran, Alokasi Waktu

Abstrak

Kinerja adalah tingkat keberhasilan seseorang atau kelompok orang dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya serta kemampuan untuk mencapai tujuan dan standar yang telah ditetapkan. Maka dalam hal ini guru harus mempunyai sejumlah kompetensi atau menguasai sejumlah pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang terkait dengan bidang tugasnya. Kinerja seorang guru merupakan kombinasi dari kemampuan, usaha, dan kesempatan yang dapat dinilai dari hasil kerjanya. Guru mempunyai tanggung jawab yang paling penting yaitu bagaimana mengondisikan lingkungan belajar yang menyenangkan sehingga dapat membangkitkan rasa ingin tahu siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah seluruh dewan guru di MAN 1 Batubara. Teknik yang digunakan dalam penelittian ini yaitu wawancara,observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian bahwa guru–guru di MAN 1 Batubara menggunakan media pembelajaran online visual dalam proses belajar mengajarnya. Serta evaluasi kerja masih sering dilakukan untuk meningkatkan kinerja guru.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amelia, H. R., Muslim, M., Roswati, R., Saputra, H., & Fatmawati, F. (2022). Kompetensi Profesional Guru Pplk Geografi Di Smp Negeri Kota Padang. El-Jughrafiyah, 2(1), 1. Https://Doi.Org/10.24014/Jej.V2i1.15872

Ananda, R., Rani, A. R., & Fadhilaturrahmi, F. (2022). Pengembangan Model Tpack Untuk Menunjang Kompetensi Profesional Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 9064–9069. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i5.4031

Aspi, M., & Syahrani, S. (2022). Profesional Guru Dalam Menghadapi Tantangan Perkembangan Teknologi Pendidikan. Adiba: Journal Of Education, 2(1), 64–73.

Budiana, I., Warhdana, N., & Berlian, U. C. (2021). Revitalisasi Kelompok Kerja Guru Untuk Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Di Tk Negeri Pembina Centeh Kota Bandung. Fastabiq: Jurnal Studi Islam, 2(2), 129–143. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.47281/Fas.V2i2.79

Damanik, R. (2019). Hubungan Kompetensi Guru Dengan Kinerja Guru. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 8(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.37755/Jsap.V8i2.170

Fadhli, M. (2017). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(2), 215. Https://Doi.Org/10.29240/Jsmp.V1i2.295

Fauziah, M. (2017). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Pembelajaran Online. Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(3), 68.

Gaol, N. T. L., & Siburian, P. (2018). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 66–73. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24246/J.Jk.2018.V5.I1.P66-73

Harefa, D. (2020). Peningkatan Prestasi Rasa Percaya Diri Dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru Ipa. Media Bina Ilmiah, 13(10), 1773–1786. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33758/Mbi.V13i10.592

Hariyanti, E. (2021). Strategi Inovasi Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid 19 Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Sd Kecamatan Magelang Selatan. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Pendidikan, 2(1), 1316–1324.

Isrokatun, I., Yulianti, U., & Nurfitriyana, Y. (2021). Analisis Profesionalisme Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(1), 454–462. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i1.1961

Mulyasana, D. (2019). Konsep Etika Belajar Dalam Pemikiran Pendidikan Islam Klasik. Tajdid, 26(1), 100. Https://Doi.Org/10.36667/Tajdid.V26i1.319

Munfarida, I. (2022). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Di Mts Salafiyah Syafi’iyah Tebuireng Jombang. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 2(1), 73–88.

Muspawi, M. (2021). Strategi Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(1), 101–106. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.33087/Jiubj.V21i1.1265

Napisa, N., Hernida, H., & Kone, K. (2021). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Smk Swadaya 1 Palu. Journal Of Educational Technology, Curriculum, Learning And Communication, 1(2), 55–64. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.26858/Jetclc.V1i2.20121

Nasution, L., & Ichsan, R. N. (2020). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 5(2), 78–86. Https://Jurnal-Lp2m.Umnaw.Ac.Id/Index.Php/Azashukum

Novitasari, D., & Fitria, N. (2021). Gambaran Kompetensi Profesional Guru Paud Mangga Paninggilan Ciledug. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (Audhi), 3(2), 67. Https://Doi.Org/10.36722/Jaudhi.V3i2.595

Retnowati, D. (2015). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kreativitas Belajar Ipa Siswa Sd Se-Gugus Gajah Mada Paranggupito Wonogiri Tahun Ajaran 2014/2015. Universitas Pgri Yogyakarta. Http://Repository.Upy.Ac.Id/Id/Eprint/326

Rivai, A. (2021). Pengaruh Pengawasan, Disiplin Dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 11–22. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.30596/Maneggio.V4i1.6715

Sari, D. R., & Jarkawi, J. (2022). Kreativitas Guru Dalam Pendidikan. Proceeding: Islamic University Of Kalimantan.

Setiyadi, B., & Rosalina, V. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 75–84. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.51276/Edu.V2i1.81

Sodik, M., Sahal, Y. F. D., & Herlina, N. H. (2019). Pengaruh Kinerja Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Alquran Hadis. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[Sl], 7(1), 97–112. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.36667/Jppi.V7i1.359

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kuliatatif Dan R&D. Alfabeta.

Sukmawarti, Ramadani Siregar. (2022). Analisis Kompetensi Pedagogik Dan Profesional Guru Dalam Pembelajaran Daring Di Sd Negeri 064970 Medan. Education Achievement: Journal Of Science And Research, 72–83. Https://Doi.Org/10.51178/Jsr.V3i1.500

Susmiyati, S., & Zurqoni, Z. (2020). Memotret Kinerja Guru Madrasah Dalam Pembelajaran. Southeast Asian Journal Of Islamic Education, 2(2), 143–169. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.21093/Sajie.V2i2.2266

Tanjung, R., Hanafiah, H., Arifudin, O., & Mulyadi, D. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jiip-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(4), 291–296. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.54371/Jiip.V4i4.272

Ummah, N. K. K., & Fauziah, H. N. (2021). Penerapan Kompetensi Profesional Guru (Keterampilan Dasar Mengajar) Pada Pembelajaran Tematik Kelas Iii Di Mi Al-Azhar Madiun. Adaptivia: Prosiding Tahunan Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyah Dan Sederajat, 295–308. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i5.4031

Witarsa, R., & Alim, M. L. (2022). Kompetensi Profesional Guru Pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5799–5807. Http://Repository.Universitaspahlawan.Ac.Id/Id/Eprint/1157

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-08

Cara Mengutip

Capah, F. R. ., & Chaniago, N. S. (2024). MANAJEMEN KINERJA GURU DI MAN 1 BATUBARA KECAMATAN LIMAPULUH KABUPATEN BATUBARA. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 296–303. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.915

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.