PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD BERBASIS PBL (PROBLEM BASED LEARNING) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.922Kata Kunci:
Media Pembelajaran; Karakter Religius; Flashcard; Problem Based LearningAbstrak
Pelaksanaan penelitian ini dilatarbelakangi oleh kendala model media pembelajaran yang kurang imajinatif dan menyenangkan sehingga membuat siswa merasa kurang terlibat dan bosan, terutama dalam menerapkan karakter religius. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menciptakan lingkungan belajar dengan bantuan media Flash Card tentang nilai-nilai inti karakter religius berdasarkan masalah spiritual dalam kurikulum merdeka kelas satu sekolah dasar pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila, yang telah divalidasi. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian pengembangan atau Research and Development. Penelitian tersebut menggunakan model Borg and Gall (1979) yang terdiri dari 10 proses pengembangan. Namun peneliti hanya melakukan pengembangan sampai pada langkah tujuh saja, hal ini dikarenakan pada sampai langkah ke tujuh sudah dapat menjawab rumusan masalah dalam penelitian ini dan peneliti hanya bisa menghasilkan media dalam skala kecil dalam keterbatasan waktu. Wawancara merupakan instrumen pengumpul data yang digunakan pada tahap eksplorasi, sedangkan skala Likert dan lembar penilaian media pembelajaran digunakan pada tahap penilaian kelayakan produk untuk menguji validitas media flashcard. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media belajar Flash Cards berada pada posisi yang sangat layak digunakan dengan perolehan rata-rata hasil validasi oleh 2 validator sebesar 77,5% dan hasil penilaian oleh guru kelas sebesar 80,6%.
Unduhan
Referensi
Ahsanulkhaq. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Journal Prakarsa Paedagogia, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312
Alfira Nur Khairani, M. R. (2022). Penerapan Strategi Karakter Religius Peserta Didik untuk Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 199–210. https://doi.org/10.30997/dt.v9i2.6317
Aris Shoimin. (2017). 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013 (Rose KR (ed.)). Ar-Ruzz Media. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1144055
Aswat, H., Basri, M., Kaleppon, M. I., & Sofian, A. (2019). Pembelajaran Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Media Gambar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 11. https://doi.org/10.31227/osf.io/pq324
Azhar Arsyad, M. A. (2017). media pengajaran (R. Asfah (ed.)). Rajawali pers. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1133758
Dr. Yeti Mulyati, M. P. (2021). Hakikat Keterampilan Berbahasa (S. S. R. S. Brontolaras & M. P. Tiara Sevi Nurmanita, S.Pd. (ed.)). Universitas Terbuka Jalan Cabe Raya, Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang Selatan - 15437 Banten. www.ut.ac.id.
Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. 4, 104–117.
Hadijah, M. A. (2016). Pengembangan kognitif anak usia dini. Perdana Publishing.
Hamidah, J., Studi, P., Bahasa, P., Banjarmasin, U. M., Utara, J. G. S., & Bakti, H. (2020). Implementasi media flash card dalam menanamkan nilai karakter religius pada pembelajaran membaca permulaan anak usia dini. 1–14. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v3i1.751
Helmi, Z. (2018). Konsep Khalifah fil Ardhi dalam Perspektif Filsafat: Kajian Eksistensi Manusai sebagai Khalifah. Intizar, 24(1), 37–54.
Hotimah, E. (1907). PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA PADA PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS KELAS II MI AR-ROCHMAN SAMARANG. 10–18.
Indah & Safaruddin. (2022). Pengembangan Dan Pemanfaatan Media Pembelajaran. Jurnal Ilmu Terapan, Vol.3 No.1(Media Pembelajaran). https://www.researchgate.net/publication/357736152_Pengembangan_Dan_Pemanfaatan_Media_Pembelajaran
Kemdikbud. (2018). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/?wpdmpro=buku-konsep-dan-pedoman-ppk
Nurlaela, L. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 180–187.
Rudi Susilana, C. R. (2011). Media pembelajaran : hakikat, pengembangan, pemanfaatan, dan penilaian. In Media Pembelajaran. CV Wacana Prima.
Safitri, R. W., Primiani, C. N., & Hartini, H. (2018). Pengembangan media flashcard tematik berbasis permainan tradisional untuk kelas IV sub tema lingkungan tempat tinggalku. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 8(1), 1. https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.1332
Sardiman A.M. (2014). Interaksi & motivasi belajar mengajar. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada, 2014 Hak cipta 1986. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1136421
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya (Rineka Cip). Bina Aksara 1988. https://adoc.pub/slameto-belajar-dan-faktor-faktor-yang-mempengaruhinya-jakar.html
Soegiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. alfabeta bandung.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengambangan (Research & Development). 210.
Swandar, R. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Religius di SD Budi Mulia Dua Sedayu Bantul. Laporan Penelitian, 27.
Syaiful Bahri Djamarah, A. Z. (2006). Strategi belajar mengajar (Ed. rev). Rineka Cipta, 2006. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=672676#
Widiastuti. (2021). Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Problem Based Learning ( PBL ) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas VII C SMP Negeri 1 Koto Baru pada Materi Garis dan Sudut Widiastuti SMPN 1 Koto Baru. Dharmas Education Journal (DE-JOURNAL), 1(2), 170–176. https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i1.300
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten