ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GASAL TAHUN 2021/2022 MENGGUNAKAN ITEMAN DI SMP NEGERI 1 KAMBERA
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.961Kata Kunci:
Analisis, Butir soal, Evaluasi, ITEMANAbstrak
Pada data hasil ujian akhir semester gasal tahun pelajaran 2021/2022, terdapat banyak siswa SMPN 1 Kambera yang mendapatkan skor di bawah standar KKM. Mengacu pada hal itu penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi karakteristik setiap item soal yang dipakai dalam ujian akhir semester tersebut dengan menggunakan beberapa kriteria yang telah ditentukan. Penelitian ini menerapkan metode deskriptif kuantitatif. Sampel yang diambil adalah kelas VIIID.Top of Form Hasil analisis menggunakan ITEMAN menunjukkan bahwa 25% item tidak valid dan 75% item valid. Selain itu, reliabilitasnya mencapai tingkat yang tinggi yaitu "0,886". Berdasarkan analisis tingkat kesulitan, 17% soal dikategorikan sebagai sangat mudah, 14% dikategorikan sebagai mudah, dan 15% dikategorikan sebagai sedang. Terdapat juga 17% soal yang dinilai sangat sulit, dan 37% soal yang dinilai sulit. Berdasarkan level kognitif, terdapat 20 butir soal yang masuk dalam tingkat kesulitan tinggi (HOTS) dan 15 butir soal yang masuk dalam tingkat kesulitan rendah (LOWS). Dari segi daya pembeda, 88% butir soal memiliki daya pembeda yang baik, 3% item memiliki daya pembeda yang kurang baik, dan 9% item tidak memiliki daya pembeda yang baik. Dalam penelitian mengenai efektivitas distraktor, ditemukan 54% pilihan distraktor yang efektif, dan 46% pilihan distraktor tidak efektif.
Unduhan
Referensi
Arbiatin, E., & Mulabbiyah. (2020). Analisis Kelayakan Butir Soal Tes Penilaian Akhir Semester Mata Pelajaran Matematika Kelas VI di SDN 19 Ampenan Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal PGMI, 12(2), 146–171. https://doi.org/10.20414/ELMIDAD.V12I2.2627
Asfiyah, S. (2021). Implementasi Penilaian Berbasis High Order Thinking Skills Pada Mapel PAI Dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Dan Kreatif Siswa di Tingkat SMP. Quality: Journal of Empirical Research in Islamic Education, 9(1), 103–120. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/quality.v9i1.10136
Bano, V. O., Marambaawang, D. N., & Njoeroemana, Y. (2022). Analisis Kriteria Butir Soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 1 Waingapu. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(1), 145. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i1.660
Berkah, M. (2019). Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester Mata Pelajaran Aqidah Kelas VIII SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan Metro Tahun Pelajaran 2018/2019. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) METRO.
Chasanah, N., Widodo, W., & Suprapto, N. (2022). Pengembangan Instrumen Asesmen Literasi Sains Untuk Mendeskripsikan Profil Peserta Didik. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 474–483. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.474-483
Fauziana, A., & Wulansari, A. D. (2021). Analisis Kualitas Butir Soal Ulangan Harian di Sekolah Dasar dengan Model Rasch. Jurnal Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 6(1), 10–19. https://doi.org/10.21154/IBRIEZ.V6I1.112
Fiska, J. M., Hidayati, Y., Qomaria, N., & Hadi, W. P. (2021). Analisis Butir Soal Ulangan Harian Ipa Menggunakan Software Anates Pada Pendekatan Teori Tes Klasik. Natural Science Education Research, 4(1), 65–76. https://doi.org/10.21107/nser.v4i1.8133
Gusti, U. A. (2021). Analisis Kualitas Soal Uas Mata Pelajaran Ipa Di Smp Islam Khaira Ummah Kota Padang Kelas VIII Tahun Ajaran 2019/2020. Biopedagogia, 3(2), 81–87. http://180.250.193.171/index.php/biopedagogia/article/view/2325
Hartini, H. (2021). Analisis Kualitas Tes dan Butir Soal Sejarah di SMAN 1 Praya Timur. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 7(1), 34–45. https://doi.org/10.21831/jipi.v7i1.38852
Huda, N., & Wahyuni, T. S. (2020). Penggunaan Aplikasi Item and Test Analysis (Iteman) Pada Soal Try Out UN IPA SMP Tahun 2019. Jurnal Pembelajaran Sains, 4(1), 2527–9157. http://journal2.um.ac.id/index.php/jpsi/article/view/9738
Ikawati, H. D., Jayadi, A., & Hermyans. (2022). Analisis Kualitas Tes dan Butir Soal Sejarah di SMAN 1 Praya Timur. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6489
Pahmi, S., Hudaya, C., & Jaya, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Tefa ( Teaching Factory ) Dalam Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 9(1), 1–15. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v9i1.11718
Paskalin, G., & Susanti, M. M. I. (2020). Analisis Butir Soal Materi Gaya Kelas Iv Di Sd Negeri Kentungan. DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 23–32. https://doi.org/10.21831/didaktika.v3i1.31431
Purniasari, L., Masykuri, M., Sri, D., & Ariani, R. D. (2021). Analisis Butir Soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran Kimia SMA N 1 Kutowinangun Tahun Pelajaran 2019/2020 Menggunakan Model Iteman dan Rasch. Jurnal Pendidikan Kimia, 10(2), 205–214. https://doi.org/10.20961/JPKIM.V10I2.48244
Rizalia, S., Syam, A. N., & Yulita, N. (2021). Kajian Kualitatif Tes Hasil Belajar Buatan Guru Biologi MAN di Kota Kendari. Journal of Natural Science and Integration, 4(1), 105. https://doi.org/10.24014/jnsi.v4i1.10410
Sabara, A., Yusuf, F. M., Ahmad, J., Nusantari, E., & Lamangajto, C. (2022). Validitas Perangkat Pembelajaran Berbasis Steam Materi Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep. Jambura Edu Biosfer Journal, 4(2), 76–85. https://doi.org/10.34312/jebj.v4i2.14734
Supriadi, G. (2020). Penilaian Berbasis Higher Order Thinking Skill ( Hots ) (Rini (ed.); Agung Isti). Aswaja Pressindo.
Taufik, A. N., Berlian, L., Fathia, A., & Rasyidin, E. Y. (2022). Pengembangan Instrument Tes Literasi Sains Pada Tema Yuk Makan Talas Beneng Untuk Calon Guru Ipa. Jurnal Aksioma, 11(2), 141–150. https://doi.org/https://doi.org/10.22487/aksioma.v11i2.2452
Widoyoko, S. E. P. (2018). Penilaian Hasil Pembelajar Di Sekolah. Pustaka Pelajar.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten