ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GASAL TAHUN 2021/2022 MENGGUNAKAN ITEMAN DI SMP NEGERI 1 KAMBERA

Penulis

  • Damianus Marambaawang Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba, Nusa Tenggara Timur, Indonesia
  • Vidriana Oktoviana Bano Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba, Nusa Tenggara Timur, Indonesia
  • Riwa Rambu Hada Enda Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba, Nusa Tenggara Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.961

Kata Kunci:

Analisis, Butir soal, Evaluasi, ITEMAN

Abstrak

Pada data hasil ujian akhir semester gasal tahun pelajaran 2021/2022, terdapat banyak siswa SMPN 1 Kambera yang mendapatkan skor di bawah standar KKM. Mengacu pada hal itu penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi karakteristik setiap item soal yang dipakai dalam ujian akhir semester tersebut dengan menggunakan beberapa kriteria yang telah ditentukan. Penelitian ini menerapkan metode deskriptif kuantitatif. Sampel yang diambil adalah kelas VIIID.Top of Form Hasil analisis menggunakan ITEMAN menunjukkan bahwa 25% item tidak valid dan 75% item valid. Selain itu, reliabilitasnya mencapai tingkat yang tinggi yaitu "0,886". Berdasarkan analisis tingkat kesulitan, 17% soal dikategorikan sebagai sangat mudah, 14% dikategorikan sebagai mudah, dan 15% dikategorikan sebagai sedang. Terdapat juga 17% soal yang dinilai sangat sulit, dan 37% soal yang dinilai sulit. Berdasarkan level kognitif, terdapat 20 butir soal yang masuk dalam tingkat kesulitan tinggi (HOTS) dan 15 butir soal yang masuk dalam tingkat kesulitan rendah (LOWS). Dari segi daya pembeda, 88% butir soal memiliki daya pembeda yang baik, 3% item memiliki daya pembeda yang kurang baik, dan 9% item tidak memiliki daya pembeda yang baik. Dalam penelitian mengenai efektivitas distraktor, ditemukan 54% pilihan distraktor yang efektif, dan 46% pilihan distraktor tidak efektif.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Vidriana Oktoviana Bano, Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba, Nusa Tenggara Timur, Indonesia

Pendidikan Biologi, FKIP

Referensi

Arbiatin, E., & Mulabbiyah. (2020). Analisis Kelayakan Butir Soal Tes Penilaian Akhir Semester Mata Pelajaran Matematika Kelas VI di SDN 19 Ampenan Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal PGMI, 12(2), 146–171. https://doi.org/10.20414/ELMIDAD.V12I2.2627

Asfiyah, S. (2021). Implementasi Penilaian Berbasis High Order Thinking Skills Pada Mapel PAI Dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Dan Kreatif Siswa di Tingkat SMP. Quality: Journal of Empirical Research in Islamic Education, 9(1), 103–120. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/quality.v9i1.10136

Bano, V. O., Marambaawang, D. N., & Njoeroemana, Y. (2022). Analisis Kriteria Butir Soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 1 Waingapu. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(1), 145. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i1.660

Berkah, M. (2019). Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester Mata Pelajaran Aqidah Kelas VIII SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan Metro Tahun Pelajaran 2018/2019. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) METRO.

Chasanah, N., Widodo, W., & Suprapto, N. (2022). Pengembangan Instrumen Asesmen Literasi Sains Untuk Mendeskripsikan Profil Peserta Didik. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 474–483. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.474-483

Fauziana, A., & Wulansari, A. D. (2021). Analisis Kualitas Butir Soal Ulangan Harian di Sekolah Dasar dengan Model Rasch. Jurnal Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 6(1), 10–19. https://doi.org/10.21154/IBRIEZ.V6I1.112

Fiska, J. M., Hidayati, Y., Qomaria, N., & Hadi, W. P. (2021). Analisis Butir Soal Ulangan Harian Ipa Menggunakan Software Anates Pada Pendekatan Teori Tes Klasik. Natural Science Education Research, 4(1), 65–76. https://doi.org/10.21107/nser.v4i1.8133

Gusti, U. A. (2021). Analisis Kualitas Soal Uas Mata Pelajaran Ipa Di Smp Islam Khaira Ummah Kota Padang Kelas VIII Tahun Ajaran 2019/2020. Biopedagogia, 3(2), 81–87. http://180.250.193.171/index.php/biopedagogia/article/view/2325

Hartini, H. (2021). Analisis Kualitas Tes dan Butir Soal Sejarah di SMAN 1 Praya Timur. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 7(1), 34–45. https://doi.org/10.21831/jipi.v7i1.38852

Huda, N., & Wahyuni, T. S. (2020). Penggunaan Aplikasi Item and Test Analysis (Iteman) Pada Soal Try Out UN IPA SMP Tahun 2019. Jurnal Pembelajaran Sains, 4(1), 2527–9157. http://journal2.um.ac.id/index.php/jpsi/article/view/9738

Ikawati, H. D., Jayadi, A., & Hermyans. (2022). Analisis Kualitas Tes dan Butir Soal Sejarah di SMAN 1 Praya Timur. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6489

Pahmi, S., Hudaya, C., & Jaya, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Tefa ( Teaching Factory ) Dalam Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 9(1), 1–15. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v9i1.11718

Paskalin, G., & Susanti, M. M. I. (2020). Analisis Butir Soal Materi Gaya Kelas Iv Di Sd Negeri Kentungan. DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 23–32. https://doi.org/10.21831/didaktika.v3i1.31431

Purniasari, L., Masykuri, M., Sri, D., & Ariani, R. D. (2021). Analisis Butir Soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran Kimia SMA N 1 Kutowinangun Tahun Pelajaran 2019/2020 Menggunakan Model Iteman dan Rasch. Jurnal Pendidikan Kimia, 10(2), 205–214. https://doi.org/10.20961/JPKIM.V10I2.48244

Rizalia, S., Syam, A. N., & Yulita, N. (2021). Kajian Kualitatif Tes Hasil Belajar Buatan Guru Biologi MAN di Kota Kendari. Journal of Natural Science and Integration, 4(1), 105. https://doi.org/10.24014/jnsi.v4i1.10410

Sabara, A., Yusuf, F. M., Ahmad, J., Nusantari, E., & Lamangajto, C. (2022). Validitas Perangkat Pembelajaran Berbasis Steam Materi Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep. Jambura Edu Biosfer Journal, 4(2), 76–85. https://doi.org/10.34312/jebj.v4i2.14734

Supriadi, G. (2020). Penilaian Berbasis Higher Order Thinking Skill ( Hots ) (Rini (ed.); Agung Isti). Aswaja Pressindo.

Taufik, A. N., Berlian, L., Fathia, A., & Rasyidin, E. Y. (2022). Pengembangan Instrument Tes Literasi Sains Pada Tema Yuk Makan Talas Beneng Untuk Calon Guru Ipa. Jurnal Aksioma, 11(2), 141–150. https://doi.org/https://doi.org/10.22487/aksioma.v11i2.2452

Widoyoko, S. E. P. (2018). Penilaian Hasil Pembelajar Di Sekolah. Pustaka Pelajar.

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-08

Cara Mengutip

Marambaawang, D., Bano, V. O. ., & Hada Enda, R. R. . (2024). ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GASAL TAHUN 2021/2022 MENGGUNAKAN ITEMAN DI SMP NEGERI 1 KAMBERA. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 233–243. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.961

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.