PENGARUH MODEL PICTURE AND PICTURE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VIII SMPN 30 TEBO
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1031Kata Kunci:
Model picture and picture, , keterampilan menulis, teks eksplanasiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji reaksi siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Tebo terhadap model pembelajaran picture and picture dalam upaya meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi. Quasi experimental design yang digunakan untuk penelitian ini. Penelitian ini dirancang dengan kelompok kontrol non-equivalent. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Tebo. Enam puluh siswa diambil secara acak dari dua bagian VIII yang berbeda: kelas VIII B (kelompok eksperimen) dan VIII C (kelompok kontrol). Kelompok kontrol mendapatkan pembelajaran dengan model ceramah sedangkan kelas eksperimen diajar dengan model picture and picture. Alat pengumpulan data terdiri dari empat soal esai. Data dianalisis menggunakan uji-t untuk sampel independen. Kedua kelompok memiliki rata-rata yang sama pada pretest, dengan rata-rata kelompok tes 55,13 dan kelompok kontrol rata-rata 60. Kelas A menerima rata-rata posttest 75,3% sedangkan Kelas B rata-rata 72,7%. Pada taraf signifikansi 5%, uji-t pada sampel independen menunjukkan bahwa signifikansi yang diperoleh adalah 0,01< 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Penelitian ini berfokus pada siswa kelas delapan SMP Negeri 30 di Kabupaten Tebo, Indonesia, dan artinya model picture and picture dapat berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi di kelas VIII SMP Negeri 30 Kabupaten Tebo.
Unduhan
Referensi
Anna Haerun. (2016). 235775-Pembelajaran-Bahasa-Indonesia-Dalam-Kont-Aefa2Fc0. Anna Haerun, 9.
Aris, S. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-ruzz Media.
Asyafah, A. (2019). MENIMBANG MODEL PEMBELAJARAN (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). Asyafah Abas, 6(1), 19–32. https://doi.org/10.17509/t.v6i1.20569
Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Raja Grafindo persada.
Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar.
Indra Sukmawati, N. ., Dantes, N., & Dibia, I. . (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Keterampilan Menulis Narasi. Sukmawati Indra, Danes, 7(3), 198–206.
Jakni. (2016). Metodelogi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan (ke-1). Alfabeta.
Khaerunnisa, & Azhari, I. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Kompleks Pada Siswa Kelas Xi Smk Informatika Ciputat. Khaerunnisa, 6477, 167–182.
Kosasih, E. (2014). Jenis-jenis Teks: Analisis Fungsi, Struktur, dan Kaedah serta Langkah Penulisannya. Yrama Widya.
Lesa, U. (2018). PENGARUH MODEL PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 18 PALEMBANG. Usi Lesa W.
Mashun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Grafindo Persada.
Muharika, D. (2023). Metode Penelitian Research Is Fun. Cv. Muharika Rumah Ilmiah.
Mulyati, Y. (2014). Hak i k at Ke t e r am p i l an Ber b ah asa. Hakikat Keterampilan Berbahasa, 1–34.
Sindy Putri Rizona, A. (2023). Pengaruh Model Picture and Picture Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa. Pengaruh Model Picture and Picture Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa, 4, 339–347.
Sudjana. (2005). Metode Penelitian. Tarsito.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Ke-1). Alfabeta.
Susdiana, B. E. (2017). Menulis Teks Eksplanasi Menggunakan Metode Picture and Picture Pada Siswa Kelas Vii Smp. Susdiana & Emilia Baiq, 11(1), 1. https://doi.org/10.30957/cendekia.v11i1.247
Tarigan, H. . (2013). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.
Wahyuni Sri, S. I. (2012). Asesmen Pembelajaran Bahasa. PT Refika Aditama.
Wardana, D. A. (2019). BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. CV. KAFFAH LEARNING CENTER.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten