PENGARUH MEDIA SOSIAL TIKTOK DALAM HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX DI SMP MUHAMMADIYAH 01 MEDAN

Authors

  • Yohana Lasria Siahaan Program Studi Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam , Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Parlaungan Gabriel Siahaan Program Studi Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam , UniverProgram Studi Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam , Universitas Negeri Medan, Indonesiasitas Negeri Medan, Indonesia
  • Novridah Reanti Purba Program Studi Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam , Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Difa Dwi Putri Program Studi Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam , Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Nabila Syahfitri Program Studi Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam , Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Ema Tesalonika Simangunsong Program Studi Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam , Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Putri Lestari Simbolon Program Studi Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam , Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Christnamy Ayu Pertiwi Program Studi Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam , Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Valdo Rekson Nainggolan L Program Studi Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam , Universitas Negeri Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i2.105

Keywords:

Tiktok, Hasil Belajar, Siswa

Abstract

Media sosial merupakan salah satu sarana yang sering digunakan oleh seluruh masyarakat dunia. Salah satu nya adalah aplikasi TikTok. TikTok adalah sebulah aplikasi yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat dari berbagai usia. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, angket, dokumentasi. Jumlah responden yang ingin di teliti yaitu 30 responden. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengamati hasil belajar siswa terhadap penggunaan aplikasi TikTok di SMP Muhammadiyah 01 Medan. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 01 Medan menganggap bahwa TikTok dapat menggangu waktu belajar mereka. Hal ini terlihat dari data yang bersumber kuesioner yang didapatkan dari responden.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Yohana Lasria Siahaan, Program Studi Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam , Universitas Negeri Medan, Indonesia

Program Studi Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam , Universitas Negeri Medan, Indonesia

Parlaungan Gabriel Siahaan, Program Studi Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam , UniverProgram Studi Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam , Universitas Negeri Medan, Indonesiasitas Negeri Medan, Indonesia

Program Studi Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam , Universitas Negeri Medan, Indonesia

Novridah Reanti Purba, Program Studi Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam , Universitas Negeri Medan, Indonesia

Program Studi Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam , Universitas Negeri Medan, Indonesia

Difa Dwi Putri, Program Studi Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam , Universitas Negeri Medan, Indonesia

Program Studi Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam , Universitas Negeri Medan, Indonesia

Nabila Syahfitri, Program Studi Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam , Universitas Negeri Medan, Indonesia

Program Studi Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam , Universitas Negeri Medan, Indonesia

Ema Tesalonika Simangunsong, Program Studi Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam , Universitas Negeri Medan, Indonesia

Program Studi Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam , Universitas Negeri Medan, Indonesia

Putri Lestari Simbolon, Program Studi Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam , Universitas Negeri Medan, Indonesia

Program Studi Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam , Universitas Negeri Medan, Indonesia

Christnamy Ayu Pertiwi, Program Studi Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam , Universitas Negeri Medan, Indonesia

Program Studi Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam , Universitas Negeri Medan, Indonesia

Valdo Rekson Nainggolan L, Program Studi Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam , Universitas Negeri Medan, Indonesia

Program Studi Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam , Universitas Negeri Medan, Indonesia

References

Al Mawaddah, A. W., Hidayat, M. T., Amin, S. M., & Hartatik, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3109–3116. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i5.1288

Amelia, N. P., & Ma’arif, S. (2022). Pengaruh Pengguna Media Sosial Tiktok Terhadap Kemampuan Numerasi Matematika Siswa Kelas Iv Di Sd. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1201–1207. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31949/Jcp.V8i4.2885

Annisa, R. N., Dewi, D. A., & Nurhayati, S. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Tiktok Dalam Proses Pembelajaran. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 346–352. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.58401/Dirasah.V6i2.923

Arisanti, D., & Subhan, M. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Internet Terhadap Minat Belajar Siswa Muslim Di Smp Kota Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 3(2), 61–73. Https://Doi.Org/10.25299/Althariqah.2018.Vol3(2).2322

Asyari, A., & Mirannisa, M. (2022). Pengaruh Media Sosial Tiktok Terhadap Minat Belajar Siswa Ma Miftahul Ishlah Tembelok. Islamika, 4(3), 421–432. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.36088/Islamika.V4i3.1977

Bal-Taştan, S., Davoudi, S. M. M., Masalimova, A. R., Bersanov, A. S., Kurbanov, R. A., Boiarchuk, A. V, & Pavlushin, A. A. (2018). The Impacts Of Teacher’s Efficacy And Motivation On Student’s Academic Achievement In Science Education Among Secondary And High School Students. Eurasia Journal Of Mathematics, Science And Technology Education, 14(6), 2353–2366. Https://Doi.Org/10.29333/Ejmste/89579

Bujuri, D. A., Sari, M., Handayani, T., & Saputra, A. D. (2023). Penggunaan Media Sosial Dalam Pembelajaran: Analisis Dampak Penggunaan Media Tiktok Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 112–127. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.30659/Pendas.10.2.112-127

Daniati, N., Darliana, E., & Alwina, S. (2022). Korelasi Pengaruh Media Sosial Tik Tok Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Ips Semester V Stkip Al-Maksum Langkat. Jurnal Berbasis Sosial, 2(1), 38–44.

Dunn, T. J., & Kennedy, M. (2019). Technology Enhanced Learning In Higher Education; Motivations, Engagement And Academic Achievement. Computers & Education, 137, 104–113. Https://Doi.Org/10.1016/J.Compedu.2019.04.004

Falck, O., Mang, C., & Woessmann, L. (2018). Virtually No Effect? Different Uses Of Classroom Computers And Their Effect On Student Achievement. Oxford Bulletin Of Economics And Statistics, 80(1), 1–38. Https://Doi.Org/10.1111/Obes.12192

Goudeau, S., Sanrey, C., Stanczak, A., Manstead, A., & Darnon, C. (2021). Why Lockdown And Distance Learning During The Covid-19 Pandemic Are Likely To Increase The Social Class Achievement Gap. Nature Human Behaviour, 5(10), 1273–1281. Https://Doi.Org/10.1038/S41562-021-01212-7

Haryadi, R., & Al Kansaa, H. N. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. At-Ta’lim: Jurnal Pendidikan, 7(1), 68–73. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.36835/Attalim.V7i1.426

Hwang, G.-J., Wang, S.-Y., & Lai, C.-L. (2021). Effects Of A Social Regulation-Based Online Learning Framework On Students’ Learning Achievements And Behaviors In Mathematics. Computers & Education, 160, 104031. Https://Doi.Org/10.1016/J.Compedu.2020.104031

Mariati, M. (2023). Analisis Dampak Media Sosial Tik-Tok Terhadap Rendahnya Hasil Belajar Afektif Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Media Pembelajaran, 2(1), 38–44. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.59584/Jundikma.V2i1.9

Marini, R. (2019). Pengaruh Media Sosial Tik Tok Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Di Smpn 1 Gunung Sugih Kab. Lampung Tengah. Uin Raden Intan Lampung.

Maulidina, S., & Bhakti, Y. B. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Online Dalam Pemahaman Dan Minat Belajar Siswa Pada Konsep Pelajaran Fisika. Orbita: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(2), 248. Https://Doi.Org/10.31764/Orbita.V6i2.2592

Noviana, N. E., & Solichin, M. R. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Online (Whatsapp Dan Zoom) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Ekonomi (Jupe), 9(2), 60–64. Https://Doi.Org/10.26740/Jupe.V9n2.P60-64

Pambudi, R., Afghohani, A., & Farahsanti, I. (2019). Pengaruh Media Video Youtube Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas X Smk Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan, 28(2), 175–182. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.32585/Jp.V28i2.345

Rahmat, A. Y. (2018). The Effect Of Using Educational Multimedia In Dictation On Students’ Listening Comprehension At Ma Darul Hikmah Pekanbaru. J-Shmic : Journal Of English For Academic, 5(1), 1–19. Https://Doi.Org/10.25299/Jshmic.2018.Vol5(1).1096

Sari, A. P., & Utami, N. (2019). Pengaruh Intensitas Penggunaan Internet Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Sma Negeri 13 Kerinci. Jurnal Wahana Konseling, 2(1), 1. Https://Doi.Org/10.31851/Juang.V2i1.2647

Setyaningsih, S., Rusijono, R., & Wahyudi, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kerajaan Hindu Budha Di Indonesia. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2). Https://Doi.Org/10.30651/Didaktis.V20i2.4772

Simatupang, N. I., Sitohang, S. R. I., Situmorang, A. P., & Simatupang, I. M. (2020). Efektivitas Pelaksanaan Pengajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19 Dengan Metode Survey Sederhana. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(2), 197–203. Http://Repository.Uki.Ac.Id/Id/Eprint/2595

Turan, Z., Meral, E., & Sahin, I. F. (2018). The Impact Of Mobile Augmented Reality In Geography Education: Achievements, Cognitive Loads And Views Of University Students. Journal Of Geography In Higher Education, 42(3), 427–441. Https://Doi.Org/10.1080/03098265.2018.1455174

Ulfaida, U., & Pahlevi, T. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Online Terhadap Hasil Belajar Melalui Minat Belajar Siswa Pada Kelas X Otkp Di Smkn1 Lamongan. Jurnal Edukasi, 8(2), 25–31. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.19184/Jukasi.V8i2.26902

Wumbu, Y. L. E. (2021). Pengaruh Media Sosial Tik Tok Terhadap Gaya Komunikasi Siswa Sdn 18 Kinali Kabupaten Pasaman Barat Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial (Jkomdis), 1(3), 92–99. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.47233/Jkomdis.V1i3.193

Published

2024-10-23

How to Cite

Siahaan, Y. L. ., Siahaan, P. G. ., Purba, N. R. ., Putri, D. D. ., Syahfitri, N., Simangunsong, E. T. ., … Nainggolan L, V. R. . (2024). PENGARUH MEDIA SOSIAL TIKTOK DALAM HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX DI SMP MUHAMMADIYAH 01 MEDAN. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 3(2), 391–400. https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i2.105

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 44 45 46 47 48 49 50 51 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.