PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.1091Keywords:
Creative Problem Solving (CPS), hasil belajar, model pembelajaran, ekonomi, siswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di kelas X SMA Swasta Utama Medan Tahun Ajaran 2024/2025. Model pembelajaran CPS diterapkan karena diyakini dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, serta pemecahan masalah siswa yang berdampak positif terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian One-Shot Case Study. Subjek penelitian adalah satu kelas X-1 yang berjumlah 30 siswa. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar yang diberikan setelah perlakuan. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa setelah perlakuan adalah 81,30. Uji normalitas menunjukkan data berdistribusi normal. Uji One Sample t-Test menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara nilai rata-rata hasil belajar siswa dan nilai KKM 75 (t = 13,196; sig. = 0,000). Analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa model CPS berpengaruh positif terhadap hasil belajar (sig. = 0,038; R² = 0,145). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Creative Problem Solving berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa.
Downloads
References
Antasari, M., Hanifah, H., Susanta, A., & Haji, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Search, Solve, Create And Share (Sscs) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Di Sma Negeri 4 Kaur. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 4(2), 822–838. Https://Doi.Org/10.46306/Lb.V4i2.343
Aripin, U., Faudziah, L., Sri Rizky, E., Maryanasari, R., Nuryatin, S., Siliwangi, I., Terusan Jenderal Sudirman, J., & Barat, J. (2021). Identifikasi Penyelesaian Soal Bangun Ruang Sisi Lengkung Ditinjau Berdasarkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Collase (Creative Of Learning Students Elementary Education), 4(4), 501–509.
Astri Wariyanti, Ida Karnasih, H. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Dalam Meningkatkan. 8(2), 71–78.
Cahyani, S. D., Khoiri, N., & Setianingsih, E. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Mimbar Pgsd Undiksha, 7(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V7i2.17496
Fayesa, I., Ayu Garawati, R., & Hamidah, I. (2023). Systematic Literature Review: Pengaruh Motivasi Dan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Ab-Jme: Al-Bahjah Journal Of Mathematics Education, 1(2), 86–97. Https://Doi.Org/10.61553/Abjme.V1i2.53
Harefa, D., Telaumbanua, T., Sarumaha, M., Ndururu, K., & Ndururu, M. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Pada Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps). Musamus Journal Of Primary Education, 3(1), 1–18.
Herutomo, R. A., & Masrianingsih, M. (2019). Pembelajaran Model Creative Problem-Solving Untuk Mendukung Higher-Order Thinking Skills Berdasarkan Tingkat Disposisi Matematis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 188–199. Https://Doi.Org/10.21831/Jrpm.V6i2.26352
Khairunnisa, G. F., & Ilmi, Y. I. N. (2020). Media Pembelajaran Matematika Konkret Versus Digital: Systematic Literature Review Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Tadris Matematika, 3(2), 131–140. Https://Doi.Org/10.21274/Jtm.2020.3.2.131-140
Khoiriyah, A. J., & Husamah, H. (2018). Problem-Based Learning: Creative Thinking Skills, Problem-Solving Skills, And Learning Outcome Of Seventh Grade Students. Jpbi (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 4(2), 151–160. Https://Doi.Org/10.22219/Jpbi.V4i2.5804
Kovács, E., Krekić, V. P., & Ivanović, J. (2020). Students’ Standpoints About The Significance Of Cooperative Learning In Maths Teaching In Lower Primary School Grades. Croatian Journal Of Education, 22(2), 331–356. Https://Doi.Org/10.15516/Cje.V22i2.3286
Kusuma, J. W., Jefri, U., Hidayat, A., & Hamidah, H. (2020). Application Of Treffinger Learning Model To Improve Creative Reasoning And Mathematical Problem Solving Skills As Well As Student Learning Interests. Jtam (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 4(2), 204–213. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31764/Jtam.V4i2.2840
Lasaiba, M. A., Lasaiba, D., Arfa, A. M., & Lasaiba, I. (2022). Structural Equation Modeling Partial Least Square For Modeling The Relationship Of Readiness, Creativity And Motivation To Students’ Problem-Solving Ability. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 67–79. Https://Doi.Org/10.51276/Edu.V4i1.317
Meitiyani; Et Al. (2022). Analysis Of Students Creative Thinking Ability In Environmental Problem Solving. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 14(2), 1983–1994. Https://Doi.Org/10.35445/Alishlah.V14i1.1629
Moongela, H., Matthee, M., Turpin, M., & Van Der Merwe, A. (2025). The Effect Of Generative Artificial Intelligence On Cognitive Thinking Skills In Higher Education Institutions: A Systematic Literature Review. Communications In Computer And Information Science, 2326 Ccis(2025), 355–371. Https://Doi.Org/10.1007/978-3-031-78255-8_21
Partayasa, W., Suharta, I. G. P., & Suparta, I. N. (2020). Pengaruh Model Creative Problem Solving (Cps) Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Minat. Jnpm (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 168. Https://Doi.Org/10.33603/Jnpm.V4i1.2644
Pramestika, R. A., Suwignyo, H., & Utaya, S. (2020). Model Pembelajaran Creative Problem Solving Pada Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Tematik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(3), 361. Https://Doi.Org/10.17977/Jptpp.V5i3.13263
Rohim, M. A., Dafik, Slamin, & Sucianto, B. (2019). The Analysis Of Implementation Of Research Based Learning Implementation In Developing The Studens’ Creative Thinking Skill In Solving Dominating Set Problem. Iop Conference Series: Earth And Environmental Science, 243(1), 012143. Https://Doi.Org/10.1088/1755-1315/243/1/012143
Rusda Elsabrina, U., Hanggara, G. S., Sancaya, S. A., Nusantara, U., & Kediri, P. (2022). Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Creative Problem Solving. Seminar Nasional Dalam Jaringan Konseling Kearifan Nusantara, 502–513.
Setiawan, W., Juniati, D., & Khabibah, S. (2024). Studi Literatur: Berpikir Kreatif Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 12(1), 43–54. Https://Doi.Org/10.25139/Smj.V12i1.7548
Sopian, Y. A., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan Proses Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving Dan Resource Based Learning (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas X Smk Krija Bhakti Utama Limbangan). Jurnal Elemen, 3(1), 97. Https://Doi.Org/10.29408/Jel.V3i1.317
Suprihadi, R. A. P., & Ma Rifah, D. R. (2022). Literature Study: Various Abilities Of High School Students Obtained From The Application Of Problem-Based Learning Models In The Field Of Natural Science. Journal On Biology And Instruction, 2(2), 71–76. Https://Doi.Org/10.26555/Joubins.V2i2.6947
Susanto, H., Ibrohim, Basuki, A., Fadzil, H. M., Syafruddin, A. B., & Gunawan, A. (2024). Development Of An Advanced Biology Learning Website In The Fields Of Biotechnology, Biochemistry, And Biomedicine With The Steam Approach. International Journal Of Interactive Mobile Technologies, 18(7), 158–172. Https://Doi.Org/10.3991/Ijim.V18i07.48083
Vidergor, H. E. (2018). Effectiveness Of The Multidimensional Curriculum Model In Developing Higher‐Order Thinking Skills In Elementary And Secondary Students. The Curriculum Journal, 29(1), 95–115. Https://Doi.Org/10.1080/09585176.2017.1318771
Wahyuni, R. N., Fauziah, P. Y., Aisyah, S., & Al-Fayed, M. Y. (2023). Implementation Of The Tbm Rumah Asa Program As A Form Of Creative-Innovative Education Based On Entrepreneurship And Local Wisdom In Yogyakarta City. Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 15(2), 815–824. Https://Doi.Org/10.37680/Qalamuna.V15i2.3023
Wardani, K. S. K., Rahmatih, A. N., Sriwarthini, N. L. P. N., Nurwahidah, N., & Astria, F. P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa. Edumatsains : Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 5(1), 9–18. Https://Doi.Org/10.33541/Edumatsains.V5i1.1652
Warr, M., & West, R. E. (2020). Bridging Academic Disciplines With Interdisciplinary Project-Based Learning. Interdisciplinary Journal Of Problem-Based Learning, 14(1). Https://Doi.Org/10.14434/Ijpbl.V14i1.28590
Widodo, A. N. A., & Amalia, S. R. (2020). Creative Problem Solving Dan Resource Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Gender. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 158–165.
Yuliati, Y., & Lestari, I. (2019). Penerapan Model Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1), 280138.
Zubaidah, Z., & Putra, R. S. (2022). Model Kepemimpinan Digital Kepala Sekolah Di Era Teknologi. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 12(4), 803. Https://Doi.Org/10.22373/Jm.V12i4.17206
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten










