PENERAPAN MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI AYO GOTONG ROYONG MELALUI MEDIA SIPATDIPAT DI KELAS I SD NEGERI 060912 MEDAN DENAI

Authors

  • Mamanda Silitonga Program Profesi Guru Calon Guru Gelombang 2 Semester 2 Tahun 2024 Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • Marah Doly Nasution PGSD FKIP UniversitasMuhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia
  • Rismadani Purba SD Negeri 060912 Medan Denai, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/de_journal.v1i2.1199

Keywords:

Model, Pbl

Abstract

Penelitian ini berjudul Penerapan Model Pbl Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ayo Gotong Royong Melalui Media Sipatdipat Di Kelas I Sd Negeri 060912 Medan Denai. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SDN 060912 Medan Denai, khususnya di kelas 1. Adapun waktu pelaksanaan penelitian adalah pada semester genap tahun ajaran 2024/2025, yaitu mulai bulan April hingga Mei 2025 Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) yang dipadukan dengan media pembelajaran SIPATDIPAT terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi "Ayo Gotong Royong" di kelas I SDN 060912 Medan Denai.Peningkatan hasil belajar siswa terjadi secara bertahap, dimulai dari prasiklus yang hanya mencapai ketuntasan klasikal sebesar 23,81% dengan rata-rata nilai 58, meningkat pada Siklus I menjadi 61,90% dengan rata-rata nilai 70, dan mencapai 85,71% pada Siklus II dengan rata-rata nilai 85. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model PBL mampu meningkatkan keaktifan, kemampuan berpikir kritis, dan pemahaman siswa, terutama ketika didukung dengan media pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan karakteristik siswa kelas awal. Media pembelajaran permainan edukatif SIPATDIPAT sebagai media pendukung pembelajaran memberikan kontribusi besar dalam meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar, terutama dalam aspek afektif dan psikomotor. Aktivitas bermain yang dilakukan setelah diskusi kelompok dan praktik gotong royong memberikan penguatan terhadap nilai-nilai yang dipelajari dan membuat pembelajaran menjadi menyenangkan serta bermakna

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Mamanda Silitonga, Program Profesi Guru Calon Guru Gelombang 2 Semester 2 Tahun 2024 Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan, Indonesia

Program Profesi Guru Calon Guru Gelombang 2 Semester 2 Tahun 2024 Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan, Indonesia

Marah Doly Nasution, PGSD FKIP UniversitasMuhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia

PGSD FKIP UniversitasMuhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia

Rismadani Purba, SD Negeri 060912 Medan Denai, Indonesia

SD Negeri 060912 Medan Denai, Indonesia

References

almulla, M. A. (2019). The Efficacy Of Employing Problem-Based Learning (Pbl) Approach As A Method Of Facilitating Students’ Achievement. Ieee Access, 7, 146480–146494.

Ashari, N. W., & Salwah, S. (2017). Problem Based Learning (Pbl) Dalam Meningkatkan Kecakapan Pembuktian Matematis Mahasiswa Calon Guru. Jmpm: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 100. Https://Doi.Org/10.26594/Jmpm.V2i2.891

Astindari, T., & Noervadila, I. (2019). Penerapan Problem Based Learning (Pbl) Guna Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Kelas X Semester Ganjil Di Smk Negeri 2 Situbondo Tahun Pelajaran 2018/2019. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 6(2), 15–24. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.47668/Edusaintek.V6i2.25

Astuti. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik ( Lkpd ) Berbasis Problem Based Learning ( Pbl ) Untuk Kelas Vii Smp / Mts Mata Pelajaran Matematika. 05(02), 1011–1024.

Herzon, H. H., Budijanto, B., & Utomo, D. H. (2018). Pengaruh Problem-Based Learning (Pbl) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(1), 42–46.

Julmi, D. C., Suhery, T., & Sukaryawan, M. (2019). Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Kimia Universitas Sriwijaya Menggunakan Modul Kimia Dasar Materi Biokimia Berbasis Stem-Problem Based Learning (Pbl). Universitas Sriwijaya. Http://Repository.Unsri.Ac.Id/Id/Eprint/11944

Kamid, K., & Sinabang, Y. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Hots) Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 127–139.

Khofshoh, J., Zuhri, M. S., Purwati, H., & Wibawa, A. (2023). Efektivitas Model Dl Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Dan Model Pbl Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Mathedu (Mathematic Education Journal), 6(2), 1–7. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.37081/Mathedu.V6i2.5223

Kodariyati, L., & Astuti, B. (2016). Pengaruh Model Pbl Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V Sd. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 93–106.

Krismayanti, W., & Mansurdin, M. (2020). Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Model Problem Based Learning (Pbl) Di Sekolah Dasar. E-Journal Pembelajaran Inovasi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(7), 102–110.

Listyaningsih, E., Nugraheni, N., & Yuliasih, I. B. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pendekatan Tarl Model Pbl Dalam Matematika Kelas V Sdn Bendan Ngisor. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(6). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.8139269

Malahayati, E. N., Corebima, A. D., & Zubaidah, S. (2015). Hubungan Keterampilan Metakognitif Dan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Sma Dalam Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl). Jurnal Pendidikan Sains, 3(4), 178–185. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.17977/Jps.V3i4.8168

Marta Towe, M. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Siswa Dengan Menggunakan Problem Based Learning (Pbl) Pada Materi Luas Permukaan Balok. Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika, 3(2), 113–124. Https://Doi.Org/10.30822/Asimtot.V3i2.1364

Maulina, D. N., Slamet, S. ., & Indriayu, M. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dan Kaitannya Dengan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik. Iv(2012), 2–8.

Nazara, E., & Dewi, I. (2023). The Effect Of Problem-Based Learning (Pbl) Using Video-Based Learning (Vbl) On Mathematics Students’ Problem-Solving Ability In Smk Negeri 14 Medan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 1–12. Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V8i1.1961

Noervadila, I., & Astidari, T. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dan Keterampilan Metakognisi Terhadap Hasil Belajar Siswa Smk Negeri 2 Situbondo. Jurnal Ika Pgsd (Ikatan Alumni Pgsd) Unars, 7(2), 165–179. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.36841/Pgsdunars.V7i2.497

Nofziarni, A., Hadiyanto, H., Fitria, Y., & Bentri, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning ( Pbl ) Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2016–2024. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V3i4.244

Novianti, A., Bentri, A., & Zikri, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 194–202. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V4i1.323

Nuralita, A., Reffiane, F., & Mudzanatun. (2020). Keefektifan Model Pbl Berbasis Etnosains Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Mimbar Pgsd Undiksha, 8(3), 457–467.

Nurochman, R., & Diniya. (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( Pbl) Dengan Pendekatan Blended Learning Terhadap Higher Order Thinking Skill ( Hots ) Siswa Smp/Mts Pada Materi Sistem Gerak Manusia. Jurnal Of Natural Science Laerning, 01(01), 61–67.

Pamungkas, A. D., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Pada Siswa Kelas 4 Sd. Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 287–293. Https://Doi.Org/10.35568/Naturalistic.V3i1.268

Pratiwi, V. D., & Wuryandani, W. (2020). Effect Of Problem Based Learning (Pbl) Models On Motivation And Learning Outcomes In Learning Civic Education. Jpi (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(3), 401. Https://Doi.Org/10.23887/Jpi-Undiksha.V9i3.21565

Priani, I., Manuaba, I. B. S., & Darsana, I. W. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Gugus Iii Kuta Utara Tahun Pelajaran 2017/2018. Mimbar Pgsd Undiksha, 7(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V7i1.16972

Putra, I. M. C. W., Astawan, I. G., & Antara, P. A. (2022). Lembar Kerja Peserta Didik Digital Berbasis Pbl Pada Muatan Ipa Sekolah Dasar. Mimbar Pgsd Undiksha, 10(1), 155–163. Https://Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V10i1.47031

Putri, J. E., & Zainil, M. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas Iv Sdn 09 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Journal Of Basic Education Studies, 4(1), 3115–3125.

Rachman, I., Sugimaru, C., & Matsumoto, T. (2020). Use Of Problem Based Learning (Pbl) Model To Improve Learning Outcomes In Environmental Education. Journal Of Environmental Science And Sustainable Development, 3(1), 114–141. Https://Doi.Org/10.7454/Jessd.V3i1.1039

Rahmawati, A., Setiawan, E., Finanda, R. P., & Susilo, B. E. (2024). Kajian Literatur: Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Model Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Media Camtasia Studio. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 7, 510–516.

Rani, R., Manurung, H., & Siregar, T. M. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Pbl Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Pokok Bahasa Program Linier. 2008.

Rerung, N., Sinon, I. L. S., & Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sma Pada Materi Usaha Dan Energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 47–55.

Saragih, D. K., Suwandi, S., & Winarni, R. (2023). Learning Needs Analysis Of Pbl Based On Local Wisdom In Writing People’s Stories. Ichss 2022: Proceedings Of The 2nd International Conference Of Humanities And Social Science, Ichss 2022, 17 December 2022, Surakarta, Central Java, Indonesia, 280.

Sari, Y., Sutrisno, S., & Sugiyanti, S. (2020). Experimentation Of Problem Based Learning (Pbl) Model On Student Learning Motivation And Achievement On Circle Material. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan Mipa, 9(4).

Simangunsong, A. D. (2023). Implementation Of The Problem Based Learning (Pbl) Learning Model To Improve Skills Creative Thinking Of Students On The Material Coligative Properties Of Solutions. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(2), 483–494. Https://Doi.Org/10.51276/Edu.V4i2.396

Simanjuntak, L. Y. A., Perangin-Angin, R. B., & Saragi, D. (2019). Development Of Scientific Based Learning Video Media Using Problem Based Learning (Pbl) Model To Improve Student Learning Outcomes In 4th Grade Students Of Elementary School Parmaksian, Kab. Toba Samosir. Budapest International Research And Critics In Linguistics And Education (Birle) Journal, 2(4), 297–304.

Simbolon, R., & Koeswanti, H. D. (2020). Comparison Of Pbl (Project Based Learning) Models With Pbl (Problem Based Learning) Models To Determine Student Learning Outcomes And Motivation. International Journal Of Elementary Education, 4(4), 519–529. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Ijee.V4i4.30087

Siregar, M. N. N., & Aghni, R. I. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skill (Hots). Jurnal Pendidikan Akuntansi (Jpak), 9(2), 292–301. Https://Doi.Org/10.26740/Jpak.V9n2.P292-301

Tumanggor, F. L. L. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Hots) Siswa Pada Materi Persamaan Kuadrat Kelas Ix Smp Gajah Mada T.A. 2022/2023. In Universitas Hkbp Nommensen (Vol 2007, Number 2015).

Wardani, W. F. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Iv Mi Islamiyah Sumberrejo Batanghari Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Iain Metro.

Yuliana, Y., Kresnadi, H., & Uliyanti, E. (2020). Pengaruh Model Pbl Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas V Sekolah DASAR. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(6). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v8i6.33439

Published

2025-05-10

How to Cite

Silitonga, M., Nasution, M. D. ., & Purba, R. . (2025). PENERAPAN MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI AYO GOTONG ROYONG MELALUI MEDIA SIPATDIPAT DI KELAS I SD NEGERI 060912 MEDAN DENAI. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 1(2), 1060–1073. https://doi.org/10.56667/de_journal.v1i2.1199

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.