Pengaruh Model Pembelajaran Murder (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand Dan Review) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1305Keywords:
Model Pembelajaran Murder, Hasil Belajar, Pendidikan EkonomiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh strategi Model Pembelajaran Murder (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand Dan Review) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas Xl Sma Swasta Teladan Pematangsiantar. Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar ekonomi pada materi kebijakan moneter dan fiskal menggunakan strategi model pembelajaran Murder (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand Dan Review) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas Xl Sma Swasta Teladan Pematangsiantar.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Swasta Teladan Pematangsiantar dengan jumlah 242 siswa. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yatu kelas XI.1 dan kelas XI.2 dengan jumlah 80 siswa.Berdasarkan hasil analisi deskriptif menunjukan bahwa rata-rata hasil belajar ekonomi pada materi kebijakan moneter dan fiskal pada kelas yang tidak menggunakan strategi model pembelajaran Murder (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand Dan Review) yaitu 16,56. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Murder (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand Dan Review) yaitu 24,07. Pada teknik analisis dta uji hipotesis “t” yaitu t_(hitung ) 13,64 > t_(tabel )1,99 dapat disimpulkan bahwa H_(a ) diterima dan H_(o )ditolak, artinya terdapat perbedaan model pembelajaran Murder (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand Dan Review) terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Swasta Teladan Pematangsiantar
Downloads
References
Adelia, M. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Murder (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dengan Bantuan Media Gimkit. Seminar Nasional Pendidikan, Teknologi, Dan Kesehatan (Tekad), 3(1), 87–91.
Ardiana, Y. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Ekonomi Materi Permintaan Dan Penawaran Pada Siswa Kelas X Ips 4 Di Man 1 Jember Tahun Ajaran 2014-2015. Opgehaal Van Http://Repository.Unej.Ac.Id/Handle/123456789/71397
Christina, L. V., & Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (Gi) Dan Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas 4. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 217. Https://Doi.Org/10.24246/J.Scholaria.2016.V6.I3.P217-230
Damsi, E. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Murder (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Dan Review) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas X Sma Negeri 2 Palopo. Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Destiana, N., Zanthy, L. S., & Sugandi, A. I. (2023). Analisis Kemampuan Pemahaman Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Murder Pada Materi Koordinat Kartesius Kelas Viii. Jpmi (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(2), 583–590. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.22460/Jpmi.V6i2.11932
Fadila, A., Kurniawan, E., & Mujib. (2023). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis: Pengaruh Model Pembelajaran Murder Berbantuan Ice Breaking Ditinjau Pada Minat Belajar Siswa. Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 226–233. Https://Doi.Org/10.33752/Cartesian.V2i2.2514
Firdaus, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ekonomi (Studi Kasus Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 10 Kota Jambi). Jurnal Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ekonomi (Studi Kasus Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 10 Kota Jambi). Opgehaal Van Https://Repository.Unja.Ac.Id/Id/Eprint/2616
Hadiztia, H., & Herlina, S. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Murder Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp/Mts. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 10(1), 27–33.
Hasriyanti, H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas. Lageografia, 18(1), 36. Https://Doi.Org/10.35580/Lga.V18i1.10974
Hasyim, R., Wulanadri, S., & Bahmid, F. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Team Quiz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Pada Pokok Bahasan Kegiatan Ekonomi Dalam Meningkatkan Sumber Daya Alam Siswa Kelas Iv Sd Negeri 189 Halmahera Selatan. Pedagogik, 7(2).
Jehadun, Y., & Sudarsana, I. B. O. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Ips 1 Sma (Slua) Saraswati 1 Denpasar Tahun Pelajaran 2021/2022: Application Of Cooperative Script Learning Model To Increase Studen. Arthaniti Studies, 3(2), 132–139. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.7128619
Leza, M. A. A., Utami, N. W., & Dewi, P. A. C. (2024). Prediksi Prestasi Siswa Smas Katolik Santo Yoseph Denpasar Berdasarkan Kedisiplinan Dan Tingkat Ekonomi Orang Tua Menggunakan Metode Knowledge Discovery In Database Dan Algoritma Regresi Linier Berganda. Jati (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 8(1), 373–379. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.36040/Jati.V8i1.8754
Lilawati, E., & Wafa, M. A. (2021). Strategi Pembelajaran Murder Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas X Pada Materi Pai Di Smk Ti Bahrul Ulum Jombang. Dinamika: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 6(2), 69–82.
Luthfiyah, F., El Walida, S., & Sari, F. K. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Murder (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Segiempat. Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pembelajaran, 18(26).
Nasution, T. N., Netriwati, N., & Dewi, N. R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Circ Dengan Strategi Murder Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik Di Sma Negeri 1 Sungkai Utara. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1992–2000.
Ningrum, A. W. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Murder (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Opgehaal Van Http://Repository.Uin-Suska.Ac.Id/Id/Eprint/77690
Novitasari, K. A., Januar, H., Suneki, S., & Tunjungsari, D. R. (2023). Media Tangga Pintar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(3), 1500–1506. Https://Doi.Org/10.31949/Educatio.V9i3.5154
Saja, V. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Murder Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Universitas Jambi. Https://Doi.Org/Https://Repository.Unja.Ac.Id/Id/Eprint/56774
Salis, N., Usman, M., & Anwar, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Murder (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand Review) Dalam Penguasaan Kosakata Bahasa Mandarin Siswa Kelas X Sma Islam Athirah Makassar. Universitas Negeri Makassar. Opgehaal Van Http://Eprints.Unm.Ac.Id/Id/Eprint/19690
Sari, D., & Lestari, N. D. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Visual Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 2(2). Https://Doi.Org/10.31851/Neraca.V2i2.2690
Simamora, I. (2022). Perbandingan Model Pembelajaran Murder Dan Air Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sd Negeri 153073 Anggoli I. Jgk (Jurnal Guru Kita), 7(1), 146–156.
Suherni, S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris Melalui Implementasi Model Pembelajaran Murder Pada Siswa Kelas Ix Smp N 7 Mataram, Nusa Tenggara Barat. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 8(2), 118–127. Https://Doi.Org/10.47668/Pkwu.V8i2.109
Sukoyati, M., & Aliyyah, R. R. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Media Tangga Pintar Pada Kelas Iii A Sdn Harjasari 01. Karimah Tauhid, 3(2), 2228–2243. Https://Doi.Org/10.30997/Karimahtauhid.V3i2.12013
Suparman, T., Prawiyogi, A. G., & Susanti, R. E. (2020). Pengaruh Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 250–256. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V4i2.332
Syafrizal, S., Muliani, M., & Miranti, N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Murder (Mood, Understand, Recall, Degest, Expend, Review) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 4(1), 8. Https://Doi.Org/10.29103/Relativitas.V4i1.3759
Utari, F. D., Barlian, I., & Deskoni, D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Muhammadiyah 2 Palembang. Jurnal Profit Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 5(1), 40–49. Https://Doi.Org/10.36706/Jp.V5i1.5635
Yusuf, Y., Saibi, N., Ramli, M. R., & Nursia, N. (2021). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Gerak Melalui Penerapan Model Pembelajaran Murder (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review). Biopedagogia, 3(2), 158–169. Https://Doi.Org/10.35334/Biopedagogia.V3i2.2336
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten