PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN CANVA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN PPKn KELAS XI

Authors

  • Gohima Sirait Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Hotmaida Simanjuntak Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Kondios Mei Darlin Pasaribu Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Monalisa Siahaan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Rince Marpaung Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/de_journal.v4i3.150

Keywords:

Media Pembelajaran Canva, Motivasi belajar, PPKn

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana penggunaan media pembelajaran Canva berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) pada siswa kelas XI di SMA Methodist 7 Medan. Latar belakang penelitian ini muncul dari permasalahan rendahnya motivasi belajar siswa dalam mengikuti pelajaran PPKn yang umumnya dianggap membosankan dan bersifat teoritis. Inovasi penggunaan media berbasis digital seperti Canva diharapkan mampu meningkatkan antusiasme dan minat siswa dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperimen. Sampel terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan media Canva dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran tradisional. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket motivasi belajar dan dianalisis dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Canva memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. Hal ini terlihat dari peningkatan skor motivasi belajar pada kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Oleh karena itu, Canva dapat dijadikan sebagai media pembelajaran alternatif yang efektif untuk meningkatkan motivasi belajaran dalam pembelajaran PPKn.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Gohima Sirait, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Hotmaida Simanjuntak, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Kondios Mei Darlin Pasaribu, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Monalisa Siahaan, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Rince Marpaung, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

References

Afjar, A. M., & Syukri, M. (2020). Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (Arcs) Model On Students’ Motivation And Learning Outcomes In Learning Physics. Journal Of Physics: Conference Series, 1460(1), 12119. Https://Doi.Org/Https://Iopscience.Iop.Org/Article/10.1088/1742-6596/1460/1/012119/Meta

Amrina, Mudinillah, A., Nur Isnain, D., Bahasa Arab, P., Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Batusangkar, F., Agama Islam, P., Tinggi Agama Islam Al-Hikmah Pariangan Batusangkar, S., & Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, F. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Penguasaan Mufradat Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas Iii Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Informatika Dan Teknologi Pendidikan, 1(2), 55–65.

Cahyadi, Universitas Buddhi Dharma. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Baja Ringan Di Pt Arthanindo Cemerlang. Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 1, 60–73.

Fauziyah, N. L., Widodo, J. P., & Yappi, S. N. (2022). The Use Of ‘Canva For Education’and The Students’ Perceptions Of Its Effectiveness In The Writing Procedure Text. Budapest International Research And Critics Institute-Journal (Birci-Journal), 5(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33258/Birci.V5i1.4359

Festiawan, R. (2020). Belajar Dan Pendekatan Pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman, 1–17.

Friendha Yuanta, & Diyas Age Larasati. (2023). Developing Canva-Based Learning Media On Maps And Class Layout For Third Graders Of Elementary School. Education And Human Development Journal, 8(2), 66–75. Https://Doi.Org/10.33086/Ehdj.V8i2.5220

Ischak, W. I., Badjuka, B. Y., & Zulfiayu. (2019). Modul Riset Keperawatan. 12, 99–119.

Isnaini, K. N., Sulistiyani, D. F., & Putri, Z. R. K. (2021). Pelatihan Desain Menggunakan Aplikasi Canva. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 291–295.

Masfufah, R. A., Muyasyaroh, L. K., Maharani, D., Saputra, T. D., Astrianto, F., & Dayu, D. P. K. (2022). Media Pembelajaran Canva Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Seni, Dan Pendidikan Dasar 2 (Sensaseda) 2, 2(November), 347–352.

Mudinillah, A., & Rizaldi, M. (2021). Using The Canva Application As An Arabic Learning Media At Sma Plus Panyabungan. At-Tasyrih: Jurnal Pendidikan Dan Hukum Islam, 7(2), 95–106.

Novelti, N., Devi, P. A. P., Wakhibah Dwi Khusnah, Marjuki, M., & Stevani, M. (2024). Pelatihan Teknis Pemanfaatan Artificial Intelligences Chat Gpt Dan Canva Bagi Guru Smk Dalam Membuat Media Pembelajaran Berbasis Masa Kini. Journal Of Human And Education (Jahe), 4(6), 1332–1339. Https://Doi.Org/10.31004/Jh.V4i6.2084

Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang Sma/Ma. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 79–96.

Safrianti, S. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2, 467–474.

Sari, V. K., Rusdiana, R. Y., & Putri, W. K. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Canva Bagi Guru Smpn 1 Tegalampel Bondowoso. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan Ipa, 4(3). Https://Doi.Org/10.29303/Jpmpi.V4i3.952

Satrianansyah, S., Azizah, S. N., Damaiyanti, W., Akbar, M. T., Abdullah, M. M., Pasha, F. R., Rahman, R. F., Lia, A., Ertalia, E., & Juniansyah, A. (2024). Pemaanfaatan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Digital Seperti Canva, Google Drive, Chat Gpt Dan Gemini Pada Guru Sdn 14 Lubuk Sakti. Jurnal Univ. Bi Mengabdi, 3(2), 59–68.

Sholehah, S. R., Rahmawati, A., Nabila, S., Rahmawati, I., Dewi, F., & Jati, A. G. (2023). Edukasi Pembuatan Media Pembelajaran Audio-Visual Berupa Worksheet Qr Code Menggunakan Aplikasi Canva Dan Vocaroo Di Tk Mentari Purwakarta. Indonesian Journal Of Community Services In Engineering & Education (Ijocsee), 3(1), 22–30.

Silvana, A., Sinaga, B., Simaremare, J. A., & Sitorus, P. J. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Canva Terhadap Kemampuan Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas X Sma. 4(2).

Siregar, A., & Sitorus, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Canva Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 286–289.

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(2), 79–85.

Triningsih, K D. E. (2021). Penerapan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyajikan Teks. Cendekia, 15(1), 128–144. Https://Doi.Org/10.30957/Cendekia.V15i1.667.Selama

Triyanto, Jerusalem, M., & Fitrihana, N. (2019). Bussines Model Canvas Of Teaching Factory Fashion Design Competency Vocational High School In Yogyakarta. Journal Of Physics: Conference Series, 1273(1), 012049. Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/1273/1/012049

Wahyuni, J. S., Haryadi, & Nuryatin, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Melalui Website Rumah Belajar Pada Materi Teks Eksplanasi Abstrak The Effectiveness Of Using Video-Based Learning Media Through The Rumah Belajar Websites On Explanatory Text Materials Abstract A . Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing Vol, 5(1), 22–32.

Widyatnyana, K. N. (2021). Penerapan Model Discovery Learning Pada Materi Teks Cerpen Dengan Menggunakan Media Canva For Education. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 10(2), 229–236. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Jurnal_Bahasa.V10i2.695

Yuanta, F., & Larasati, D. A. (2023). Developing Canva-Based Learning Media On Maps And Class Layout For Third Graders Of Elementary School. Education And Human Development Journal, 8(2), 66–75.

Published

2025-06-24

How to Cite

Sirait, G., Simanjuntak, H., Pasaribu, K. M. D., Siahaan, M., & Marpaung, R. (2025). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN CANVA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN PPKn KELAS XI . Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(3), 1537–1544. https://doi.org/10.56667/de_journal.v4i3.150

Similar Articles

<< < 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.