ANALISIS PERAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN DAN KINERJA GURU DI SMA SANTO YOSEPH
DOI:
https://doi.org/10.56667/de_journal.v5i1.1513Keywords:
Kepemimpinan transformasional kepala sekolah, disiplin guru, kinerja guruAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang bertujuan untuk menganalisis peran kepemimpinan transformasional kepala sekolah untuk meningkatkan disiplin dan kinerja guru di SMA Santo Yoseph. Kepemimpinan transformasional dikaji melalui empat dimensi utama, yaitu pengaruh ideal, motivasi inspirasional, stimulasi intelektual, dan perhatian individual. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara mendalam, observasi langsung, dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik tematik untuk mengidentifikasi pola dan hubungan antara kepemimpinan transformasional dengan disiplin dan kinerja guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1).Kepala sekolah di SMA Santo Yoseph sudah menerapkan kepemimpinan transformasional yang efektif untuk meningkatkan disiplin kerja melalui penerapan indikator pengaruh ideal dengan menjadi teladan ,sikap disiplin, tanggung jawab, dan komitmen tinggi terhadap peraturan sekolah. melalui stimulasi intelektual dengan mendorong guru berpikir kreatif dalam mengelola waktu dan mencari cara-cara baru untuk meningkatkan kedisplinan dengan cara mengelola disiplin berbasis kesadaran, bukan sekedar kepatuhan terhadap aturan.2) Kepala sekolah di SMA Santo Yoseph sudah berperan efektif untuk meningkatkan kinerja guru melalui kepemimpinan transformasional dengan penerapan stimulasi intelektual. 3) Keberhasilan penerapan kepemimpinan transformasional kepala sekolah di SMA Santo Yoseph sangat didukung oleh kepemimpinan yang teladan, visi yang jelas, serta lingkungan kerja yang mendukung inovasi. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa kepemimpinan transformasional kepala sekolah berpengaruh positif terhadap disiplin dan kinerja guru.
Downloads
References
Amini, A., Pane, D., & Akrim, A. (2021). Analisis Manajemen Berbasis Sekolah Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru Di Smp Swasta Pemda Rantau Prapat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 11148–11159. Ahttps://Jptam.Org/Index.Php/Jptam/Article/View/2782kolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru Di Smp Swasta Pemda Rantau Prapat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 11148–11159.
Anugrahani, N. A. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Smk. Jamp : Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 4(3), 239–248. Https://Doi.Org/10.17977/Um027v4i32021p239
Damayani, T., Arafat, Y., & Eddy, S. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja. Journal Of Innovation In Teaching And Instructional Media, 1(1), 46–57. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.52690/Jitim.V1i1.29
Darmansyah, D. (2020). Penerapan Kode Etik Guru Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Model Palu. Jurnal Al-Qiyam, 1(1), 29–37. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33648/Alqiyam.V1i1.125
Elly, Y., & Soraya, J. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Ips, 14(2), 55–61. Https://Doi.Org/10.21067/Jppi.V14i2.4856
Fajri, A., Rahman, I. K., & Lisnawati, S. (2019). Seterategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 78. Https://Doi.Org/10.32832/Tawazun.V12i1.1844
Frismelly, A., & Giatman, M. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 81–88. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.29062/Dirasah.V4i2.308
Giantoro, H. M., Haryadi, H., & Purnomo, R. (2019). Pengaruh Kompetensi Guru, Kepemimpinan Kepala Sekolah Menurut Persepsi Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Smk Negeri Di Kabupaten Purbalingga. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi, 21(2). Https://Doi.Org/10.32424/Jeba.V21i2.1290
Guntoro, G. (2020). Supervisi Pengawas Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Sebagai Stimulus Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Iqra’, 14(1), 64. Https://Doi.Org/10.30984/Jii.V14i1.1100
Harahap, A. P., Darus, A. R., Siregar, M. A., & Rahmadana, W. (2022). Analisis Pemahaman Kode Etik Profesi Konseling Pada Guru Bimbingan Dan Konseling Di Man. Jurnal Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling: Teori Dan Praktik), 6(2), 101–110.
Hardhienata, S., & Retnowati, R. (2020). Evaluasi Implementasi Program Sekolah Ramah Anak. Jakad Media Publishing.
Idrus Alawi, A. H. (2019). Kinerja Guru Dan Hubungannya Dengan Kualitas Hasil Belajar Siswa Madrasah Aliyah. Alim | Journal Of Islamic Education, 1(1), 177–202. Https://Doi.Org/10.51275/Alim.V1i1.124
Indajang, K., Jufrizen, J., & Juliandi, A. (2020). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kompetensi Dan Kinerja Guru Pada Yayasan Perguruan Sultan Agung Pematangsiantar. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 12(2), 393. Https://Doi.Org/10.24114/Jupiis.V12i2.17881
Irawan, B., & Berlian, Z. (2020). Implementasi Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah Di Palembang. Studia Manageria, 2(2), 149–164. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.19109/Studiamanageria.V2i2.4155
Kusumaningrum, D. E., Sumarsono, R. B., & Gunawan, I. (2019). Budaya Sekolah Dan Etika Profesi: Pengukuran Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Sekolah Dengan Pendekatan Soft System Methodology. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 2(3), 090–097. Https://Doi.Org/10.17977/Um027v2i32019p90
Lidiawati, L., Ahmad, S., & Wahidy, A. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6971–6975. Https://Www.Jptam.Org/Index.Php/Jptam/Article/View/2075
M Bagus, A. D. I. S. (2022). Implementasi Kode Etik Guru Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pai Di Sma Negeri 2 Buay Bahuga Way Kanan. Uin Raden Intan Lampung.
Mudofar, M. (2022). Hubungan Antara Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Berprestasi Dengan Kinerja Guru Sekolah Dasar. Else (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 526. Https://Doi.Org/10.30651/Else.V6i2.12476
Muttaqien, I. Z., & Darmiyanti, A. (2022). Membangun Karakter Profesional Tenaga Kependidikan Dengan Memahami Kode Etik Kepala Sekolah Dalam Membentuk Mutu Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 4(6), 12562–12568. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Jpdk.V4i6.10555
Patta, M. (2019). Implementasi Kode Etik Guru Di Sekolah Menengah Kejuruan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabun Kecamatan Kabun Kabupaten Rokan Hulu. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Purwanto, A., & Evicasari, E. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Sekolah Dasar Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(6), 5706–5711. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i6.1497
Romadhon, M., & Ms, Z. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 479–489. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i2.711
S, S., Herlambang, T., & Cahyono, D. (2018). Dampak Motivasi, Disiplin Kerja Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 8(2). Https://Doi.Org/10.32528/Jsmbi.V8i2.1785
Sadikin, A., & Wedra, A. (2021). Implementasi Kode Etik Guru Di Lingkungan Sekolah Dasar Negeri 09 Sungai Cubadak Baso Kabupaten Agam. Almufi Jurnal Pendidikan, 1(3), 154–159.
Sintiya, S., Harahap, K., & Anas, N. (2023). Analisis Pemahaman Guru Terhadap Makna Kode Etik Dan Peraturan Di Sekolah Smp It Al Afkari. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 252–258. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Jptam.V7i1.5287
Sinulingga, A. (2019). Profesionalisme Guru Pendidikan Jasmani: Dari Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Sekolah Hingga Motivasi Kerja Guru. Jurnal Sportif: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 5(02), 296–311. Http://Digilib.Unimed.Ac.Id/Id/Eprint/46910
Sonedi, S., Sholihah, T., & Dihasbi, D. (2018). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Anterior Jurnal, 18(1), 13–22. Https://Doi.Org/10.33084/Anterior.V18i1.436
Suryani, E., Mujib, A., & Sardjijo, S. (2021). Kualitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sd Swasta Kota Batam. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(2), 239–249. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.26740/Bikotetik.V6n2.P101-110
Wati, D. P., Wahyuni, N., Fatayan, A., & Bachrudin, A. A. (2022). Analisis Kepemimpinan Kepala Sekolah Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 7970–7977. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i5.3684
Yayuk, S., & Sugiyono, S. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Biaya Pendidikan Terhadap Kualitas Proses Belajar Mengajar Dan Dampaknya Dengan Kompetensi Lulusan Smk Di Kabupaten Gunungkidul. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(1), 84–96. Https://Doi.Org/10.21831/Amp.V7i1.23758
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten