ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN SISWA KELAS VII

Authors

  • Desy Anzelina Silaen Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Sanggam P Gultom Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Simon M. Panjaitan

DOI:

https://doi.org/10.56667/de_journal.v4i3.1712

Keywords:

Interest In Reading, Literacy, Learning Achievement

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Pegagan Hilir T.A 2024/2025. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan mengambil 3 orang siswa Kelas VII-1 SMP Negeri 2 Pegagan Hilir yang sesuai dengan kriteria pemilihan subjek penelitian, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, wawancara dan dokumentasi. Setiap hasil tes dianalisis berdasarkan indikator Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Siswa dengan tingkat kesalahan tinggi dalam menyelesaikan soal (K1) cenderung mengalami kesalahan memahami soal, kesalahan dalam melakukan proses perhitungan, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan jawaban. Subjek K1 hanya dapat menulis kembali soal yang diketahui, namun untuk menyelesaikan soal Subjek K1 tidak dapat menyelesaikan soal tersebut. Subjek K1 melakukan kesalahan dalam perhitungan dari pecahan dibuktikan berdasarkan soal nomor 1, 2, 3, 4, 5 tidak menemukan solusi dari soal. Siswa dengan tingkat kesalahan sedang dalam menyelesaikan soal (K2) cenderung mengalami kesalahan keterampilan proses dan kesalahan penulisan jawaban pada soal nomor 4 dan 5. Hal tersebut dapat dilihat pada indikator kesalahan keterampilan proses dan kesalahan penulisan jawaban subjek K2 cenderung melakukan kesalahan dalam menggunakan rumus atau langkah yang sesuai dengan kondisi soal. Siswa dengan tingkat kesalahan rendah dalam menyelesaikan soal (K3) cenderung mengalami kesalahan penarikan kesimpulan pada soal nomor 5 bagian b. Hal tersebut dapat dilihat pada indikator Kesalahan penulisan jawaban subjek K3 melakukan kesalahan dalam penentuan jawaban akhir yang ditujukan penyelesaian soal yang tidak tepat.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Desy Anzelina Silaen, Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Sanggam P Gultom, Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Simon M. Panjaitan

Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

References

Abjad, R., Angkotasan, N., & Alhaddad, I. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 2(3), 303–314. https://doi.org/10.33387/jpgm.v2i3.5148

Agustianti Fuad, N., & Zulkarnaen, R. (2022). ANALISIS KESALAHAN PADA PROSES MATEMATISASI HORIZONTAL DAN VERTIKAL DALAM MENYELESAIKAN MASALAH ALJABAR. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 85. https://doi.org/10.33087/phi.v6i1.191

Birrul Walidain, P. Z., & Martila Ruli, R. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Kelas X dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education, 1(2), 69–80. https://doi.org/10.35706/rjrrme.v1i2.6531

Cahyani, C. A., & Sutriyono, S. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bentuk Aljabar Bagi Siswa Kelas VII SMP Kristen 2 Salatiga. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika), 2(1), 26–30.

Debi, S., Kadir, K., Masi, L., & Salim, S. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Amal Pendidikan, 2(2), 130. https://doi.org/10.36709/japend.v2i2.19563

Djamilah, S., Hidayati, R., & Ikrima. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Pada Materi Statistika. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 36–44.

Fajriah, N., Utami, C., & Mariyam, M. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Materi Statistika. Journal of Educational Review and Research, 3(1), 14. https://doi.org/10.26737/jerr.v3i1.2024

Hanipa, A., & Sari, V. T. A. (2022). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL PADA SISWA KELAS VIII MTs DI KABUPATEN BANDUNG BARAT. Journal on Education, 1(2), 15–22. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.18

Hanipa, A., Triyana, V., Sari, A., Siliwangi, I., Jenderal, J. T., & Cimahi, S. (2022). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL PADA SISWA KELAS VIII MTs DI KABUPATEN BANDUNG BARAT. Journal On Education, 01(02), 15–22.

Hariyani, S., & Aldita, V. C. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Prosedur Newman. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(1), 39–50. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v8i1.805

Hidayah, N., Budiman, M. A., & Cahyadi, F. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Kelas V dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Materi Operasi Hitung Pecahan. Thinking Skills and Creativity Journal, 3(1), 46–51. https://doi.org/10.23887/tscj.v3i1.29252

Hidayah, S. (2022). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita SPLDV Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. 1(2). https://doi.org/10.38114/riemann.v3i2.149

Ilmiyah, L., Purnama, S., & Mayangsari, S. N. (2020). Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 105–115. https://doi.org/10.24252/auladuna.v5i1a9.2018

Jufri, L. H., Suryani, M., & Mahendra, M. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Komunikasi Matematis. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 191. https://doi.org/10.20527/edumat.v9i2.10368

Kusuma, V. B., Galatea, C. K., & Fatqurhohman, F. (2022). ANALISIS KESALAHAN SISWA SD DALAM MEMECAHKAN MASALAH PECAHAN. Seminar & Conference Proceedings of UMT, 144–148. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31000/cpu.v0i0.6865

Lutvaidah, U., Alam, B. P., & Santoso, P. P. P. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berbahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 1(7), 7–12.

Maulana, M. A. S. (2020). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV) PADA SISWA SMP AL–MAKSUM TP 2020/2021.

Mugianto, F., Prihatiningtyas, N. C., & Mariyam, M. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Adaptif Matematis Siswa pada Materi Operasi Hitung Pecahan. Variabel, 4(2), 76. https://doi.org/10.26737/var.v4i2.2698

Pangestu, K. D. J., Zuhri, M. S., & Sugiyanti, S. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Tahapan Pemecahan Masalah Polya Ditinjau dari Gaya Belajar. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(3), 206–214. https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i3.7547

Rahayu, P., Enawar, E., Fadhillah, D., & Sumiyani, S. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS V SDN PONDOK BAHAR 5 KOTA TANGERANG. Berajah Journal, 2(1), 69–75. https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.52

Rahmania, L., & Rahmawati, A. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linier Satu Variabel. Jurnal Matematika dan pendidikan matematika, 1(2), 165–174. https://doi.org/https://doi.org/10.26594/jmpm.v1i2.639

Riskyanti, D., Hamid, H., & Jalal, A. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis siswa Kelas VII-1 SMP Negeri 14 Halmahera Selatan pada Materi Aritmetika Sosial. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 1(1), 41–56. https://doi.org/10.33387/jpgm.v1i1.2656

Rosyidah, U., Setyawati, A., & Qomariyah, S. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Aljabar Dasar. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(1). https://doi.org/10.35706/sjme.v5i1.4488

Utami, A. J. L., & Zulkarnaen, R. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Kelas XI Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Sistem Persamaa Linear Tiga Variabel (SPLTV). Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika, 2(1b), 448–458.

Utami, A. S. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan Komposisi Fungsi di SMK Bakti Purwokerto. AlphaMath: Journal of Mathematics Education, 3(2), 48–56.

Velria Jun, Sri Hariyani, & Tatik Retno Murniasih. (2022). Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Penyelesaian Soal Cerita Teorema Pythagoras berdasarkan Teori Newman. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 4(2), 139–152. https://doi.org/10.30762/factor_m.v4i2.3722

Wilujeng, H., & Novitasari. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 10 Tangerang. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 137–147.

Yuwono, T., Supanggih, M., & Ferdiani, R. D. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Polya. Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 137–144. https://doi.org/10.21274/jtm.2018.1.2.137-144

Published

2025-08-24

How to Cite

Silaen, D. A., Gultom, S. P., & Panjaitan, S. M. (2025). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN SISWA KELAS VII . Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(3), 1988–1996. https://doi.org/10.56667/de_journal.v4i3.1712

Similar Articles

<< < 23 24 25 26 27 28 29 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.