PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN E- MODUL INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI AKU DAN KEBUTUHANKU DI KELAS IV
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.516Keywords:
Model Pembelajaran Berbasis Proyek, e-modul interaktif, pemahaman konseptual, pembelajaran sainsAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah berupa rendahnya pemahaman konsep peserta didik pada mata pelajaran IPAS. Peserta didik yang belum difasilitasi untuk aktif dalam mengkontruksi sendiri pemahamannya melalui pengalaman langsung merupakan salah satu penyebab rendahnya pemahaman konsep peserta didik. Hal ini terlihat dari proses pembelajaran yang belum memanfaatkan model pembelajaran dan perangkat pembelajaran yang dapat menunjang keaktifan peserta didik dalam pembelajaran IPAS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan Model Project Based Learning Berbantuan E-Modul Interaktif dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada mata pelajaran IPAS materi aku dan kebutuhanku di kelas IV SD. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan pemahaman konsep peserta didik dengan penerapan Model Project Based Learning berbantuan E-Modul Interaktif. Hal ini terlihat dari peningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II. Dalam proses pembelajaran juga terlihat peserta didik lebih antusias dan aktif dalam mengikuti setiap langkah pembelajaran guna mengkontruksi sendiri pemahamannya. Penerapan model Project Based Learning berbantuan E-Modul Interaktif dalam pembelajaran pun terbukti efektif. Temuan pada penelitian ini diharapkan dapat menjadi inovasi yang bermanfaat bagi kemajuan pendidikan Indonesia
Downloads
References
A Marbun, A., Sitepu, A., & Juliana, J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema Praja Muda Karana Di Kelas Iii Sd Negeri 105327 Perdamean. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 11(2), 176–184. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v11i2.26631
Abdurrahman, A., Iswanto, D., Rijlan, R., & Rifaid, R. (2022). Pemanfaatan Teknologi Informasi Sebagai Bentuk Percepatan Pelayanan Publik Di Kecamatan Lembar Lombok Barat. Jurnal Politik Dan Pemerintahan Daerah, 4(1), 164–173.
Ade Sintia Wulandari. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran Dalam Keberagaman. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(3), 682–689. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.620
Anugrahani, S. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Purwokerto. http://repository.ump.ac.id/id/eprint/9771
Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Sd. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.36230
Asrifah, S., Solihatin, E., Arif, A., Rusmono, & Iasha, V. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Siswa Kelas V Sdn Pondok Pinang 05. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 16(30), 183–193. https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no30.a2719
Bendriyanti, R. P., Dewi, C., & Nurhasanah, I. (2022). Manajemen Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa Kelas Ix Smpit Khairunnas. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 6(2), 70–74. https://doi.org/10.26740/jp.v6n2.p70-74
Djonomiarjo, T. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(1), 39. https://doi.org/10.37905/aksara.5.1.39-46.2019
Handayani, R. H., & Muhammadi, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V Sd. E-Journal Pembelajaran Inovasi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(5), 79–88.
Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/10.21009/pip.352.10
Indriani, L. (2022). Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Problem Based Learning Pada Pelajaran Bahasa Inggris. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(1), 9–17. https://doi.org/10.56916/ejip.v1i1.4
Janah, M. C., Widodo, A. T., & Kasmui, K. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(1). https://doi.org/10.15294/jipk.v12i1.13301
Kristiana, T. F., & Radia, E. H. (2021). Meta Analisis Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 818–826. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.828
Mardani, N. K., Atmadja, N. B., & Suastika, I. N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Ips. Jurnal Pendidikan Ips Indonesia, 5(1), 55–65. https://doi.org/10.23887/pips.v5i1.272
Paradina, D., Connie, C., & Medriati, R. (2019a). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas X. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3 Desember), 169–176.
Paradina, D., Connie, C., & Medriati, R. (2019b). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas X. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3), 169–176. https://doi.org/10.33369/jkf.2.3.169-176
Pebriyani, E. P., & Pahlevi, T. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Kearsipan Kelas X Otkp Di Smk Negeri 1 Sooko Mojokerto. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (Jpap), 8(1), 47–55. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n1.p47-55
Prasetyo, F., & Kristin, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 Sd. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 13–27.
Rerung, N., Sinon, I. L. S., & Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sma Pada Materi Usaha Dan Energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 47–55.
Safrida, M., & Kistian, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Kelas V Sd Negeri Peureumeue Kecamatan Kaway Xvi. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1).
Santika, I. W. D., Parwati, N. N., & Divayana, D. G. H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Setting Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Belajar Matematika Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X Sma. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 10(2), 105–117. https://doi.org/10.23887/jtpi.v10i2.3397
Siahaan, F. E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Dengan Penggunaan Alat Peraga Fisika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Semester Ii Sma. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 348–354.
Syafei, M., & Silalahi, J. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Kelas X Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan Smk Negeri 1 Pariaman. Cived, 5(4). https://doi.org/10.24036/cived.v5i4.102483
Wabula, M., Papilaya, P. M., & Rumahlatu, D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Video Dan Problem Based Learning Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. Edubiotik : Jurnal Pendidikan, Biologi Dan Terapan, 5(01), 29–41. https://doi.org/10.33503/ebio.v5i01.657
Wardani, W. F. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Iv Mi Islamiyah Sumberrejo Batanghari Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Iain Metro.
Yuliana, Y., Kresnadi, H., & Uliyanti, E. (2020). Pengaruh Model Pbl Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(6). http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v8i6.33439
Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Vii Di Smp Negeri Pangkajene. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 51–62. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.341
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dharmas Education Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten