PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN E- MODUL INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI AKU DAN KEBUTUHANKU DI KELAS IV

Authors

  • Hidayati Hijjah Nasution Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Indonesia
  • Nurmairina Nurmairina Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Indonesia
  • Nurhafni Siregar Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Indonesia
  • Sri Hartati Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Indonesia
  • Maifah Hanim Br Panjaitan Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.516

Keywords:

Model Pembelajaran Berbasis Proyek, e-modul interaktif, pemahaman konseptual, pembelajaran sains

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah berupa rendahnya pemahaman konsep peserta didik pada mata pelajaran IPAS. Peserta didik yang belum difasilitasi untuk aktif dalam mengkontruksi sendiri pemahamannya melalui pengalaman langsung merupakan salah satu penyebab rendahnya pemahaman konsep peserta didik. Hal ini terlihat dari proses pembelajaran yang belum memanfaatkan model pembelajaran dan perangkat pembelajaran yang dapat menunjang keaktifan peserta didik dalam pembelajaran IPAS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan Model Project Based Learning Berbantuan E-Modul Interaktif dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada mata pelajaran IPAS materi aku dan kebutuhanku di kelas IV SD. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan pemahaman konsep peserta didik dengan penerapan Model Project Based Learning berbantuan E-Modul Interaktif. Hal ini terlihat dari peningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II. Dalam proses pembelajaran juga terlihat peserta didik lebih antusias dan aktif dalam mengikuti setiap langkah pembelajaran guna mengkontruksi sendiri pemahamannya. Penerapan model Project Based Learning berbantuan E-Modul Interaktif dalam pembelajaran pun terbukti efektif. Temuan pada penelitian ini diharapkan dapat menjadi inovasi yang bermanfaat bagi kemajuan pendidikan Indonesia

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Hidayati Hijjah Nasution, Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Indonesia

Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Indonesia

Nurmairina Nurmairina, Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Indonesia

Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Indonesia

Nurhafni Siregar, Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Indonesia

Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Indonesia

Sri Hartati, Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Indonesia

Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Indonesia

Maifah Hanim Br Panjaitan, Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Indonesia

Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Indonesia

References

A Marbun, A., Sitepu, A., & Juliana, J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema Praja Muda Karana Di Kelas Iii Sd Negeri 105327 Perdamean. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 11(2), 176–184. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v11i2.26631

Abdurrahman, A., Iswanto, D., Rijlan, R., & Rifaid, R. (2022). Pemanfaatan Teknologi Informasi Sebagai Bentuk Percepatan Pelayanan Publik Di Kecamatan Lembar Lombok Barat. Jurnal Politik Dan Pemerintahan Daerah, 4(1), 164–173.

Ade Sintia Wulandari. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran Dalam Keberagaman. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(3), 682–689. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.620

Anugrahani, S. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Purwokerto. http://repository.ump.ac.id/id/eprint/9771

Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Sd. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.36230

Asrifah, S., Solihatin, E., Arif, A., Rusmono, & Iasha, V. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Siswa Kelas V Sdn Pondok Pinang 05. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 16(30), 183–193. https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no30.a2719

Bendriyanti, R. P., Dewi, C., & Nurhasanah, I. (2022). Manajemen Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa Kelas Ix Smpit Khairunnas. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 6(2), 70–74. https://doi.org/10.26740/jp.v6n2.p70-74

Djonomiarjo, T. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(1), 39. https://doi.org/10.37905/aksara.5.1.39-46.2019

Handayani, R. H., & Muhammadi, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V Sd. E-Journal Pembelajaran Inovasi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(5), 79–88.

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/10.21009/pip.352.10

Indriani, L. (2022). Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Problem Based Learning Pada Pelajaran Bahasa Inggris. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(1), 9–17. https://doi.org/10.56916/ejip.v1i1.4

Janah, M. C., Widodo, A. T., & Kasmui, K. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(1). https://doi.org/10.15294/jipk.v12i1.13301

Kristiana, T. F., & Radia, E. H. (2021). Meta Analisis Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 818–826. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.828

Mardani, N. K., Atmadja, N. B., & Suastika, I. N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Ips. Jurnal Pendidikan Ips Indonesia, 5(1), 55–65. https://doi.org/10.23887/pips.v5i1.272

Paradina, D., Connie, C., & Medriati, R. (2019a). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas X. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3 Desember), 169–176.

Paradina, D., Connie, C., & Medriati, R. (2019b). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas X. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3), 169–176. https://doi.org/10.33369/jkf.2.3.169-176

Pebriyani, E. P., & Pahlevi, T. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Kearsipan Kelas X Otkp Di Smk Negeri 1 Sooko Mojokerto. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (Jpap), 8(1), 47–55. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n1.p47-55

Prasetyo, F., & Kristin, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 Sd. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 13–27.

Rerung, N., Sinon, I. L. S., & Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sma Pada Materi Usaha Dan Energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 47–55.

Safrida, M., & Kistian, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Kelas V Sd Negeri Peureumeue Kecamatan Kaway Xvi. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1).

Santika, I. W. D., Parwati, N. N., & Divayana, D. G. H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Setting Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Belajar Matematika Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X Sma. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 10(2), 105–117. https://doi.org/10.23887/jtpi.v10i2.3397

Siahaan, F. E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Dengan Penggunaan Alat Peraga Fisika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Semester Ii Sma. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 348–354.

Syafei, M., & Silalahi, J. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Kelas X Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan Smk Negeri 1 Pariaman. Cived, 5(4). https://doi.org/10.24036/cived.v5i4.102483

Wabula, M., Papilaya, P. M., & Rumahlatu, D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Video Dan Problem Based Learning Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. Edubiotik : Jurnal Pendidikan, Biologi Dan Terapan, 5(01), 29–41. https://doi.org/10.33503/ebio.v5i01.657

Wardani, W. F. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Iv Mi Islamiyah Sumberrejo Batanghari Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Iain Metro.

Yuliana, Y., Kresnadi, H., & Uliyanti, E. (2020). Pengaruh Model Pbl Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(6). http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v8i6.33439

Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Vii Di Smp Negeri Pangkajene. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 51–62. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.341

Published

2024-10-23

How to Cite

Nasution, H. H., Nurmairina, N., Siregar, N. ., Hartati, S. ., & Br Panjaitan, M. H. . (2024). PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN E- MODUL INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI AKU DAN KEBUTUHANKU DI KELAS IV . Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2). https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.516

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.