PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.518Keywords:
Media Digital, Motivasi Belajar, Pelajaran PPKnAbstract
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh Media Digital Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Methodist 7 Medan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif Kuantitatif. Menurut sugiono (2017: 13) bahwa metode kuantitatif adalah penelitian yang ada penelitiannya berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Karena penelitian ini berbentuk deskriftif kuantitatif, maka penulis hanya menggambarkan. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah post tes. Semua anggota mempunyai kesempatan yang sama menjadi sampel penelitian.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Media digital dengan meningkatnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn. Hal ini dibutikan dengan rata-rata kelas eksperimen yaitu 74,17 dan kelas control 63,17. Persentase ketuntasan murid pada kelas eksperimen menunjukkan 4,17% yang lebihbesar dari kelas control dengan persentase 50%. Hal ini menunjukkan keberhasilan pembelajaran pada kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol
Downloads
References
Asdlori, A., & Slamet Yahya, M. (2023). Konsep Pembelajaran Pai Berbasis Media Digital Melalui Pendekatan Humanistik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1877–1886. Https://Doi.Org/10.29303/Jipp.V8i3.1646
Br, E. M., Darlin, K. M., & Marta, M. (2024). Artificial ( Kecerdasan Buatan ) Terhadap Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas X Di Sma Negeri 2 Tanjung. 7, 6014–6019.
Evendi, M. &. (2024). Pembelajaran Matematika Melalui Media Game Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Alacrity : Journal Of Education, 03(01), 381–390. Https://Doi.Org/10.52121/Alacrity.V4i2.363
Faizah, N., Listyarini, I., & Murdhiati, E. (2023). Pengembangan Media Cerita Bergambar Digital Pada Pembelajaran Ips Siswa Kelas 5 Sdn Kalicari 01. Pendidikan Tabulas, 7(1), 3824. Https://Doi.Org/Https://Jptam.Org/Index.Php/Jptam/Article/View/5838/4892
Fernando, Y., Islam, U., Sjech, N., Djambek, M. D., Andriani, P., Islam, U., Sjech, N., Djambek, M. D., Syam, H., Islam, U., Sjech, N., & Djambek, M. D. (2024). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. 2(3), 61–68.
Firman, F., Al Jumroh, S. F., & Witdianti, Y. (2024). Pemberdayaan Anak Abk Dalam Gerakan Literasi Digital Etic Sebagai Upaya Pencegahan Perundungan Melalui Media Sosial. Jmm (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(2), 1568. Https://Doi.Org/10.31764/Jmm.V8i2.21424
Handayani, T., Syarifudin, A., Tastin, T., Nurlaili, N., Bujur, D. A., Al-Ihwana, A.-I., Wahyudi, K., & Saputra, A. D. (2023). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Canva Di Madrasah Ibtidaiyah. Taawun, 3(01), 83–94. Https://Doi.Org/10.37850/Taawun.V3i01.377
Haniko, P., Mayliza, R., Lubis, S., Sappaile, B. I., & Hanim, S. A. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Online Untuk Memudahkan Guru Dalam Penyampaian. 4(2), 2862–2868.
Hasil, M., & Siswa, B. (2018). Kata Kunci : Media Pembelajaran Dan Hasil Belajar Siswa. 03, 171–187.
Heryani, A., Pebriyanti, N., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2022). Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Dalam Meningkatkan Literasi Digital Pada Pembelajaran Ips Di Sd Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan, 31(1), 17. Https://Doi.Org/10.32585/Jp.V31i1.1977
Kuncahyono, K., Suwandayani, B. I., & Muzakki, A. (2020). Aplikasi E-Test “That Quiz” Sebagai Digitalisasi Keterampilan Pembelajaran Abad 21 Di Sekolah Indonesia Bangkok. Lectura : Jurnal Pendidikan, 11(2), 153–166. Https://Doi.Org/10.31849/Lectura.V11i2.4687
Mardati, A. (2021). Media Digital Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis 41 Utp Surakarta, 1(01), 172–178. Https://Doi.Org/10.36728/Semnasutp.V1i01.25
Nurgiansah, T. H. (2022). Jurnal Basicedu. 6(4), 7310–7316.
Pembelajaran, M. (2023). Pengaruh Media Visual Pada Materi Pembelajaran. 173–179.
Permatasari, D. S., & Retno, R. S. (2021). Pengembangan Media Worksheet Digital Berbasis Inquiry Penunjang Pembelajaran Daring Siswa. Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship, 1(1).
Pratami, F., Sari, N. D., Hidayani, N., & Supriyadi, R. (2024). Pengembangan E-Komik Media Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi Dalam Proses Pembelajaran , Termasuk Dengan Media Digital . Media Pembelajaran Digital Beroperasi Menggunakan Data Digital , Diproses , Diakses , Dan Didistribusikan ( Sukiman , 2012 ). Istila. 14(1).
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i2.2082
Rizkiyah, N., Abdillah, A., & Nizar, A. (2023). Pelatihan Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Digital Pada Guru Di Smk Yatindo Bekasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bangun Cipta, Rasa, & Karsa, 2(3), 94–97. Https://Doi.Org/10.30998/Pkmbatasa.V2i3.2068
Serungke, M., Sibuea, P., Azzahra, A., Fadillah, M. A., Rahmadani, S., Arian, R., Pembelajaran, P., & Visual, M. A. (2023). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Proses Pembelajaran Bagi. 6, 3503–3508.
Siswa, K. J., Dwianti, I. N., Julianti, R. R., Rahayu, E. T., & Karawang, U. S. (2021). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. 7(4), 675–680. Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.5335922
Tantri, N. N. (2021). Prosiding Webinar Nasional Iahn-Tp Palangka Raya, No. 3 Tahun 2021 225. 3, 225–238.
Trisiana, A. (2020). Penguatan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Digitalisasi Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 31. Https://Doi.Org/10.20527/Kewarganegaraan.V10i2.9304
Wahyuni, S., & Haryanti, N. (2024). Optimalisasi Kompetensi Guru Dalam Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Media Digital. Wahana Dedikasi: Jurnal Pkm Ilmu Kependidikan, 7(1), 142–154. Https://Doi.Org/10.31851/Dedikasi.V7i1.15974
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dharmas Education Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten