PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY (AR) DAN VIRTUAL REALITY (VR) SEBAGAI INOVASI DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING GLOBAL
DOI:
https://doi.org/10.56667/de_journal.v5i1.64Keywords:
Augmented Reality, Virtual Reality, Digital Marketing, Inovasi Pemasaran, Daya Saing GlobalAbstract
Perkembangan teknologi digital telah mendorong inovasi dalam strategi pemasaran global, khususnya melalui penerapan Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR). Teknologi ini memberikan pengalaman interaktif yang lebih imersif dan personal bagi konsumen, sehingga dapat meningkatkan keterlibatan konsumen serta memperkuat daya saing perusahaan di pasar global. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) dalam pemasaran digital, mengidentifikasi keunggulan dan tantangan yang dihadapi, serta mengevaluasi dampaknya terhadap daya saing bisnis. Melalui studi literatur dan analisis kasus, hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan AR dan VR berkontribusi dalam meningkatkan keterlibatan konsumen, mempercepat proses pengambilan keputusan, serta mendukung strategi pemasaran yang lebih inovatif dan efektif. Namun, tantangan seperti tingginya biaya pengembangan, keterbatasan akses terhadap teknologi, serta adopsi konsumen yang belum merata masih menjadi kendala dalam implementasinya. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang tepat untuk mengoptimalkan penggunaan AR dan VR dalam pemasaran digital guna meningkatkan daya saing perusahaan di tingkat global.
Downloads
References
A. Pontoan, K., A. Merung, Y., Kelana, G., & R. Lengkong, M. (2021). Peningkatan Kapasitas Petani Pada Masa Pandemi Covid-19 Melalui Pelatihan Manajemen Keuangan & Pemasaran Digital. Comserva : Indonesian Jurnal Of Community Services And Development, 1(5), 178–186. Https://Doi.Org/10.36418/Comserva.V1i5.28
Andari, R., Yuniawati, Y., & Gitasiswhara, G. (N.D.). Digital Marketing Strategy Navigation Assistance In An Effort To Strengthen Cigadung Village As A Sustainable Creative Tourism Destination. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal Of Marketing Science), 23(1), 64–76. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.14710/Jspi.V23i1.64-76
Asari, M., & Mahmudah, S. (2022). Kualitas Pemasaran Digital, Produk Dan Distribusi Dalam Upaya Mewujudkan Kepuasan Pelanggan. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 24(2), 85. Https://Doi.Org/10.33370/Jpw.V24i2.811
Azhary, M. R., Agung, M., Prahaski, N., Ulin, T. T., & Suhairi. (2023). Strategi Dan Peran Komunikasi Bisnis Dalam Upaya Meningkatkan Minat Beli Konsumen Di Era Digital. Jurnal Ekonomi, Akuntansi Dan Manajemen, 2(4), 356–364.
Basri, S., Radiah, R., & M, A. (2022). Pemberdayaan Petani Aren Di Desa Tompobulu Kecamatan Tompobulu Dalam Pembuatan Gula Merah Menjadi Komoditas Usaha Di Era Digital. Jpma - Jurnal Pengabdian Masyarakat As-Salam, 2(1), 1–9. Https://Doi.Org/10.37249/Jpma.V2i1.329
Chandra, K. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk “Chatime” Di Kelapa Gading/Kartika Chandra/29160360/Pembimbing: Dergibson Siagian.
Dwijayanti, A., Komalasari, R., Harto, B., Pramesti, P., & Alfaridzi, M. W. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Dan Pemasaran Pada Umkm Sablon Anggi Screen Di Era Digital. Ikra-Ith Abdimas, 6(2), 68–75. Https://Doi.Org/10.37817/Ikra-Ithabdimas.V6i2.2408
Guntur, M. I. S., Setyaningrum, W., Retnawati, H., & Marsigit. (2020). Can Augmented Reality Improve Problem-Solving And Spatial Skill? Journal Of Physics: Conference Series, 1581(1), 012063. Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/1581/1/012063
Islami, N. N., & Fitria, F. L. (2019). Pelatihan Strategi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Kemampuan Softskill Dan Hardskill Bidang Keahlian Pemasaran Pada Siswa Jurusan Pemasaran Smk Nuris Hidayat Desa Curahnongko, Kec. Tempurejo Kab. Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(2), 34–40. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.19184/Jpe.V13i2.13854
Komalasari, R., Harto, B., & Setiawan, R. (2021). Umkm Go-Digital Sebagai Adaptasi Dan Inovasi Pemasaran Arkha Minoritas Pada Pandemi Covid-19. Ikraith-Abdimas, 4(1), 1–7.
Kurniasari, C., & Ghozali, I. (2013). Analisis Pengaruh Rasio Camel Dalam Memprediksi Financial Distress Perbankan Indonesia. Fakultas Ekonomika Dan Bisnis.
Mubarok, A. H. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Dan Promosi Dalam Upaya Meningkatkan Volume Penjualan Produk Buku Metode Albidayah Melalui Digital Marketing Di Masa Pandemi Covid 19. Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Http://Digilib.Uinkhas.Ac.Id/Id/Eprint/18075
Nelson, S., Darni, R., & Haris, F. (2022). Development Augmented Reality (Ar) Learning Media For Pencak Silat Course At Faculty Of Sports And Science Universitas Negeri Padang. Educational Administration: Theory And Practice, 28(01), 37–46.
Ningtyas, S., Asmono, R. T., Nurlaela, L., Kurniati, I., & Nasri, J. (2022). Pelatihan Pengenalan Digital Marketing Pemasaran Produk Pertanian Di Kelurahan Kali Abang Tengah. Swadimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01), 27–34. Https://Doi.Org/10.56486/Swadimas.Vol1no01.242
Pangestu, A., Susanti, E., & Setyaningrum, W. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality (Ar) Pada Penalaran Spasial Siswa. Prosiding Seminar Pendidikan Matematika Dan Matematika, 1, 205–210. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.21831/Pspmm.V1i0.39
Pradiani, T. (2018). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53. Https://Doi.Org/10.32812/Jibeka.V11i2.45
Prajanti, S. D. W., Margunani, M., Rahma, Y. A., Kristanti, N. R., & Adzim, F. (2021). Kajian Strategis Pengembangan Ekonomi Kreatif Yang Inklusif Dan Berkelanjutan Di Kota Semarang. Jurnal Riptek, 15(2), 86–101. Https://Doi.Org/10.35475/Riptek.V15i2.124
Putri Eka Mawardani, I., Sutama, I. W., & Astuti, W. (2021). Development Of Augmented Reality (Ar) Interactive Storybook “Bersih Diri Bersama Mare” Based On Android To Stimulate Motor Development Of Children Aged 4-5 Years. Romeo : Review Of Multidisciplinary Education, Culture And Pedagogy, 1(1), 23–34. Https://Doi.Org/10.55047/Romeo.V1i1.48
Qomario, Q., Tohir, A., & Prastyo, C. (2022). Math Poster With Augment Reality To Increase Learning Outcome Of Students’ High School. International Journal Of Trends In Mathematics Education Research, 5(1), 69–73. Https://Doi.Org/10.33122/Ijtmer.V5i1.106
Reken, F., Modding, B., & Dewi, R. (2020). Pengaruh Pemasaran Digital Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada Ciputra Tallasa Jo Makassar. Tata Kelola, 7(2), 142–153.
Riani, A., Utomo, E., & Nuraini, S. (2021). Development Of Local Wisdom Augmented Reality (Ar) Media In Elementary Schools. International Journal Of Multicultural And Multireligious Understanding, 8(6), 154–162. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.18415/Ijmmu.V8i6.2735
Simarmata, Y. W., & Iskandar, D. D. (2022). Pengaruh Pengeluaran Pemerintah, Investasi, Jumlah Penduduk, Kemiskinan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Dan Indeks Pembangunan Manusia: Analisa Two Stage Least Square Untuk Kasus Indonesia. Jurnal Dinamika Ekonomi Pembangunan, 5(1), 78–94. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.14710/Jdep.5.1.78-94
Suciliyana, Y., & Rahman, L. O. A. (2020). Augmented Reality Sebagai Media Pendidikan Kesehatan Untuk Anak Usia Sekolah. Jurnal Surya Muda, 2(1), 39–53. Https://Doi.Org/10.38102/Jsm.V2i1.51
Sugiharti, H., & Maula, K. A. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Mahasiswa. Accounthink: Journal Of Accounting And Finance, 4(02), 804–818. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.35706/Acc.V4i2.2208
Thalib, M. A., Kuntuamas, M. J. A., Umar, T. P. A., & Sulastri, R. D. (2023). Potret Praktik Akuntansi Oleh Pengusaha Kos-Kosan Berbasis Nilai Budaya Lokal. Jurnal Bisnis Dan Pemasaran Digital, 2(2), 71–83. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.35912/Jbpd.V2i2.2573
Untari, R. S., Hasanah, F. N., Wardana, M. D. K., & Andhita, K. (2022). Effect Of Augmented Reality (Ar) On Problem Solving Ability In 3d Spatial Modeling In Elementary Schools. Procedia Of Social Sciences And Humanities, 3, 1476–1480. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.21070/Pssh.V3i.369
Veranita, M., Almamalik, L., & Ikhsan, S. (2022). Pemanfaatan Pemasaran Melalui Media Sosial Oleh Umkm Di Era Pandemi. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(1), 89–96. Https://Doi.Org/10.32670/Coopetition.V13i1.590
Wijaya, A. L., Sari, A. K. A. R., & Hasanah, K. (2022). Pendampingan Ekonomi Kreatif Pada Panti Asuhan Muhammadiyah Kota Madiun Melalui Pelatihan Pembuatan Kerajinan Tangan Dan Pelatihan Pemasaran Digital. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(2), 400–410.
Yulianto, A., Wibowo, U. D. A., Kharismasyah, A. Y., Primadona, S. E., & Herniah Syamsudin, S. E. (2023). Gen Z Marketing Menggali Potensi Dan Memahami Karakteristik Generasi Z Dalam Menerapakan Strategi Pemasaran Digital. Penerbit Lakeisha.
Yuliawati, A. K., & Aryanti, A. N. (2023). Umkm Unggul Dengan Pemasaran Digital Dan Co-Creations. Penerbit Andi.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dharmas Education Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten