UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN METODE PERMAINAN DI KELAS VI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i2.807Keywords:
Metode Permainan, Aktivitas belajar, Prestasi Belajar MatematikaAbstract
Anak didik kelas VI mengarah adem ayem serta kegiatan belajar matematika siswa amatlah kurang. Buat pelajaran matematika angka pada umumnya yang didapat anak didik kelas VI masih rendah, persentase jumlah anak didik yang mencapai KKM sebesar 33, 33%. Riset ini merupakan riset aksi kategori (PTK) yang memakai tata cara game. Riset dilaksanakan dalam 2 tahap tiap- tiap terdiri dari 2 pertemuan lewat tahapan- tahapan selaku selanjutnya pemrograman, aksi observasi serta refleksi. Metode pengumpulan informasi dicoba lewat lembar observasi masing- masing pertemuan oleh observer buat memandang informasi mengenai kegiatan belajar, sedangkan informasi mengenai hasil belajar didapat lewat angka kuis setiap hari serta hasil belajar matematika anak didik di tahap 1, serta di tahap 2. Hasil yang didapat menampilkan kenaikan hasil kegiatan anak didik terutama pada kegiatan buat mempersiapkan tempat, materi serta perlengkapan sebesar 55, 56%, kegiatan buat mengatakan buah pikiran sebesar 66, 67% serta buat kegiatan membaca ketentuan game serta buku- buku hadapi sebesar 74, 04%. Bersumber pada informasi hasil belajar matematika anak didik didapat angka pada umumnya kategori pada siklus I sebesar 69, 62 meningkat jadi 73, 51 pada siklus II. Persentase jumlah anak ajar yang mencapai standar ketuntasan pula meningkat pada siklus I sebesar 88, 88% (Kelas Baik), meningkat jadi 100% (Kelas Khusus) pada siklus II.
Downloads
References
ERITA. (2022). UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MEMBACA TEKS BAHASA INGGRIS MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII 1 SMP NEGERI 3 KOTO BARU. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 3(1), 145–159.
Hendriana, H., & Sumarmo, U. (2017). Penilaian Pembelajaran Matematika. PT Refika Aditama.
Indra Martha Rusmana, & Dwi Santi Wulandari. (2020). PENGARUH GAYA BELAJAR DAN KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika. https://doi.org/10.46306/lb.v1i2.18
Jonas. (2022). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Melalui Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Kertas Origami Siswa Kelas Iv Sdn Kaligesing Kabupaten Purworejo. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 3(1), 121–130. https://lib.unnes.ac.id/22842/1/1401411048.pdf
Manik, I. K. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika. Journal of Education Action Research. https://doi.org/10.23887/jear.v4i2.24805
Oktaviani, T., Sulistya Dewi, E. R., & . K. (2019). PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN METODE PERMAINAN BINGO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Mimbar Ilmu. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17409
Pramestika, L. A. (2021). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR DAN BANGUN RUANG SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK). https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.610
Safira, S., & Fidesrinur, F. (2021). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI MAZE GEOMETRI PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI). https://doi.org/10.36722/jaudhi.v1i1.562
Suci, D. W., & Taufina, T. (2020). Peningkatan Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Berbasis Masalah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.371
Susanto, M. (2018). Penerapan Metode Permainan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Di Kelas IV SD Negeri Menyosok Kecamatan Praya Timur. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika. https://doi.org/10.31764/jtam.v2i1.256
Susisusanti, S., Wirahmad, I., & Syarifuddin, S. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran EPA (Eksplorasi, Pengenalan, dan Aplikasi Konsep) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Belajar Siswa SMP Negeri 8 Donggo Satap Materi Operasi Bilangan Pecahan. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Sosial. https://doi.org/10.53299/diksi.v2i2.117
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten