PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP PERSEPSI SISWA KELAS XI TENTANG DEMOKRASI
DOI:
https://doi.org/10.56667/de_journal.v5i1.899Keywords:
Think Pair Share, Persepsi Siswa, DemokrasiAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa kelas XI SMA METHODIST 7 MEDAN sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran think pair share, serta mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap persepsi siswa kelas XI mengenai konsep demokrasi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif yaitu metode penelitian yang melibatkan pengujian hubungan antar variable yang diukur dengan instrument penelitian sehingga data numerik dapat dianalisis berdasarkan prosedur-prosedur statistik. Berdasarkan data hasil penelitian dan Analisa data dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran think pair share dapat meningkatkan pengaruh persepsi siswa tentang demokrasi dan dapat dibuktikaan dengan hasil dari deskriptif data pre-test (sebelum) dan post-test (sesudah) diberikan perlakuan diperoleh rata-rata 79,87 dan 90,28. Hasil dari uji normalitas Nilai sig pada pre-test adalah 0,231 > nilai sig 0,05 (5%) artinya H0 diterima dan nilai sig pada post-test adalah 0,006 > nilai sig 0,05 (5%) artinya H0 diterima maka dapat disimpulkan data pre-test berdistribusi normal dan data post-test berdistribusi normal. Berdasarkan uji hipotesis komparatif output pairad sampel test diatas diperoleh nilai sig 0,000 > nilai sig 0,05 (5%) yang artinya H1 Diterima dan H0 Ditolak. sehingga dapat disimpulkan secara keseluruhan bahwa terdapat pengaruh persepsi siswa sebelum dan sesudah penggunaan model pembelajaran think pair share
Downloads
References
Ahmadah, S. N. W., Setiawan, D., & Ardianti, S. D. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Melalui Model Think Pair Share Berbantuan Media Puzzle. Edubasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 52–60. Https://Doi.Org/10.17509/Ebj.V2i1.27010
Dalimunthe, S. A. S., Mulyono, M., & Syahputra, E. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Think Pair Share Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 735–747. Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V6i1.1229
Dewi, K. R., & Dharsana, I. K. (2020). Penggunaan Teknik Think Pair Share Dan Teknik Index Card Match Dalam Lesson Study Mampu Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 248. Https://Doi.Org/10.23887/Jp2.V3i2.26554
Dewi, N. K. T. Y., Sugiarta, I. M., & Parwati, N. N. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Journal Of Education Action Research, 5(1), 40–47. Https://Doi.Org/10.23887/Jear.V5i1.31789
Editia. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Berbantuan Media Ultrasi Terhadap Hasil Belajar Pkn (Penelitian Pada Siswa ….
Fitri, S. U., & Budiman, T. (2017). Pengaruh Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Kelas V Sekolah Dasar.”. Tanjungpura University. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.26418/Jppk.V6i5.20051
Handayani, R. D., & Yanti, Y. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa Di Kelas Iv Mi Terpadu Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(2), 107–123. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24042/Terampil.V4i2.2220
Heliza, S. N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share ( Tps ) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Iv Di Mi . Al-Falah Ujung.
Kamil, V. R., Arief, D., Miaz, Y., & Rifma, R. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Belajar Siswa Kelas Vi. Jurnal Basicedu, 5(6), 6025–6033. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i6.1744
Kurniawan, D., Wahyuningsih, T., & Normala Sari, D. (2020a). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dengan Menggunakan Power Point Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 3(1), 69. Https://Doi.Org/10.21043/Jpm.V3i1.7149
Kurniawan, D., Wahyuningsih, T., & Normala Sari, D. (2020b). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dengan Menggunakan Power Point Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 3(1), 69. Https://Doi.Org/10.21043/Jpm.V3i1.7149
Kurniawan, H. R., Elmunsyah, H., & Muladi, M. (2018). Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Dan Think Pair Share (Tps) Berbantuan Modul Ajar Terhadap Kemandirian Dan Hasil Belajar Rancang Bangun Jaringan. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 3(2), 80. Https://Doi.Org/10.26740/Jp.V3n2.P80-85
Lestari, L., Erwandi, R., & Gusti Satria, T. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Terhadap Hasil Belajar Pembelajaran Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 2 Kebersamaan Dalam Keberagaman Pembelajaran 1 Siswa Kelas Iv Sd Negeri 54 Lubuklinggau. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 18(3), 280. Https://Doi.Org/10.31851/Wahanadidaktika.V18i3.4417
Muswaroh, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbantuan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas V Sdn Soge Kandanghaur Indramayu. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 4(2), 674. Https://Doi.Org/10.26740/Jrpd.V4n2.P674-685
Nuryasana, E. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Dan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(01), 72–80. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.30742/Tpd.V1i01.725
Rachmawati, A., & Erwin, E. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Berbantuan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7637–7643. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i4.3613
Raditya, I. W., Kristiantari, M. G. R., & Suara, I. M. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Vi Sd Gugus Letda Made Putra Kecamatan Denpasar Utara Tahun Ajaran 2014/2015. Mimbar Pgsd Undiksha, 3(1).
Rahmawati, N. K., & Hanipah, I. R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (Stad) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Garis Singgung Lingkaran. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 99. Https://Doi.Org/10.25217/Numerical.V2i1.185
Rati, N. W., & Murda, I. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Gugus Ii Kecamatan Melaya. Mimbar Pgsd Undiksha, 5(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V5i2.10906
Reinita, R., & Andriska, D. (2017). Pengaruh Pengunaan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Dalam Pembelajaran Pkn Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2), 61–73. Http://Repository.Unp.Ac.Id/Id/Eprint/16289
Sulianto, J., Purnamasari, V., & Febriarianto, B. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think-Pair-Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V (Lima) Materi Organ Tubuh Manusia Dan Hewan. International Journal Of Elementary Education, 3(2), 124. Https://Doi.Org/10.23887/Ijee.V3i2.18515
Suryani, E. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Melalui Pembelajaran Kooperatif Metode Think Pair Share Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 3 Mataram. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 4(2), 141–150. Https://Doi.Org/10.33394/Jk.V4i2.1122
Sutiarso, S., & Wijaya, A. P. (2018). Pengaruh Model Think Pair Share Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 6(7), 681–692.
Wulandari, Y., Afryanza, R., & Gustiningsi, T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 33–38. Https://Doi.Org/10.22437/Edumatica.V9i1.6328
Zulfah, Z. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dengan Pendekatan Heuristik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Mts Negeri Naumbai Kecamatan Kampar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 1–12. Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V1i2.23
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dharmas Education Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten